Fungsi Kombinasi Tombol CTRL + Huruf A Sampai Z

Advertisement
Advertisement
Brosis, Siapa yang tidak tahu benda canggih yang bernama komputer, saya yakin orang yang lahir di jaman internet seperti saat ini pasti sudah tahu apa itu komputer. Apa lagi dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, bentuk benda canggih ini sudah semakin kecil, tipis dan bisa di bawa kemana-mana yang sering juga disebut laptop sehingga memudahkan untuk bekerja dimana saja ketika diperlukan jika sudah punya yang namanya laptop ini.

Fungsi Kombinasi Tombol CTRL + Huruf A Sampai Z

Bagi kamu yang sudah sering menggunakan komputer ini baik dalam bentuk PC atau komputer jinjing (laptop) maka sudah pasti pernah mengetik dengan perintah memakai kombinasi beberapa keyboard untuk menyelesaikan sebuah perintah untuk dilaksanakan oleh aplikasi atau program yang dijalankan pada komputer. Saat ini kebanyakan orang Indonesia memakai OS Windows untuk menjalankan komputernya, meski sudah ada beberapa OS alternatif seperti Ubuntu dan Linux yang open source dan bebas dipakai.

Lepas dari OS apa yang dipakai maka saat mengetik dengan komputer ini sudah pasti kita memakai keyboard dan kadang memakai bantuan mouse untuk mengklik suatu menu yang ada pada program yang kita jalankan pada komputer tersebut. Contoh sederhana saja, ketika kita mengetik pada Microsoft Word, maka kita pasti akan pernah mengklik perintah untuk membuat huruf cetak tebal (B), huruf miring (I) atau huruf yang ada garis bawahnya (U) dan juga beberapa perintah seperti Undo, Redo dan lain-lain.

Supaya kamu tidak repot, sebentar mengetik dan sebentar ambil mouse saat akan mengedit tulisan, maka berikut ini ada beberapa shortcut dari kombinasi beberapa keyboard untuk melakukan perintah yang ada pada komputer. Biasanya keyboard yang dipakai adalah tombol CTRL (Control) dan dikombinasikan dengan huruf dari A-Z maka akan bisa melakukan perintah yang ada di komputer.

Mengapa saya membuat tulisan seperti ini? karena tadi saya bingung nyari perintah Redo saat edit template Blog saya, akhirnya saya mencari di internet dan menemukan perintah tersebut dengan kombinasi tombol CTRL + Y dan lawan dari Redo adalah Undo yakni dengan kombinasi tombol CTRL + Z. Nah berikut adalah kombinasi CTRL dari huruf A sampai Z, semoga bermanfaat.

Ctrl + A = Memblok/menyeleksi seluruh dokumen (All)
Ctrl + B = Memberikan efek tebal pada huruf (Bold)
Ctrl + C = Menyalin dokumen (Copy)
Ctrl + D = Menggandakan data atau gambar (Double)
Ctrl + E = Mengetengahkan document
Ctrl + F = Mencari satu kata atau kalimat (Find)
Ctrl + G = Tabulasi pada Open Office
Ctrl + H = Mengaktifkan kotak History pada browser
Ctrl + I = Memiringkan tulisan (Italic)
Ctrl + J = Mengaktifkan kotak download pada browser
Ctrl + K =Mencari cepat dengan Mozilla pada kotak search bar
Ctrl + L = Memasukkan alamat web pada browser (Location)
Ctrl + M = Mengaktifkan email client pada Opera
Ctrl + N = Membuka lembar baru (New)
Ctrl + O = Membuka dokumen (Open)
Ctrl + P = Mencetak halaman (Print)
Ctrl + Q = Keluar secara cepat untuk Open Office (Quit)
Ctrl + R = Meratakan dokumen sebelah kanan (Right)
Ctrl + S = Menyimpan dokumen (Save)
Ctrl + T = Membuka tab baru pada browser (Tab)
Ctrl + U = Memberikan garis bawah pada kata (Open Office, Word, dan lain-lain) (Underline)
Ctrl + V = Menempelkan kata yang sudah di copy (Paste)
Ctrl + W = Menutup tab browser
Ctrl + X = Memindahkan kata (Cut)
Ctrl + Y = Mengembalikan apa yang sudah di Undo (Redo)
Ctrl + Z = Mengembalikan ke keadaan seperti sebelumnya. (Undo)
Nah itulah fungsi dari kombinasi tombol CTRL pada keyboard komputer di tambah dengan huruf dari A sampai Z, semoga bermanfaat. 
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Fungsi Kombinasi Tombol CTRL + Huruf A Sampai Z"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih