Kode Isyarat Tangan Saat Touring Naik Motor

Advertisement
Advertisement
Borsis, siapa sih yang tidak suka touring dengan motor kesayangannya? Saya yakin yang punya hobi touring pasti sangat bisa menjawab pertanyaan itu, saat touring itu banyak hal yang kita bisa nikmati saat perjalanan. Saya sendiri yang tidak pernah ikut touring dengan banyak orang maka saya tidak pernah tahu rasanya bagaimana touring bergerombol itu. Saya lebih suka touring sendirian dan jaraknya pun tidak begitu jauh-jauh. Namun meskipun begitu saya sangat senang kalau solo touring atau single fighter gitu orang bilang. Banyak sekali keuntungan solo touring ini, mulai dari ambil tujuan touring, kapan berangkat, mau kemana saja itu semua kita sendiri yang mengatur tanpa harus memikirkan siapapun.

Meskipun demikian untuk keamanan selama touring tetap harus mematuhi rambu-rambu lalu-lintas dan memperhatikan keadaan lingkungan jalan serta pengendara lain saat berkendara di jalan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan selamat sampai tujuan. Mungkin kamu sudah pernah touring bareng sama teman-teman kamu, tentu kamu sudah tahu beberapa aturan touring saat di jalan raya. Saat touring pasti ada pemimpin yang berada di depan yang memimpin kelompok dan memberikan beberapa kode saat di jalan supaya yang lain di belakangnya tahu situasi di depannya. Maka dari itu ada beberapa kode atau isyarat tangan dari biker yang berada paling depan kepada yang dibelakang untuk memberikan pemberitahuan. Berikut adalah beberapa kode tangan dan artinya saat touring.


Lengan lurus ke atas tepat di atas bahu, telapak tangan membuka menghadap ke depan, artinya Ikuti Saya


Jari telunjuk menunjuk ke arah tangki sepeda motor, artinya akan Isi BBM (bahan bakar minyak)


Lengan lurus mengayun ke atas. telapak tangan menghadap ke atas itu artinya Percepat Jalan atau percepat laju kendaraan


Jari dikepalkan, ibu jari di arahkan ke mulut helm itu artinya Berhenti akan Istirahat dan mulailah mengurangi kecepatan dan menepi


Lengan lurus ke samping sebatas bahu, jari telunjuk lurus, gerakan mengayun ke depan melewati helm, itu artinya sudah Berhasil sampai di Tujuan


Lengan lurus dengan sudut 45 derajat, telapak tangan ke depan menunjuk dengan jari telunjuk, mengayun dari belakang ke depan, dengan gerakan tangan sebatas di bawah bahu, itu artinya Mempersilakan yang dibelakang untuk ganti pemimpin barisan atau menyuruh yang di belakangnya untuk pindah ke posisi depan.


Lengan lurus ke samping bawah, telapak tangan menghadap ke bawah, gerakan mengayun ke bawah itu artinya Perlambat jalan.


Lengan ditekuk ke samping bawah, telapak tangan menghadap ke belakang, itu artinya Berhenti (STOP)


Lengan dan jari telunjuk diperpanjang lurus ke atas, itu artinya Bentuk satu barisan


Pada sebelah kanan, kaki kanan lurus ke bawah, pada sebelah kiri, tangan lurus ke bawah itu artinya Jalan Rawan Bahaya.

Nah itulah beberapa kode isyarat tangan dari biker yang ada di depan saat kita touring, semoga bermanfaat, bagi kamu yang mungkin belum tahu kode atau isyarat tangan saat touring.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Kode Isyarat Tangan Saat Touring Naik Motor"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih