Apakah Arti Panama Papers itu? Ini penjelasan Sederhananya!

Advertisement
Advertisement
Brosis, belakangan ini sedang ramai berita tentang Panama Papers, apa sebenarnya itu Panama Papers? Secara sederhana akun facebook dengan Herold Kilapong menjelaskan dengan ilustrasi ang sangat sederhana sekali. Dalam penjelasannya ia memakai sebuah cerita tentang seorang anak yang menabung dengan celengan, nah berikut adalah penjelasan atau pengertian dari Panama Papers yang sangat mudah untuk dipahami.

Apakah Arti Panama Papers itu? Ini penjelasan Sederhananya!

Apa itu "PANAMA PAPERS" ? Nah ini ilustrasinya untuk mudah memahami secara sederhana dan tetap kekinian:
☞ 1. Budi punya celengan di rumah. Tapi Mamanya Budi selalu cek isi celengan Budi setiap kali Budi memecahkan / membuka celengannya.
☞ 2. Amir juga punya celengan di rumahnya sendiri tapi tidak pernah dicek sama Mamanya Amir. Maka Budi menitipkan celengannya di rumah Amir.
☞ 3. Mendengar bahwa celengan Amir tidak pernah dicek sama Mamanya Amir, teman-teman Amir dan Budi semua menitipkan celengan mereka semua di rumah Amir (ini yg dinamai OFFSHORE INVESTMENT).
☞ 4. Suatu hari Mamanya Amir memeriksa kamar Amir dan mendapati ada banyak celengan di sana (ini namanya ACCIDENTAL AUDIT ) lengkap dengan tulisan nama pemiliknya (ini namanya PANAMA PAPERS ). Maka Mamanya Amir mengontak semua mama-mama dari anak-anak yang menitipkan celengan mereka di rumah Amir.
☞ 5. Ternyata Budi menitipkan celengan di sana karena Mama Budi memaksa Budi untuk memberi sumbangan setiap Budi memecahkan celengannya (ini TAX/PAJAK ).
☞ 6. Lain lagi si Polan, ia mengisi celengannya dari hasil memalak teman-temannya (ini MONEY LAUNDERING).
☞ 7. Badu mengisi celengannya dari hasil berjualan es lilin di sekolah tanpa seijin ortunya yang menginginkannya fokus pada sekolah (ini ILLEGAL BUSINESS ).
☞ 8. Mama Budi akhirnya tau kalo anaknya nitip celengan di tempat Amir, lalu mama Budi bilang ke anaknya: "Nak, simpan aja celenganmu di rumah. Mama tidak akan cek celenganmu" (ini namanya TAX AMNESTY).

Nah itulah penjelasan dari Panama Papers dengan ilustrasi Celengan oleh Herold Kilapong, semoga Bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

1 Response to "Apakah Arti Panama Papers itu? Ini penjelasan Sederhananya!"

  1. Wah wah wah... makin tinggi jabatan dan makin tinggi sekolah. Cara bermainnya makin canggih ya cari uangnya. Kenapa ga diIndonesia ya celenginnya ? ?????? Jangan 2 ada celengan juga dibank swiss ya ? Dll

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih