Pilihan Motor Bebek untuk Touring, TVS Rockz 125

Advertisement
Advertisement
Brosis, seperti diketahui salah satu pabrikan yang non Jepang yang masih bertahan di Indonesia yang memproduksi sepeda motor adalah pabrikan dari India yakni TVS Motor Company Indonesia (TMCI). Sudah berada di Indonesia sekitar 6 tahun, sampai saat ini TVS masih aktif dan beberapa bulan lalu sempat launching produk terbaru mereka yakni TVS Apache RTR 200 4V yang merupakan motor naked terbaru dari TVS.


Sebenarnya saya masih bingung memilih motor untuk touring, punya budget pas-pasan memang agak sulit menentukan pilihan, sebelumnya saya pernah berfikir untuk membeli Yamaha Old Vixion untuk dimodifikasi supermoto yang mungkin akan terlihat gagah ketika sedang touring naik motor tersebut di jalan raya. Namun sampai saat ini saya belum melakukannya.

Saat ini saya berfikir membeli motor baru saja untuk touring dimana saya menginginkan motor yang memiliki fitur lengkap, kali ini target tertuju pada salah satu motor bebek produksi TVS yakni motor bebek TVS Rockz 125, meski motor ini sudah diproduksi sejak lama namun sampai saat ini motor ini masih tetap di produksi oleh TVS. Sebenarnya ada lagi bebek super dari TVS yakni TVS Tormax 150, namun produksinya sudah dihentikan jadi tidak ada lagi unit baru dari TVS Tormax ini, wong nyari bekasnya saja susah.

Baiklah kembali ke masalah TS Rockz 125 ini, kenapa saya tertarik dengan motor bebek ini? ada beberapa alasan yang membuat saya tertarik dengan salah satu produk dari TVS ini untuk saya jadikan motor touring saya nantinya. Seperti diketahui Motor TVS Rockz 125 ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Peraih desain bebek terbaik 2010 versi Motorplus karena memiliki banyak fitur yang tidak ada pada motor bebek di kelasnya. Motor TVS ini memiliki inovasi kopling ganda. Mengusung mesin 125cc oversquare yang memiliki responsive power menghasilkan daya 9.8 BHP dengan 4F technology; lebih bertenaga, friksi minim dipadukan dengan i-ride yaitu sistem kopling ganda manual dan otomatis yang memberikan kelincahan berkendara

Selain itu masih banyak ada fitur pada motor TVS Rockz 125 ini, fitur apa sajakah yang terdapat pada motor TVS Rockz 125 ini, berikut akan saya jelaskan seperti dibawah ini.
  1. Tampilannya futuristik, desain batok lampunya mirip Suzuki Shogun, tapi tidak dobel bulb lamp legshieldnya penuh dengan garis-garis tajam, seakan punya efek 3D seperti punya Supra X 125, secara keseluruhan, desain motor bebek ini mirip pesawat tempur, kesan futuristiknya sangat kelihatan banget berkat desain tajam-tajam yang mencerminkan sebuah pesawat tempur yang memiliki banyak fitur seperti penjelasan pada nomor dua dan selanjutnya.
  2. IMS (Intregated Music System) TVS termasuk pioneer di bagian ini, pabrikan india ini bermaksud menjadi tren setter motor masa depan. Motor yang dibuat bukan merupakan alat transportasi saja, tetapi merupakan “entertaintment Gadget” ketika di jalan raya. IMS merupakan perangkat multimedia player yang tertanam di bawah setang motor, perangkatnya terdiri dari FM radio receiver, USB port for USB Removable Storage Devices, Dual 2.1 Surround stereo Speakers, Head Controller with TouchPad Sensor, 3.5 mm Headphones port dan Built-in Multimedia Player (Support Mp3, Wav, AAC, AAC+, Mkv, Wma).
  3. Antitheft Security System, TVS mengklaim bahwa motor ini antimaling, bos dilernya mengklaim bahwa setidaknya dibutuhkan sebuah mobil pikap dan 4 orang dewasa untuk bisa mencuri motor karena motor ini dilengkapi fitur ini: Engine Switch Killer yang fungsinya untuk mematikan mesin secara permanen setelah di parkir, tombolnya berada di bawah jok, tepat di samping bagasi dalam. Setelah di parkir, tinggal tekan tombol ini, mesin tidak akan bisa menyala walaupun maling pakai kunci T membobol ignition key nya. Cara kerja fitur ini dengan memutus aliran bensin ke mesin, maling tidak akan bisa membawa motor ini, ya tinggal dorong saja kalau mau. Main Stand Locker yang fungsinya mengunci standar tengah motor, tinggal “njaggrag” tengah, terus tekan tombol kunci bagasi, otomatis pengait di samping kiri motor bakal mengunci standar tengah, si maling akan bisa nurunin standar tengah motor ini, jadi kalau mau seret saja motor ini dengan standar tengah yang masih mencengkram bumi.
  4. Bagasi yang super luas dan ada lampunya, kapasitas bagasi mencapai 7 liter, bisa nampung ban dalem, tool kits, jas hujan, lap kanebo, dan jacket sekaligus. Jik dalam kondisi kosong bagasi TVS Roclz ini bisa menyimpan helm half face. Selain itu yang lebih mencengangkan lagi dilengkapi lampu LED, mirip bagasi di mobil, jadi pas malam hari tidak usah bingung cari cahaya, tinggal buka jok, otomatis lampu akan menyala. Dengan luasnya bagasi, otomatis kapasitas tangki bahan bakar bakal dikurangi, jadi kapasitas total tangki bensinya sekitar 3,1 liter, tapi jangan khawatir, motor ini cukup iritr.
  5. Multifunction Port yang fungsinya ada dua yakni bisa sebagai korek api untuk menyalakan rokok, seperti yang ada pada mobil jaman sekarang dan satu lagi sebagai chager hape. Jadi pas di tengah jalan kita bisa naik motor sambil dengerin musik sambil ngecharge HP, ketika sampai di tujuan touring HP sudah siap pakai untuk cekrek-cekrek.
  6. I-RIDE yang fungsinya untuk mengganti kopling dari manual ke semiauto, juga bisa sebaliknya, kalau dikejar waktu sehingga butuh kecepatan, maka bisa memakai kopling manual yang responsif atau kalau lagi santai, bisa pakai yang semiauto untuk jalan motor yang santai.
  7. I-ECONO ketika fitur ini diaktifkan, akan muncul lampu konfirmasi di layar kalau mesin sudah dikondisikan untuk “minum” bensin lebih irit dari keadaan normal, tinggal klik tombol I-ECONO, putaran mesin RPM anda akan dibatasi di kisaran 3000-4500RPM/menit. Juga top speednya, sekitar di angka 55 km/h. Cocok buat jalan santai.
  8. I-START fitur yang membantu anda ketika diburu waktu. tidak sempat memanaskan mesin motor di pagi hari, maka serahkan sama I-Start, mesin akan dikondisikan untuk bisa dipakai jalan kurang dari 3 menit, tentunya tenaga baterai akan disedot oleh fitur ini, jadi jangan keseringan memakai fitur ini biar aki tidak cepat drop.
  9. Full Light Emmiting Diode Sign Lamp and Stop lamp, Sejak awal kemunculannya motor ini sudah memakai lampu LED untuk lampu sein dan stop lampnya, TVS RockZ memakai lampu LED, yang diklaim 3x lebih terang dan informatif dari pada lampu bohlam biasa.
  10. Oil Assisted Rear Shockbreaker untuk per belakang yang adjustable, bisa diatur 3 step, mau yang super soft, tinggal diset step 1, genjotan pernya bakalan bagus, cocok buat single, biar empuk di jalan yang hancur. Step 2, ½ empuk ½ keras, buat boncengan, biar stabil. Step 3 diset hard, untuk mengangkut barang-barang berat, cocok buat pedagang atau sales yang suka membawa banyak barang dan pastinya berat. (sumber fitur TVS Rockz 125 dari sini)
  11. Double disc breake, meski hanya motor bebek namun motor ini sudah memakai rem cakram untuk bagian depan belakang, dengan ukuran 220 mm rem cakram depan dan 200mm rem cakram belakang untuk keamanan ekstra dan kontrol akurat.
Nah itulah beberapa fitur yang membuat saya berfikir untuk memilih motor bebek ini sebagai motor touring, meskipun masih banyak pilihan motor bebek, namun tidak memilki fitur selengkap ini, jadi motor bebek TVS Rockz 125 ini bisa menjadi pilihan saya nantinya jika saya harus memilih salah satu, ambil motor old vixion bekas kemudian modifikasi supermoto atau pilih TVS Rockz 125 sebagai teman touing saya nantinya, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pilihan Motor Bebek untuk Touring, TVS Rockz 125"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih