Jangan Jawab Singkat saat Membalas Pesan dari Pelanggan

Advertisement
Advertisement
Brosis, saat ini banyak sekali toko online yang menjual berbagai jenis barang, baik toko online yang besar maupun home industri atau bisa juga disebut toko online milik perseorangan yang mampu ikut bersaing di kancah e-commerce yang saat ini semakin terus berkembang. Bukan hal yang mustahil jika saat ini membuka usaha online bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin berjualan. Saat ini hampir 80 % manusia bisa mengakses internet dengan cara yang mudah terutama dengan perangkat mobile mereka.


Saya sendiri memang orang yang lebih suka berbelanja online dengan alasan yang sangat sederhana yakni mudah dan praktis. Namun meskipun demikian bukan berarti tidak ada nilai negatifnya dari berbelanja online ini. Lepas dari kemungkinan kena penipuan karena toko online yang abal-abal dan lain sebagainya. Kali ini saya akan membahas tentang pelayanan dari toko online tersebut.

Jangan bicara tentang toko online yang sudah punya nama seperti Lazada, BliBli, Zalora dan lain-lain, saya yakin mereka itu sudah punya tim customer service yang memadai dan pastinya sudah tahu benar cara memperlakukan pelanggannya. Kita disini akan membicarakan pelayanan pelanggan dari toko online yang masih dikelola secara sederhana. Seperti biasa calon pembeli itu akan bertanya-tanya dahulu tentang produk yang akan dibeli. Kadang ada calon pembeli yang simple cukup bertanya beberapa pertanyaan dan langsung deal untuk membeli produk. Namun ada juga calon pembeli yang sudah banyak bertanya namun pada kenyataannya tidak jadi membeli karena berbagai alasan atau sering juga disebut dengan calon pembeli PHP.

Salah satu penyebab batalnya calon pembeli untuk membeli produk yang dijual adalah karena kurang cekatan dan kurang sopannya pelayanan dari pemilik toko online tersebut. Misalnya ketika ada calon pembeli yang bertanya "Bos itu Hangtag sablonnya dof ya, apakah bisa bolak balik?" dan ketika kamu menjawab secara simpel seperti ini "iya" dan inilah jawaban paling parah itu, adalah ketika calon pembeli sudah banyak bertanya dan kamu jawab hanya dengan satu kata saja "iya".

Menurut saya pribadi jawaban seperti itu sungguh tidak menghargai calon pembeli, penjual terlihat begitu malas untuk menjawab, penjual begitu terlihat sinis dan cuek, penjual terlihat begitu tidak kreatif dalam menjawab pertanyaan dari calon pembeli dan parahnya adalah penjual seperti meremehkan calon pembeli. Terus terang saya sebagai calon pembeli ketika di jawab satu kata "iya" saja, jujur saya merasa sangat sakit hati, apakah karena saya terlalu Baper? atau apakah kamu juga merasakan hal yang sama ketika menerima jawaban seperti itu?

Dari pertanyaan di atas setidaknya di jawab seperti ini "Iya bos kalau model seperti ini dof, tapi kami juga punya glosy, untuk sablonnya bisa satu halaman saja bisa juga bolak balik, itu tergantung pesanan Bapak/Ibu, terimakasih." nah jika sudah dijawab seperti itu saya yakin calon pembeli akan merasa sangat dihormati oleh penjual dan kemungkinan besar calon pembeli itu akan memutuskan untuk berbelanja di toko kamu.

Jangan Jawab Singkat saat Membalas Pesan dari Pelanggan

Dari contoh gambar di atas setidaknya jawabannya mungkin seperti ini jika saya yang punya toko online tersebut "iya bos, silakan transfer ke rekening yang tertera di atas, kami tunggu info selanjutnya, terima kasih" Nah jika jawabannya sudah begitu saya yakin calon pembeli itu akan merasa sangat senang membaca balasan pertanyaan seperti itu dan kemungkinan calon pembeli akan segera melakukan transfer secepatnya. Karena pembeli itu adalah raja, apapun alasannya jangan menjawab pesan dari calon pembeli dengan jawaban yang singkat.

Nah itu adalah menurut pendapat saya, jika menurutmu ini cocok dan bisa diterapkan pada toko online kamu, silakan saja. Nah itulah curhat singkat saya tentang pelayanan calon pembeli oleh penjual dari toko online, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Jangan Jawab Singkat saat Membalas Pesan dari Pelanggan"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih