Saya yang sial apa mereka yang mau curang?

Advertisement
Advertisement
Brosis, hari ini Sabtu, 2 Januari 2016 saya mau sedikit curhat dengan apa yang saya alami. Pagi hari tadi saya pergi ke kota Singaraja yang jaraknya sekitar 10 km dari desa tempat tinggal saya. Tujuan utama saya datang ke Singaraja adalah untuk transfer uang via atm BCA untuk membeli saldo pulsa yang saya jual di warung Bapak saya di rumah, Karena urusan transfer sudah selesai dan saldo pulsa sudah terkirim ke nomor saya. Mumpung masih di kota maka saya memutuskan untuk membeli celana dan akan ganti oli motor Vario Techno 125 FI saya. Pertama saya akan membeli celana dahulu. Saya masuk ke salah satu toko apparel adventure di perempatan Udayana karena ingin membeli celana model petualang.

Sampai di sana saya langsung parkir motor, buka helm dan kaca mata dan langsung masuk. Terlihat di sana ada seorang cewek duduk di meja kasir, rasanya seperti masuk ke kuburan karena tidak ada sapaan dari yang menunggu toko padahal sudah saling bertatap muka, setidaknya bilang selamat pagi atau apalah, bukanya saya gila hormat, cuma heran saja, sebagai pramuniaga kok tidak ada ramah-ramahnya sama pembeli. Setelah saya masuk ternyata ada lagi dua cowok yang sedang mengobrol, saat saya masuk tidak kelihatan karena tertutup oleh rak toko. Setelah itu mereka bertiga malah ngobrol dengan santainya. Karena sudah merasa tak nyaman akhirnya saya putuskan untuk membeli celana saja padahal saya rencananya mau beli jaket dan sandal tapi saya batalkan karena sudah tidak enak rasanya jadi pembeli di sana.

Setelah selesai berbelanja di sana saya putuskan untuk langsung menuju tempat service motor yang ada di Jalan WR. Supratman , Penarukan. Sampai sana saya langsung ke kasir untuk memberitahu kalau saya akan ganti oli motor vario saya dan saya disuruh menunggu. Beberapa saat motor saya sudah diambil dan diganti olinya dan dalam waktu singkat ganti oli pun selesai. Seperti biasa setelah ganti oli biasanya motor di taruh dulu di depan kasir untuk di cek tekanan angin ban dan juga remnya dan tidak lupa juga diisi stiker jadwal kilometer ganti oli selanjutnya.

Saat saya akan membayar di kasir saya cuma disuruh membayar sebesar Rp 40.000 tanpa di kasi nota dan saya pun bertanya, "apakah tidak mendapat nota?" setelah itu baru kasir cewek itu membuatkan saya nota manual dengan nama pembuat Didik, apakah ada cewek yang namanya Didik?. Pertanyaan saya apakah jika ganti oli saja tidak dibuatkan nota? Seharusnya setiap ada transaksi harus ada nota yang keluar dan setidaknya nota itu rangkap ada asli ada kopiannya. Namun kali ini saya cuma melihat nota yang ditulis oleh kasir hanya yang aslinya saja setelah itu langsung di kasi ke saya dan tanpa ada kopiannya dan tanpa ada kata terima kasih dari kasir tersebut. Setelah selesai di kasir saya ditunggu oleh montir dia menjelaskan ke saya sambil menunjukkan stiker yang ada di bawah jok, dia berkata "ingat ganti oli lagi pada kilometer ini ya Pak" dan saya cuma bilang iya dan terimakasih, setelah itu saya langsung pergi.
Saya yang sial apa mereka yang mau curang?

Banyak spekulasi dalam pikiran saya ketika saya tidak di kasi nota (setelah saya minta baru di kasi), kemungkinan motor saya tidak diganti olinya karena tidak ada nota dan uang yang saya berikan pada kasir itu akan masuk kantong pribadi entah kantong pribadi siapa, saya tidak tahu yang jelas uang saya tidak akan masuk ke perusahaan karena tidak ada barang (Oli) keluar maka otomatis tidak ada pemasukan berupa uang sebagai ganti atas keluarnya barang (bisa dianggap penjualan). Selain itu mungkin motor saya diganti olinya namun harga oli yang sebenarnya mungkin tidak Rp 40.000 bisa saja harga oli di bawah itu sehingga pada kopian nota akan ditulis sesuai dengan harga oli sebenarnya dari perusahaan jadi akan ada selisih harga yang saya bayar dengan harga asli dari oli dan selisih itu pasti akan masuk kantong pribadi karyawan di sana.

Nah itulah sedikit keluhan saya saat mengganti oli motor Vario Techno 125 FI saya di bengkel resmi yang sekaligus tempat membeli motor saya dulu, semoga bermanfaat dan tidak akan terjadi pada anda dimanapun anda ganti oli.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Saya yang sial apa mereka yang mau curang?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih