Mekanisme Pembagian SIM C Tahun 2016

Advertisement
Advertisement
Brosis, beberapa bulan lalu saya sudah pernah menulis tentang pembagian dari SIM C ini, tepatnya pada bulan Mei 2015 lalu dengan judul Nanti SIM C akan ada tiga jenis. Pada tulisan tersebut SIM C yang akan di bagi 3 yang hanya baru sekedar wacana saja yang didasarkan pada kapasitas mesin motor yang akan dikendarai. Selama ini SIM C memang khusus untuk sepeda motor saja entah itu motor dengan kapasitas mesin kecil atau sampai motor dengan kapasitas besar (Moge) semuanya menjadi satu. Untuk tahun depan pembagian SIM C ini Nantinya akan di bagi menjadi tiga yaitu SIM C untuk motor di bawah 250 cc, SIM C1 untuk motor antara 250-500 cc dan SIM C2 khusus untuk sepeda motor di atas 500 cc.
Mekanisme Pembagian SIM C Tahun 2016
SIM C hanya ilustrasi
Nah bagaimana mekanisme pembagian SIM C ini dan bagaimana cara mendapatkan SIM C, SIM C1 dan SIM C2 ini? Seperti yang dikutip dari kompas otomotif, mekanisme SIM C untuk tahun depan adalah seperti berikut ini. Untuk mendapatkan SIM C1 dan C2, pengguna motor wajib memiliki SIM C terlebih dulu. Sebab, SIM C itu sifatnya sebagai dasar. Setelah itu, bikers akan melewati tahap ujian yang berdasarkan kapasitas motor miliknya.

Setelah mendapatkan SIM C1 atau C2, SIM C-nya itu akan ditarik dan diganti dengan SIM baru yang mereka buat berdasarkan kapasitas mesin sepeda motornya. Kalau yang belum punya SIM C tidak bisa bikin SIM C1 dan C2. dengan begitu, pengguna sepeda motor tidak akan ada yang memiliki SIM ganda karena SIM lamanya akan ditarik.

Nantinya itu, yang punya SIM C1 bisa mengendarai motor dengan kapasitas hingga 500 cc dan C2 bisa mengendarai motor dari 500 cc ke atas, atau bisa juga di bawah 500 cc karena SIM C2 itu paling tinggi,

Jadi kesimpulan menurut saya adalah,

  1. Untuk mendapatkan SIM C1 atau SIM C2 maka syaratnya adalah harus punya SIM C yang levelnya berada di bawahnya, misalnya untuk mencari SIM C1 harus punya SIM C,  jika sudah punya SIM C1 maka baru bisa mencari SIM C2.
  2. SIM C tetap hanya satu tidak ada orang yang akan punya SIM C lebih dari satu.
  3. Jika mencari SIM C dengan level lebih tinggi, maka SIM C yang berada di bawahnya akan di cabut
  4. Jika hanya punya SIM C maka hanya bisa mengendarai sepeda motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc.
  5. Jika sudah punya SIM C1 maka sudah bisa mengendarai sepeda motor dengan kapasitas mesin dibawah 250 cc dan juga di atasnya sampai dengan 500 cc.
  6. Jika sudah punya SIM C2 maka bisa mengendarai motor dengan kapasitas mesin berapa pun.
Nah sudah jelaskan bagaimana mekanisme pembagian dari SIM C untuk tahun 2016 mendatang? semoga bermanfaat. 
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Mekanisme Pembagian SIM C Tahun 2016"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih