Membuat Komunitas Blogger dari Buleleng dengan Nama Singaraja Blogger

Advertisement
Advertisement
Brosis, ngeblog saat ini sudah menjadi kegiatan rutin saya, setiap hari saya berusaha membuat postingan tentang apa saja pada blog yang saya kelola yang sudah hampir berumur 4 tahun. Blog yang saya rintis mulai dari tahun 2010 ini merupakan blog yang lahir atas dasar penasaran dan rasa ingin tahu saya terhadap blog. Maka dari itu saya putuskan untuk membuat blog dengan platform Blogger karena saat itu yang saya tahu cuma blogger saja. Setelah berhasil mendaftar di blogger dengan akun google yang saya punya, maka saya mulai bingung untuk menulis apa di blog saya tersebut.

Untuk bisa posting di blog, karena tidak tahu harus menulis apa yang keluar dari ide diri sendiri, maka saya putuskan untuk mencari artikel di blog lain dan saya posting ulang di blog atau copas (Copy Paste). Setelah lama tidak tahu menulis apa-apa di blog akhirnya blog tersebut terbengkalai tanpa tersentuh apapun. Nah pada awal tahun 2012 saya mulai membangkitkan lagi jiwa ingin tahu saya tentang blogger ini. Mulai tahun 2012 itu saya mulai berusaha untuk menulis dari pemikiran saya sendiri dengan topik apapun, mulai dari curhat, tentang BBM, sepakbola dan lain-lain.

Membuat Komunitas Blogger dari Buleleng dengan Nama Singaraja Blogger

Semenjak itu saya mulai terus menulis dengan topik yang ringan-ringan saja, karena saya tidak mau ribet mengurus blog ini. Karena penasaran saya juga berniat untuk membeli domain pribadi atau domain khusus untuk dipasang pada blog saya dengan tujuan untuk menghilangkan embel-embel blogspot pada blog saya. Sebelumnya blog saya memiliki alamat akriko.blogspot.com supaya blogspotnya hilang saya membeli domain akriko.com dan kebetulan masih tersedia akhirnya saya langsung beli domain tersebut dan langsung saya pasang pada blog saya, sehingga sejak saat itu alamat blog saya berubah menjadi www.akriko.com tetapi masih memakai hosting gratis dari blogger. Sampai saat ini saya masih berusaha untuk terus bisa posting tulisan di blog.

Hari ini Minggu, 20 Desember 2015 saya penasaran, kebetulan sekarang saya lebih banyak tinggal di kampung yakni di Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng yang kotanya terkenal adalah Kota Singaraja sebagai Ibu Kota Kabupaten Bueleleng. Hari ini saya penasaran dengan Blogger di Singaraja Buleleng, kira-kira ada tidak komunitas Blogger di Singaraja atau di Buleleng? Untuk mengobati rasa penasaran itu saya pun mencari di google dengan kata kunci Blogger dari Singaraja atau Blogger dari Buleleng, tetapi hasilnya nihil, tidak ada komunitas Blogger di Singaraja atau Buleleng.

Namun dari hasil pencarian tersebut saya melihat hasil pencarian yang terbilang masih baru yakni tertanggal 2 November 2015 dan ada kaitannyan dengan Kpta Singaraja Kabupaten Buelelng. Setelah saya klik ternyata isinya tentang Diklat pembuatan blog untuk perangkat desa atau kelurahan Kabupaten Buleleng  yang berlangsung di Singaraja pada tanggal 3 November 2015. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang lab komputer kantor dinas Kominfo Kabupaten Buleleng yang diikuti oleh kurang lebih 10 peserta dari beberapa kelurahan di Kabupaten Buleleng. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.00 Wita, dibuka oleh salah satu Kasi penerapan Informasi pada Dinas Kominfo Kabupaten Buleleng. Dalam pelatihan ini peserta di bimbing oleh instruktur jaringan yang sudah berpengalaman yang merupakan pegawai dari Dinas yang bersangkutan.

Ternyata tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian di segala bidang, salah satunya adalah peningkatan pengetahuan tentang kecanggihan teknologi karena dewasa ini sebagai pelayan masyarakat dituntut untuk terus meningkatkan kemampuannya itu. Untuk itu pemerintah dalam hal ini yang ditunjuk adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buleleng mengadakan pelatihan pembuatan blog untuk para aparat desa/kelurahan di Kabupaten Buleleng. Pelatihan ini wajib diikuti oleh 2 orang staf yang membidangi pada masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Buleleng.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan masing-masing desa/kelurahan mempunyai blog untuk mempublikasikan profil desa/kelurahan, potensi desa/kelurahan dan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan oleh desa/kelurahan tersebut. Blog ini dapat dikatakan sebagai surat kabar elektronik tentang desa/kelurahan yang ada di kabupaten Buleleng yang bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja lewat perangkat yang bisa mengakses internet.

Saya sendiri baru tahu kalau ada kegiatan seperti itu untuk pemerintah Kabupaten Buleleng, kira-kira untuk di desa saya waktu itu ada yang mewakili? Saya harpa dengan adanya Diklat tersebut bisa menumbuhkan perkembangan informasi yang cepat dari pihak desa kepada warganya yang saat ini sudah mulai kritis dengan keadaan Desa dan sudah mulai meminta transparansi atas kegiatan yang dilakukan oleh pihak Desa. Jika ada perangkat desa yang mau belajar memahami masalah teknis tentang blog dengan saya, maka dengan senang hati saya akan membantunya, dan mari kita buat komunitas blog untuk wilayah Singaraja atau Buleleng.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Membuat Komunitas Blogger dari Buleleng dengan Nama Singaraja Blogger"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih