Makna Kata Amor Ring Acintya

Advertisement
Advertisement
Om Swastiastu, belakangan ini mungkin sudah banyak orang yang pernah mengucapkan atau membaca kalimat singkat yang terdiri dari tiga kata yakni Amor Ring Acintya. Biasanya kalau di media sosial seperti facebook ada berita kematian maka pada kolom komentar banyak netizen, terutama yang beragama Hindu menulis kalimat seperti 'Dumogi Amor Ring Acintya" nah sebenarnya apa makna dari kalimat tersebut?

Makna Kata Amor Ring Acintya

Dumogi itu adalah Bahasa Bali yang artinya semoga, Amor artinya bersatu atau menghilang atau menuju dalam situasi ketiadaan atau tidak tampak sedangkan Acintya berarti tidak tersentuh oleh pikiran.. Jadi makna Dumogi Amor Ring Acintya adalah semoga menyatu dengan yang Maha Suci yang maha tak terpikirkan atau semoga bersatu dengan alam kedewataan tertinggi yakni Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Amor ring Acintya ini merupakan tujuan terdalam dari ajaran Siwa, Budha dan Hindu pada umumnya yang kita kenal dengan istilah mencapai Moksa atau Nivana. Amor ring Acintya merupakan tujuan tertinggi dari umat Hindu ketika sudah Moksa maka segala keterikatan dunia ini akan hilang.

‘Amor ring Acintya’ yang dipopulerkan di masyarakat Bali tentu sangatlah penting. Setidaknya, kita kembali berulang kali diingatkan bahwa asal muasal kita dan tujuan kita adalah Sang Hyang Acintya, maha hening kedewataan tertinggi. Dengan mendengar istilah itu saat seseorang meninggal, kita disapa, diingatkan lagi, diajak kembali menimbang kedewataan asal muasal kita dan kedewataan yang akan menjadi tujuan kita.

Nah itulah penjelasan Singkat tentang kalimat Amor ring Acintya yang selama ini sering kita tulis, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Makna Kata Amor Ring Acintya"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih