Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Tulisan dengan Bahasa Bali di Israel

Brosis, mungkin sangat jarang orang tahu, apa lagi orang seperti saya yang tidak mungkin pergi ke luar negeri. Mungkin banyak orang yang beruntung bisa bekerja di kapal pesiar sehingga bisa menyinggahi beberapa tempat yang terkenal di dunia. Seperti salah satu foto yang diunggah oleh akun facebook yang bernama Agung Koin Cepean dalam foto itu dia memperlihatkan bendera negara Israel dan saat itu dia sedang berada di Jordan River yang merupakan tempat pembabtisan bagi umat Kristen.


Lepas dari sungai Jordan itu dan tempat pembabtisan tersebut, ternyata disana ada beberapa memorial yang bertuliskan dari bermacam bahasa yang ada di dunia. Jordan River yang berada di kawasan Kineret, Israel terdapat tulisan di batu. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, tampak tulisan Bahasa Bali dengan memakai sor singgih yang bagus.


Tulisan tertera dengan jelas seperti ini "Daweg punika Ida Hyang Yesus rauh saking kota Nasaret, wewengkon Galilea, raris Ida kalukat antuk Dane Yohanes ring Tukad Yordane. Ritatkala Ida sampun munggah saking toyane, Ida ngaksi langite mapiakan tur roh Ida Sang Hyang Widhi Wasa tumurun ring Ida sakadi paksi darane. Raris wenten sabda saking ambarane sapauniki: "Cening Putran Aji ane sayang, tuah Cening sane ledangin Aji".  Markus 1 : 9-11.

Pada bagian bawah tulisan tersebut tertulis kalimat Presented by : Jaya Sutrisno, Sherly Darmawan, Aurelia Gizelle Sutrisno, and Sky Jason Sutrisno. 2014.

Artinya jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Waktu itu Yesus datang dari kota Nasaret, daerah Galilea, kemudian dia di baptis oleh Yohanes di Sungai Yordan. Setelah Yesus naik dari air, Yesus melihat langit terbelah kemudian Roh Kudus turun kepada Yesus seperti burung dara. Kemudian ada sabda dari langit yang berbunyi seperti ini " Hai kamu Anakku paling Sayang, Cuma kamu yang Bapak sukai".

Nah itulah arti tulisan bahasa Bali, jika ada yang kurang tepat tolong dikoreksi, terima kasih
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Ada Tulisan dengan Bahasa Bali di Israel"