Tips Sebelum Transfer Isi Blog Lama ke Blog Baru

Advertisement
Advertisement
Brosis, saya termasuk orang yang suka transfer isi blog lama ke blog baru dengan tujuan supaya isi blog yang baru langsung banyak jumlah postingannya. Biasanya yang saya pilih adalah label tertentu saja, misalnya tentang Pariwisata atau tentang Sepeda Motor yang selama ini sering saya lakukan. Selama beberapa kali mentransfer isi blog itu dari blog lama ke blog baru maka ada beberapa hal yang bisa saya ketahui tentang transfer blog ini terutama sesama platform blogger. Ada dua hal yang paling saya amati dalam hal transfer blog ini, yakni Link permanen (permalink) dari sebuah postingan dan cara merubah permalink pada blog baru terutama internal link yang berada dalam postingan.

Tips Sebelum Transfer Isi Blog Lama ke Blog Baru

Sebelumnya kita lihat dulu, saat membuat postingan pada blogger, saat kita akan membuat link atau tautan permanen, maka di sana ada dua pilihan yakni Tautan permanen otomatis dan Tautan permanen Khusus, saya rasa semua blogger sudah tahu apa fungsi dari kedua fitur tersebut jadi tidak perlu saya jelaskan lagi. Selain itu saat kita membuat postingan, kita juga suka membuat internal link pada sebuah postingan tersebut baik yang merujuk pada postingan itu sendiri maupun yang merujuk pada postingan yang lain yang masih ada kaitannya dengan tulisan tersebut. Nah kadang kedua hal ini yang menjadi masalah ketika kita mentransfer isi blog lama ke blog baru.

Hal yang terjadi dengan permalink saat isi blog ditransfer ke blog baru adalah sebagai berikut:
  • Jika kita membuat permalink otomatis pada blog lama maka permalink pada blog baru akan sama persis dengan permalink pada blog baru.
  • Jika kita membuat permalink khusus pada blog lama maka permalink pada blog baru akan berbeda, biasanya akan mengikuti permalink yang dibuat otomatis oleh sistem blogger.
Untuk menghindari poin dua, ada beberapa hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut
  • Supaya permalink tidak berubah saat isi blog ditransfer ke blog baru maka saat membuat pstingan jangan memakai tautan permanen khusus, pakai saja tautuan permanen otomatis.
  • Jika kadung sudah terlanjur membuat permalink khusus maka sebelum isi blog dipublikasikan pada blog baru maka kamu harus edit secara manual, jika tidak maka link lama pada internal link akan menjadi broken link yang bisa mengganggu kesehatan blog baru itu. Hal ini bisa dilakukan jika jumlah postingan masih sedikit, jika jumlahnya banyak mencapai ratusan maka akan memakan banyak waktu untuk mengedit internal link yang rusak.
  • Sebelum blog diimpor ke vblog baru, edit dulu file xml yang akan diimpor ke blog baru dengan notepad, setelah terbuka maka silakan pindah isi dari notepad itu ke microsoft word, setelah itu cari alamat blog lama dengan menggunakan fasilitas replace. Silakan cari alamat blog kamu yang lama ganti dengan alamat blog yang baru. Misalnya blog lama akriko.com silakan cari dulu akriko.com kemudian ganti semua akriko.com dengan alamat blog baru misalnya kapahjumah.com untuk merubahh bagian depan dari internla link pada postingan yang lama.
  • Contoh ini adalah permalink pada blog lama http://www.akriko.com/2013/09/air-terjun-nungnung.html jika akriko.com sudah di replace maka akan menjadi http://www.kapahjumah.com/2013/09/air-terjun-nungnung.html.
  • Jika sudah selesai maka silakan pindahkan lagi hasil edit yang ada di word ke notepad, setelah itu simpan dan jika sudah selesai baru impor file xml blog tersebut ke blog baru dan lihat hasilnya, internal link sudah mengikuti nama atau alamat blog yang baru.
  • Hal itu hanya berlaku untuk permalink otomatis, jika ada permalink khusus maka tidak akan berfungsi kecuali kamu edit secara manual karena seperti saya jelaskan di atas permalink khusus biasanya lebih panjang sedangkan permalink otomatis lebih pendek jadi internal link yang ada postingan bisa jadi lebih panjang dengan permalink postingan yang ada di blog baru.
Nah itulah cara merubah internal link postingan pada blog yang akan diimpor pada blog baru, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Tips Sebelum Transfer Isi Blog Lama ke Blog Baru"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih