Manfaat Minum Kopi Setiap Pagi

Advertisement
Advertisement
Minum 1 gelas kopi setiap pagi sudah menjadi kebiasaan saya sejak hampir 2 tahun yang lalu, kopi yang saya minum adalah kopi hitam olahan pabrik rumahan. Waktu saya masih tinggal di Denpasar, saya minum kopi hanya sekali dalam sehari dengan takaran 1 mug besar. Setiap pagi sebelum memulai aktivitas saya selalu sarapan kopi ditambah snack atau kue, kalau ada saya biasanya pakai Jaje Bali supaya cukup untuk mengganjal perut sampai jam makan siang tiba saat bekerja. Namun saat ini saya tinggal di kampung, kebiasaan itu masih berlanjut, setiap pagi saya membuat satu gelas kopi dan sekarang snacknya pisang goreng (Godoh Bahasa Baline) atau pisang diganti dengan ketela (Godoh Selo) kebetulan punya warung dan setiap pagi Ibu bikin pisang goreng untuk dijual.


Awalnya saya minum kopi karena tidak ada minuman lain yang bisa dipakai sarapan, hingga akhirnya menjadi kebiasaan sampai sekarang dengan meminum kopi di pagi hari. Saya juga tidak tahu manfaat minum kopi, yang ada minum kopi itu sebagai sarapan dan juga teman di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Namun saat ini saya mencoba memahami, apakah minum kopi itu ada manfaatnya dan juga ada kerugiannya? Pagi ini saya mencoba mencari artikel tentang manfaat minum kopi dan akhirnya menemukan beberapa manfaat minum kopi di pagi hari. Seperti apa manfaat minum kopi hitam di pagi hari, berikut penjelasannya yang saya kutip dari berbagai sumber.

1. Melindungi Jantung
Peminum kopi yang mengonsumsi 1-2 cangkir kopi hitam per hari memiliki risiko terkena stroke lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Hal ini disebabkan oleh adanya antioksidan yang terkandung dalam kopi. Kopi memiliki antioksidan lebih banyak dibandingkan blueberry. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri. Sesaat setelah meminumnya, kopi meningkatkan tekanan pada darah dan denyut jantung. Namun setelah beberapa lama, kopi justru menurunkan tekanan darah, karena antioksidan pada kopi mengaktifkan asam nitrat pada tubuh sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah.

2. Mencegah diebetes
Antioksidan kopi, khususnya asam klorogenat dan guinides, memainkan peranan untuk meningkatkan sel tubuh terhadap insulin yang membantu mengatur gula darah. Faktanya, orang yang minum kopi setiap harinya memiliki risiko lebih rendah terkena 2 tipe diabetes, menurut beberapa penelitian.

3. Menjaga kesehatan hati
Kopi juga bisa meminimalkan risiko munculnya sirosis dan penyakit hati lainnya. Satu analisa dari sembilan penelitian menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hari sebanyak 43%. Hal ini karena peran antioksidan dan kafein di dalamnya.

4. Meningkatkan kekuatan otak
Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko demensia dan Alzheimer, sama halnya seperti Parkinson. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.

5. Membantu menghilangkan sakit kepala
Penelitian membuktikan, 200 miligram kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain. Walaupun begitu belum ada penelitian yang membuktikan bagaimana cara kafein menghilangkan sakit kepala, namun para peneliti meyakini bahwa kafein meningkatkan aktivitas sel otak yang mengakibatkan pembuluh darah di sekitarnya menegang.

6. Meningkatkan kesuburan pria
Manfaat Minum Kopi Hitam di Pagi Hari membuat Sperma Deras dan Lincah, Hasil dari Penelitian
Bagi pecandu kopi, secangkir kopi di pagi hari bisa mendongkrak gairah dan semangat untuk beraktivitas. Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh University of Sao Paulo, Brasil, menemukan bahwa minum kopi pahit di pagi hari juga bermanfaat untuk kesuburan pria.

Selain beberapa manfaat di atas minum kopi juga memiliki efek negatif, kandungan kafein yang ada pada kopi membuat orang kencanduan. Misalnya kamu terbiasa minum 1 gelas kopi di pagi hari, namun karena alasan tertentu kamu tidak minum kopi di pagi hari, nah saat itu kamu akan mengalami sakit kepala tanpa tahu penyebabnya. Saya sering mengalami hal ini, ketika saya tidak minum kopi di pagi hari, siangnya atau sorenya kepala saya sakit. Makanya orang yang sudah terbiasa minum kopi di pagi hari, akan berusaha untuk tidak lupa minum kopi, takut efek negatif dari kopi ini akan muncul tiba-tiba, seperti sakit kepala.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

1 Response to "Manfaat Minum Kopi Setiap Pagi"

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih