Mengapa knalpot motor berada di sebelah kanan?

Advertisement
Advertisement
Brosis, pernah tidak memperhatikan kalau knalpot sepeda motor yang ada di Indonesia itu umumnya berada di bagian kanan dari sepeda motor itu. Sedari dulu sampai sekarang masih seperti itu, namun kira-kira apa alasan dari penempatan knalpot itu di bagian kanan sepeda motor?

Mengapa knalpot motor berada di sebelah kanan?

Semua itu tidak ada hubungannya dengan mesin dan juga aerodinamika motor, hal itu cuma berkaitan dengan keamanan. Secara ketika kita menghidupkan mesin dan mesin mulai bekerja maka knalpot mulai panas, nah apa hubungannya dengan knalpot panas? jika ditaruh di kiri juga knalpot akan panas, jadi penjelasannya seperti ini, logikanya juga seperti ini.

Orang kerap kali naik motor dari arah kiri. Bahkan turun motor pun ke sebelah kiri. Sangat jarang kita temui orang yang memang terbiasa naik dan turun motor dari sisi kanan. Bahkan orang kidal sekalipun tidak ada pengaruhnya. Mereka akan tetap naik motor dari sisi kiri.

Nah, karena orang banyak yang naik dan turun dari sisi kiri, makanya knalpot diletakkan di sebelah kanan. Jelas ini ditunjang dari segi keamanan. Bayangkan jika knalpot berada di kiri dan orang turun dari kendaraan dari kiri juga. Peluang kaki bakal nempel pada knalpot yang panas akan semakin besar.

Mungkin akan kita jumpai banyak betis-betis menghitam akibat mencium knalpot. Bahkan meskipun knalpot sudah berada pada bagian kanan, namun masih saja ada orang yang memiliki tanda bekas dicium knalpot di salah satu betisnya. Nah itulah alasan Mengapa knalpot motor berada di sebelah kanan, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Mengapa knalpot motor berada di sebelah kanan?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih