Sedang Ramai di Medsos Habis Melis Terbitlah Sampah

Advertisement
Advertisement
Om Swastiastu, Sebelum merayakan hari raya Nyepi ada beberapa rentetan upacara yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali, salah satunya adalah Melis atau Mekiis ke tempat yang ada sumber airnya biasanya kebanyakan umat Hindu di Bali jika Mekiis menuju ke laut. Tujuan mekiis ini adalah untuk menyucikan segala Pratima yang ada di Desa sebelum menyambut atau berganti tahun baru Caka. Biasanya Mekiis ini dilaksanakan 3-2 hari sebelum Nyepi. Seperti tahun ini Nyepi jatuh pada Hari Rabu tanggal 9 Maret 2016 maka banyak yang sudah melakukan Mekiis mulai hari Minggu dan juga hari Senin.

Sedang Ramai di Medsos Habis Melis Terbitlah Sampah

Dari Mekiis itu ada beberapa debat panjang yang ada di fecebook terutama masalah sampah yang dibawa oleh umat Hindu saat melis, terutama sampah plastik yang berjubel di pinggir pantai yang ditinggal oleh pemedek saat melis sudah selesai. Sampah yang terlihat adalah botol atau bungkus minuman, secara di pantai mungkin panas maka banyak yang perlu minum, namun masalahnya adalah mengapa mereka membuang sampah sisa botol minuman itu sembarangan?

Bagaimana caranya supaya tidak ada sampah yang menumpuk di pinggir pantai terutama sampah plastik? Sebenarnya caranya sangat mudah, jika sudah tahu ditempat melis panas dan akan membutuhkan banyak air minum, maka sedari awal membawa bekal air minum dari rumah dengan memakai botol yang tidak mungkin akan dibuang. Jika malu membawa minuman dari rumah dan terpaksa harus membeli di lokasi, maka jangan buang sampah sisa botol plastik atau apapun itu di tempat melis, sebaiknya cari tong sampah dan jika masih belum ketemu maka bawa lah botol itu sampai bertemu tong sampah? Apa malu bawa botol kosong? kalau malu bungkuslah botol plastik itu dengan kresek warna hitam atau taruh di tas jika membawa tas. Atau jika perlu jangan berbelanja biar tidak menyisakan sampah.

Bayangkan jika bukan hanya kita yang melis di pantai itu, bagi yang pertama datang yang mungkin meninggalkan sampah maka akan sangat tidak enak dilihat bagi mereka yang datang belakangan, begitu juga selanjutnya jika yang datang menambah lagi sampah yang sudah ada maka yang terakhir datang yang akan paling banyak melihat sampah yang ada di lokasi pemelisan.

Sebenarnya itu hal yang sepele, kepedulian dimulai dari diri sendiri untuk selalu menjaga lingkungan supaya bersih, jika semua sudah peduli maka tidak ada lagi sampah yang akan mengotori pantai atau lingkungan kita. Apakah kamu sudah siap dengan diri kamu sendiri untuk peduli dengan lingkungan. Mulailah dari sekarang sebelum orang lain melarang dan menegur kita.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Sedang Ramai di Medsos Habis Melis Terbitlah Sampah"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih