Cara Membaca Angka Pada Ban Motor

Advertisement
Advertisement
Ban adalah bagian penting dari sebuah kendaraan bermotor baik roda 2 atau roda 4 yang mempunyai fungsi khusus dan sangat penting dalam peranannya menentukan keselamatan dalam berkendara. Sehubungan dengan fungsi ban pada kendaraan yang sangat penting, maka perlu mengetahui cara membaca kode ban, cara pemakaian dan perawatan ban yang lebih baik agar tidak hanya diperoleh manfaat keselamatan saja, tetapi juga manfaat keekonomisan, manfaat kenyamanan, dan sebagainya. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi tentang Cara Membaca Kode Ban Terbaik untuk anda ketahui.

Selama ini kamu mungkin masih bingung dengan angka yang tertulis pada ban motor, sehingga pada saat mengganti ban kamu bingung mengatakan kepada montir atau staff toko ban ketika kamu mau membeli ukuran ban yang akan dipakai pada sepeda motor kesayangan kamu. Padahal selama ini secara umum ukuran ban ditunjukkan dengan menyebutkan angka seperti 250, 275, 300 ,350, 400 dan seterusnya dan montir pun mengerti dengan ukuran ban yang disebutkan tadi, semakin besar angkanya maka ban pun akan semakin lebar.  Namun saat ini angka yang tertulis pada ban seperti berbeda, di sana terdapat angka yang terdiri dari beberapa bagian dan kadang membuat bingung para pembacanya yang awam tentang hal itu.


Misalnya untuk contoh pada ban tertulis angka seperti berikut 120/70-17 angka tersebut artinya lebar ban adalah 120 mm, tinggi ban adalah 70 mm. Sedangkan untuk angka 17 menandakan ukuran inci yang disamakan dengan besar lingkaran pelek motor yang digunakan. Selain cara itu ada juga tulisan lain seperti yang sebelumnya saya sebutkan di atas yakni dengan menggunakan kode 2.75-18 inci. Sebenarnya sama saja cara membacanya, 2.75 menunjukkan lebar ban dan 18 inci adalah lingkaran pelek yang digunakan. Bila tidak ada angka kedua yang menunjukkan ketinggiannya seperti 70/90, biasanya rasio ketinggiannya dianggap 100 persen.

Selain angka dimensi ban, keterangan yang lain juga menjelaskan mengenai tanggal produksi atau pembuatan ban itu sendiri. Umumnya hal ini tertulis dengan kode atau kombinasi empat angka yang urutan masing-masing menjelaskan minggu pembuatan dan tahun pembuatannya. Jadi ketika kamu membeli ban, pilihlah kode produksi ban yang paling mendekati dengan hari pembelian kamu. Jika kamu mendapatkan ban dengan kode produksi yang sudah lama, maka dijamin kinerja ban sudah tidak maksimal lagi karena karet pada ban mungkin sudah tidak bagus lagi.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Membaca Angka Pada Ban Motor"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih