Saat Mobil Besar Terus Menyalakan Lampu Sein Kanan itu Artinya?

Advertisement
Advertisement
Brosis, Hari ini saya menempuh perjalanan yang lumayan jauh yakni sekitar 80 km dari Denpasar menuju kampung halaman saya yakni Singaraja. Kali ini saya memilih jalur Petang yang melewati Jembatan Tukad Bangkung karena langsung ingin melihat air terjun Peng Empu yang ada di sangeh. Saat menempuh perjalanan ke sana akan ada banyak truk-truk besar yang lewat karena di sana ada gudang salah satu merek air mineral jadi jika lewat jalur itu sudah pasti akan banyak truk-truk besar yang melintas di jalan tersebut.

Selain truk pengangkut air mineral, ada juga truk besar yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM) oleh Pertamina. Kita tahu kalau truk-truk itu ukurannya besar. Kadang kita terpaksa harus berada di belakang truk besar karena lalu-lintas padat dari segala arah sehingga susah untuk menyalip truk tersebut dan juga jalan yang agak sempit jadi body truk ama jalan sangat pas sehingga susah mencari celah untuk menyalip.

Saat Mobil Besar Terus Menyalakan Lampu Sein Kanan itu Artinya?

Baca juga Fungsi lampu sein pada kendaraan.

Pada saat membelakangi kendaraan besar entah itu truk, bus atau apalah, pernah gak kamu memperhatikan mobil besar yang ada di depan kamu terus menyalakan lampu reting atau sein kanan? Nah jika pernah apa yang kamu pikirkan dan apa yang kamu lakukan ketika berada di belakang mobil besar tersebut? apakah kamu tahu apa maksud dari sopir truk dengan terus menyalakan lampu sein kanan, tapi tidak pernah menepi atau berhenti untuk memotong jalan ke kanan?

Baca juga: Perhatikan hal ini sebelum menyalip kendaraan di jalan.

Ketika truk, bus atau kendaraan besar yang kamu belakangi menyalakan lampu sein kanan, itu artinya bahwa sopir memberikan kode kepada pengendara yang ada di belakangnya bahwa kondisi lalu-lintas dari arah berlawanan padat dan tidak ada celah untuk menyalip. Atau bisa juga berarti kendaraan yang didepan kamu akan menyalip kendaraan yang ada di depannya sehingga dia memberi kode dengan menyalakan lampu sein kanan nah saat kendaraan yang di depanmu menyalakan lampu sein kanan maka kamu jangan coba-coba untuk menyalipnya karena tidak ada celah untuk menyalip karena dia juga akan agak ke kanan  supaya bisa menyalip kendaraan yang  ada di depannya.

BAca juga: Truk dengan layar di belakangnya untuk melihat kendaraan dari arah berlawanan.

Nah seperti kejadian tadi sore saat saya perjalanan pulang kampung, ada seorang Ibu berada di belakang truk pengangkut BBM dan saya juga berada di belakang Ibu itu. Truk didepan itu terus menyalakan lampu sein kanan, karena saya sudah tahu artinya maka saya terus mengikuti truk itu tanpa melihat-lihat untuk mencari celah untuk menyalip. Namun Ibu itu terus mencari celah untuk menyalip dan pada kesempatan yang tidak memungkinkan untuk menyalip, Ibu itu mencoba menyalip truk BBM itu dan alhasil belum sempat menyalip truk tersebut dan baru sampai di pertengahan kendaraan sudah muncul nah jadilah Ibu itu kelabakan dan mengarahkan motornya ke sisi kanan jalan, untung pengendara yang dari arah berlawanan tidak ikut ke kanan untuk memberikan kesempatan pada Ibu itu jika tidak pasti terjadi kecelakaan.

Nah sekarang kamu sudah tahu bukan apa maksud dari kendaraan besar yang ada di depanmu terus menyalakan lampu sein kanan. Mungkin itu info kali ini tentang lalu-lintas, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Saat Mobil Besar Terus Menyalakan Lampu Sein Kanan itu Artinya?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih