Mengenang Eksistensi Kontek Tahun 1990an di Tamblang

Advertisement
Advertisement
Brosis, dahulu sekitar tahun 1990an di Tamblang ada perkumpulan kontek yang bernama organisasi interkom lokal Wahana Mitra,  perkumpulan ini berdiri sekitar tahun 199 . Perkumpulan ini dulu sangat aktif dan juga ada struktur organisasinya dan setiap waktu mengadakan pertemuan. Keberadaan kontek ini dulu sangat fenomenal, kontek ini merupakan satu-satunya sarana komunikasi antar warga Tamblang. Selain sebagai sarana komunikasi kontek ini juga sebagai sarana hiburan bagi beberapa orang yang senang mekidung.

Mengenang Eksistensi Kontek Tahun 1990an di Tamblang

Dahulu saya juga pernah punya kenangan dengan kontek ini, waktu itu saya masih duduk di kelas 2 SMP. Ceritanya begini, suatu hari ada tugas atau Pekerjaan Rumah (PR) membuat anyaman, pada malam harinya anyaman itu sudah selesai saya kerjakan dan besok paginya akan dikumpul. Namun entah kenapa saya lupa membawa anyaman itu dan saya saat itu di sekolah. Saya pun panik kalau diambil saya pasti terlambat, karena pada zaman itu tidak ada murid yang bawa motor, kalaupun ada bisa dihitung dengan jari, kemudian jika tidak ngumpul maka tidak akan mendapat nilai.

Akhirnya saya pun ingat kalau disekitar sekolah SMP N 2 Kubutambahan juga ada yang punya kontek. Waktu itu yang saya ingat punya kontek adalah Dalang Mangku Siaka, akhirnya saya pun menuju rumah Pak Mangku Siaka dan meminta izin memakai kontek dan akhirnya saya diizinkan untuk memakai kontek ini. Saya tidak khawatir lagi karena sudah ada kontek untuk menghubungi kontek yang ada di rumah saya karena kontek di rumah saya itu selalu hidup sepanjang hari.

Kontek yang ada di rumah saya itu selalu standby dan selalu hidup dari jam 6 pagi berbarengan dengan buka warung dan matinya juga begitu kadang ikut dimatikan ketika sudah tutup warung kadang di bawa ke kamar oleh Bapak saya. Kembali ke masalah anyaman itu, akhirnya saya menghubungi Kontek Bapak saya dan masih saya ingat nomornya yakni 229. Akhirnya setelah meminta bantuan via kontek itu, akhirnya Bapak saya membawakan anyaman itu dengan naik sepeda motor Yamaha RX 100 warna merah tahun 1976 dengan memakai sarung kotak-kotak kombinasi ungu dan hitam dan tidak lupa memakai helm, akhirnya masalah pun beres.

Selain itu masih banyak sekali fungsi kontek ini, selain sebagai alat komunikasi biasanya juga ada ajang megeguritan, ada yang megending ada juga yang masanin. Nanti jika mau ikut megending maka harus ngamprah dulu untuk mendapat nomor antrian jika ada banyak orang yang ingin ikut megending. Biasanya jika ada yang megending paling sedikit itu apade atau duang pade saja supaya semua dapat giliran bagi yang sudah ngmprah.

Keberadaan atau eksistensi kontek ini lumayan lama berdiri sejak tahun 1994 dan terus eksis sampai pada tahun 1999. Entah apa alasannya kontek ini lama kelamaan menghilang. Sempat dibangkitkan lagi pada tahun 2000an namun saat itu kontek tidak begitu booming ketika saat awal-awal kemunculannya pada tahun 1994 dan akhirnya tidak sampai setahun kontek itu mati suri lagi dan akhirnya menghilang lagi.

Mungkin karena sudah tidak relevan dengan zaman, karena saat ini sudah banyak sekali media hiburan saat ini seperti televisi, radio dan sekarang sudah banyak orang yang memakai handphone untuk komunikasi. Oleh sebab itu keberadaan kontek ini tidak seperti dulu lagi yang begitu memberikan banyak manfaat dan juga hiburan yang mungkin belum terjamah oleh televisi, radio dan juga hiburan lainnya.

Nah berikut adalah beberapa istilah yang dipakai saat berkomunikasi di Kontek:

Pesawat adalah peranti keras atau kontek itu sendiri, jika tidak ada pesawat ini maka tidak bisa melakukan panggilan atau pun menerima panggilan Satu kontek dan kontek lainnya dihubungkan dengan kabel induk dan disetiap rumah nanti ada kabel yang mengarah ke tanah yang disebut kabel ground yang warnanya hitam. Kontek ini memiliki beberapa bagian seperti tombol volume, tombol frekwensi atau transmiter, microphone, speaker, kabel daya dan kabel untuk menyambungkan ke kabel jalur.

Brik berasal dari bahasa inggris Break yang artinya Istirahat atau password sebelum memulai percakapan dengan atau meminta izin untuk bisa memakai jalur. Brik ini diucapkan ketika ada orang yang sedang bercakap di udara atau jalur. Mungkin karena itu mendesak makanya orang itu minta jalur sebentar dengan mengatakan brik. Biasanya ketika ada orang yang mengatakan brik nanti akan ada orang yang menjawab brik masuk kemudian dijawab oleh yang mengatakan brik pertama dengan mengatakan identitasnya sambil mengatakan mau minjam jalur, kemudian jika diizinkan oleh yang menjawab tadi, maka percakapan yang ada sebelumnya akan berhenti dulu dan memberikan kesempatan bagi yang meminta brik tadi untuk melakukan panggilan kepada orang yang akan dituju.

Monetor atau monitor, kata ini biasanya dipakai saat memanggil orang yang akan diajak bicara atau yang akan dihubungi, bisanya orang yang akan diajak bicara dipanggil dengan Identitas yang berupa angka kemudian dilanjutkan dengan monitor. Contoh misalnya 123 monitor.

Rojer artinya pengganti nama, biasanya kata rojer ini diucapkan ketika mengakhiri percakapan saat menyebutkan nama lawan bicara di kontek.

Ganti artinya dia sudah mengakhiri perkataannya dan akan menyebut kata ganti yang artinya mengembalikan kesempatan bicara kepada lawan bicara begitu juga sebaliknya.

Kopi artinya bukan berarti minuman, namun berasal dari kata copy yang artinya suara bisa didengar oleh lawan bicara di udara dengan jelas.

Ngejem itu adalah istilah bagi pesawat kontek yang yang di hidup dan tombol microphone di tekan sehingga setiap suara yang ada di luar sana masuk ke jalur kontek sehingga mengganggu pengguna jalur yang lainnya. Ngejem ini sangat tidak diperbolehkan oleh sesama pengguna kontek, meskipun jalur sedang sepi. Oleh sebab itu ketika ada pesawat yang ngejem baik sengaja atau tidak, maka bisa jadi yang memakai pesawat itu akan kena sanksi.

Sepliteran adalah mungkin berasal dari kata split, istilah ini artinya ketika dalam satu jalur ada dua suara yang masuk, hal ini bisa terjadi karena adanya gesekan kabel yang jalur yang waktu itu masih memakai kawat telanjang.

Ngamprah artinya mendaftar untuk ikut dalam kegitan megeguritan di kontek. Standby artinya pesawat tetap hidup namun tidak ikut dalam obrolan yang ada di udara. Cerio artinya pesawat mati dan tidak bisa dihubungi, Mikilo artinya makan, Tekdung artinya tidur, Jaran artinya sepeda motor

Nah itulah cerita singkat tentang eksistensi dan beberapa istilah yang dipakai saat berkomunikasi di kontek yang ada di Tamblang, jika masih ada yang kurang silakan tambahkan pada kolom komentar., semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Mengenang Eksistensi Kontek Tahun 1990an di Tamblang"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih