Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Terhenti

Advertisement
Advertisement
Brosis, kali ini saya masih akan membahas tentang Android. Saat ini mungkin pengguna Smartphone dengan OS Android adalah terbanyak di dunia. Dari sekian banyak model mulai dari vendor dan begitu banyak pilihan dan dari sana juga ada banyak pilihan harga mulai dari harga di bawah satu juga bahkan sampai dengan harga di atas 9 jutaan, semua itu tidak menjamin kalau saat memakai smartphone tersebut tidak akan menemui masalah baik yang ringan maupun yang berkibat fatal.

Mungkin kamu juga pernah mengalami hal yang saya tulis seperti judul di atas, dimana tiba-tiba aplikasi yang sedang berjalan terhenti dengan sendirinya dan jika itu terjadi biasanya muncul pesan yang bertuliskan "Sayangnya aplikasi telah terhenti" dan jika lebih spesifikasi biasanya bertuliskan nama aplikasi yang sedang kamu pakai seperti "Sayangnya Kontak telah terhenti" dalam bahasa kerennya kejadian ini biasanya disebut Force Close atau berhenti dengan sendirinya.


Saya sendiri juga sering mengalami masalah aplikasi terhenti dengan sedirinya. Saya juga tidak tahu apa penyebab dari aplikasi berhenti dengan sendirinya, yang jelas hal ini kadang membuat kita jengkel. Beberapa hari lalu aplikasi yang sering error adalah aplikasi Blogger yang saya pasang pada tablet saya. Kadang aplikasi tersebut sama sekali tidak mau dibuka dan selalu bertuliskan "Sayangnya Aplikasi Blogger telah terhenti" namun hal itu tidak berlangsung lama karena saya sendiri sudah tahu bagaimana cara untuk mengatasi aplikasi yang terhenti ini, jika terjadi aplikasi terhenti dengan sedirinya maka saya akan melakukan hal di bawah ini.

Pertama coba Restart Smartphone Android, Jika pesan tersebut tiba-tiba muncul, langkah pertama cobalah untuk reboot android sobat, tujuan dari reboot atau mulai ulang ini adalah agar pemakaian RAM kembali ke 0 dengan harapan aplikasi akan berjalan normal kembali.

Kedua cobalah Clear cache aplikasi, Jika setelah direstart masih suka force close atau tetap sama saja, coba masuk ke settings, lalu pilih manager aplikasi dan pilih aplikasi yang sering force close atau menampilkan sayangnya aplikasi telah berhenti, kemudian pilih clear data dan clear cache dengan demikian kamu akan otomatis keluar dari aplikasi tersebut, silakan login ulang untuk bisa memakainya lagi.

Ketiga Coba install lagi aplikasi, Jika aplikasi yang kamu install baru baru ini, coba lakukan pencopotan aplikasi, kemudian install lagi. Bisa install lewat play store atau bisa download manual lewat browser, akan lebih aman jika unduh aplikasi lewat play store. Jika aplikasi tersebut adalah aplikasi bawaan, silakan lakukan update.

Nah itulah beberapa cara yang saya lakukan jika muncul pesan "sayangnya aplikasi telah terhenti" secara berkali-kali, kamu memiliki masalah yang sama dengan saya? Silakan coba tiga trik di atas, semiga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Terhenti"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih