Masih Seputar Nyepi 1938, Banyak Fotoan di Jalan

Advertisement
Advertisement
Om Swastiastu, masih tentang Nyepi tahun Caka 1938 yang sudah lewat beberapa hari lalu, dimana pada saat Nyepi tersebut ada banyak kegiatan saat Nyepi yang diunggah ke facebook, tentunya hal itu bertentangan dengan Catur Brata Penyepian Hindu yang melarang umatnya melakukan aktivitas selama Nyepi berlangsung selama 24 jam.

Seperti salah satu foto yang saya dapatkan dari facebook, dimana ada beberapa cewek yang sedang berfoto bersama dalam sebuah lokasi yang bersisi kata Penatahan pada caption postingan foto mereka di facebook, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Masih Seputar Nyepi 1938, Banyak Fotoan di Jalan

Kalau bisa saya bilang ke mereka "Percuma cantik kalau hari raya Nyepi masih berkeliaran di jalan" seharusnya kita sebagai umat hindu lebih menghormati hari raya milik sendiri, jangan malah melanggar segala aturan Nyepi yang tertuang dalam catur Brata Penyepian. Hal ini bisa terjadi karena saat ini mereka sudah tidak rasa malu kepada diri sendiri, orang lain dan juga terhadap hari raya Nyepi itu sendiri, oleh sebab itu merek cuek dan memanfaatkan moment Nyepi yang tanpa kendaraan di jalan dengan selfie, bersepeda dan bahkan ada yang tiduran di jalan raya.

Ketika mereka ditegur dalam postingan tersebut, mereka malah melawan, bukanya menjadi sadar atas apa yang mereka lalukan itu adalah keliru, seperti yang terlihat pada percakapan kolom komentar facebook tersebut.


Masih Seputar Nyepi 1938, Banyak Fotoan di Jalan
Masih Seputar Nyepi 1938, Banyak Fotoan di Jalan

Setiap aturan itu kita yang membuat dan kita juga harus mematuhinya. Meskipun catur brata penyepian itu bukan kita yang membuat maka sudah sepantasnya kita menjalankan aturan itu sekali dalam setahun untuk menghormati hari raya milik kita sendiri sebagai umat hindu. Jangan melakukan aturan ketika ada yang mengawasi, seperti Pecalang misalnya.. Setiap segala sesuatu itu dimulai dari diri sendiri dengan niat yang baik, jika semua sudah memulai dari diri sendiri maka sudah tidak ada lagi segala sesuatu yang akan mencederai hari raya Nyepi apa lagi itu dari umat Hindu itu sendiri.

Kadang kita merasa sangat marah ketika ada dari umat lain melecehkan hari raya Nyepi, namun apakah dengan ada acara jalan-jalan dan selfie saat Nyepi yang dilakukan oleh umat Hindu apa itu juga tidak melecehkan Nyepi? mari mulai dari sekarang kita lebih cinta dengan diri sendiri dan juga hari raya Nyepi dengan melaksanakan catur Brata penyepian. Semoga pada Nyepi yang akan datang tidak ada lagi orang yang memanfaatkan Nyepi sebagai ajang berkeliaran di jalan dan semoga Nyepi berikutnya lebih baik lagi. Om Santhi, Santhi, Santhi Om.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Masih Seputar Nyepi 1938, Banyak Fotoan di Jalan"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih