Potensi Blog untuk Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif

Advertisement
Advertisement
Brosis, kali ini saya mau bercerita tentang blog, kali ini ada hubungannya dengan generasi muda yang mungkin saat ini ada banyak yang sudah memiliki blog, namun ada juga generasi muda yang belum tahu apa itu blog yang bisa jadi sangat berpotensi untuk mereka untuk meriah "sukses" dalam berbagai hal. Potensi blog untuk generasi muda ini saya rasa sangat besar, apa lagi saat ini banyak sekali generasi muda yang sangat kreatif dan inovatif dalam mengeksplorasi dirinya sesuai dengan apa yang dia miliki.

Potensi Blog untuk Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif

Sebelum jauh saya bercerita tentang Potensi Blog untuk generasi muda ini ada baiknya saya jelaskan dulu apa itu blog bagi mereka yang belum paham dengan blog ini. Blog merupakan media untuk menulis secara online yang akan tersimpan di internet secara online dan bisa diakses oleh siapa saja jika sudah terhubung dengan koneksi internet, atau bahasa sederhananya blog adalah buku diary online. Selain untuk menyimpan tulisan bisa juga untuk menyimpan foto dan video sehingga diary akan terasa lengkap bila dipadukan dengan beberapa media seperti teks, gambar dan video. Sedangkan untuk orang yang punya blog biasa di sebut dengan Blogger.

Nah untuk masalah blog ini ada beberapa platform blog gratis yang bisa kamu pakai, mulai dari yang paling banyak dipakai adalah Blogspot (blogger), Wordpress, Tumblr, Kompasiana, Detik dan lain-lain masih banyak lagi platform blog yang bisa kamu pakai secara gratis. Menurut pendapat saya pemilihan platform itu tergantung tujuan kita menulis, jika kamu sudah tahu apa itu blog secara mendalam maka pemilihan platform harus sesuai dengan tujuan tadi sehingga ke depannya tidak perlu repot untuk berpindah rumah atau ganti platform blog..

Sebagai contoh saya akan bahas dua platform blog untuk bisa dipilih oleh generasi muda yang akan terjun ke dunia blog sebagai pendukung dari kegiatan yang kreatif dan inovatifnya itu. Pertama yang banyak dipakai adalah platform Blogspot atau Blogger, platform ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk digunakan. Untuk bisa memiliki akun Blogger ini maka kamu harus memiliki akun Google karena Blogger ini adalah milik perusahaan internet raksasa Google. Dengan memakai platform ini generasi muda yang ingin ngeblog bisa bereksperimen dengan membuat tampilan blog yang bagus dengan edit HTML jika kamu sudah bisa atau paham bahasa HTML.

Setelah itu ada juga yang banyak dipakai adalah Wordpress, platform ini menurut saya agak lebih ribet dari Blogger selain itu kita juga agak terbatas untuk berkreasi dengan platform ini jika masih memakai yang gratisan kita tidak bisa sebebas saat memakai blogger. Oleh sebab itu kedua platform ini memiliki tujuan yang berbeda namun masih tetap bisa di pakai untuk versi yang gratis untuk menyimpan teks, foto dan video. Jadi kedua platform itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi generasi muda yang ingin terjun ke dunia blog maka saya sarankan untuk memilih platform blogspot saja dulu karena lebih praktis dan mudah selain itu untuk ke depannya juga bisa menghasilkan uang meski masih memakai yang gratisan jadi mulailah dengan memakai blogspot dulu nanti jika kamu sudah mapan di blog dan ingin memakai yang berbayar maka kamu bisa mulai dengan membeli domain khusus atau Top Level Domain (TLD) dan juga mulai memakai hosting pribadi atau self hosting. Jika sudah memakai self hosting maka kamu harus pindah rumah ke platform lain, bisa memakai wordpress dan bisa juga memakai desain web sendiri.

Untuk generasi muda yang ingin terjun di dunia blog sebaiknya jangan dulu berfikir yang lain selain untuk membuat konten untuk diposting di blog, potensi blog akan muncul jika kamu sudah punya konten yang banyak dan berkualitas di blog kamu dan saya harap konten yang dibuat itu harus asli atau original bukan mencontek di tempat lain atau copy paste karena itu bukan ciri generasi muda yang aktif, kreatif dan inovatif.

Kembali ke topik kita yakni potensi blog untuk generasi muda, saat ini banyak sekali saya melihat generasi muda yang aktif dan kreatif apa lagi di dukung dengan sarana yang memadai maka sudah pasti apa yang dibuat akan bisa terwujud. Bayangkan saja hanya dengan bermodal smartphone saja sudah bisa membuat konten berupa teks, foto dan juga video apa lagi ditambah dengan beberapa aplikasi yang ada di smartphone maka hasilnya bisa menjadi lebih bagus. Kemudian jika ada generasi muda yang lebih mapan bisa membeli kamera action dan juga beberapa alat pendukung maka sudah pasti konten yang dihasilkan yakni berupa foto dan video sudah semakin bagus saja.

Untuk kamu generasi muda yang aktif dan kreatif maka sudah sebaiknya kamu membuat blog untuk menyimpan hasil karya kamu di internet supaya mudah untuk dilihat oleh para pemburu konten di internet dengan bantuan mesin pencari seperti Google. Salah satu cara untuk menyimpan konten kamu di internet adalah dengan membuat blog. Blog ini bisa menyimpan apa saja misalnya teks, foto dan video dan bahkan dalam satu postingan bisa berisi ketiga media itu maka konten yang kamu hasilkan akan semakin menarik informatif dan tentu akan juga berguna bagi generasi muda lain yang belum punya blog dan ingin mencari informasi di Internet..

Sebagai contoh misalnya kamu golongan generasi muda yang suka ngetrip atau berkunjung ke tempat wisata yang baru, maka sudah pasti kamu akan berusaha berbagi informasi yang lengkap atas lokasi obyek wisata yang baru itu kepada orang lain karena seorang Blogger itu tidak pernah pelit dengan informasi. Misalnya untuk menjelaskan dimana lokasinya, apa saja yang  ada disana dan berapa biaya masuknya maka tentu kamu akan jelaskan dengan teks pada postingan itu dan untuk meyakinkan orang bahwa tempat itu bagus dan mudah atau susah diakses maka kamu bisa buktikan dengan menambah foto atau video pada postingan kamu di blog. Jika sudah ada tiga media itu maka dijamin orang akan puas untuk melihat konten kamu di blog.

Apa potensi yang bisa digali oleh generasi muda jika sudah aktif ngeblog? Sebenarnya banyak sekali potensi yang bisa digali dari blog ini baik secara materi maupun non materi. Jika dilihat secara non materi potensi yang kamu punya adalah bisa menjadi Citizens journalism yang jika semakin diasah maka akan bisa semakin bagus setiap konten yang akan kamu buat. Jika sudah banyak punya konten yang bagus dan juga sudah banyak orang yang mengenal dan membaca blog kamu, mungkin ada perusahaan yang tertarik untuk meminta kamu mereview produknya di blog kamu. Saat review produk ini maka disana kamu bisa mendapatkan penghasilan uang atau istilah kerennya adalah Monetize blog dari blog yang kamu kelola dengan tarif yang bervariasi sesuai kesepakatan antara blogger dengan yang punya produk.

Selain itu jika kamu sudah punya blog dan dengan konten yang asli tanpa mencontek di sana-sini, sudah banyak pengunjung maka kamu nanti bisa mendaftarkan blog kamu di Google Adsense (GA) dan dari sana kamu akan menjadi Publisher dan bisa menghasilkan uang yang dibayarkan oleh google dari iklan yang tayang di blog kamu. Untuk bisa lulus mendaftar GA ini maka ada beberapa tahapan yang harus dilewati supaya iklan Google bisa tampil di blog kamu..

Selain itu kamu juga bisa membuat slot iklan untuk mereka yang ingin mengiklankan produknya di blog kamu tanpa harus review, cukup dengan menayangkan teks, gambar atau video pada beberapa cm pada halaman blog kamu maka kamu sudah bisa menghasilkan uang dari blog kamu. Iklan ini biasanya disebut dengan iklan Mandiri. Iklan jenis ini biasanya isinya di buat oleh pemasang iklan dan isinya juga tanggung jawab dari yang punya iklan.

Selain yang saya sebutkan di atas sebenarnya masih banyak lagi potensi blog untuk generasi muda yang ingin terjun di dunia blog, salah satunya lagi adalah membuat toko online milik sendiri dengan menjual barang milik pribadi atau barang milik orang lain. Jadi ketika kamu punya blog maka banyak sekali potensi yang bisa kamu gali, namun dalam dunia blog yang paling penting adalah harus aktif dan selalu update artinya harus rutin atau berkelanjutan sesuai jadwal dan  terus bisa menghasilkan konten untuk di posting pada blog supaya pengunjung tidak pergi.

Nah itulah beberapa potensi blog bagi generasi muda, semoga semakin banyak muncul blogger muda yang berkelas, semoga bermanfaat. Jika kamu membaca tulisan ini, bisa jadi kamu peserta kontes SEO di IAPD.
Advertisement
BERITA TERKAIT :