Buleleng Punya Pantai Namanya Pantai Gajah?

Advertisement
Advertisement
Hai ini saya melihat postingan di facebook tentang daerah tujuan wisata yang baru di Buelelng. Katanya di Buleleng ada pantai yang memiliki batu besar yang menyerupai seekor gajah. Entah siapa yang pertama kali mneyebar berita ini, yang jelas setelah saya telusuri di facebook ada akun yang bernama Alexander Van Der Cook, pada akun itu ada postingan gambar batu berbentuk gajah dengan caption  seperti ini "Tak Pernah Kusangka, ternyata di Buleleng Barat ada Pantai Nan Indah dimana penduduk setempat menyebutnya " PANTAI GAJAH " foto itu diunggah pada hari Jumat tanggal 18 Desember 2015. Pada postingan tersebut banyak yang membantah kalau di Buleleng tidak ada pantai yang ada batu yang berbentuk gajah. Kemudian ada juga yang berkomentar yang mencoba mengklarifikasi dengan mengirim sebuah link yang berisi tentang pantai tersebut.

Buleleng Punya Pantai Namanya Pantai Gajah?

Karena saya tidak tahu apa nama lokasi tersebut, maka saya memakai cara saya untuk mencarinya di internet yakni dengan memakai gambar untuk pencarian di google. Setelah saya mencari fakta dan data tentang foto yang katanya salah satu pantai yang ada di Buleleng tersebut, akhrinya saya menemukan hasilnya. Foto yang diunggah itu adalah foto Elephant Rock di Taranaki Coast, New Zealand. Setelah itu saya pun kaget, ternyata masih ada banyak batu yang berbentuk gajah seperti itu dan pastinya tidak ada di Buleleng. Jadi berita atau info tentang adanya pantai gajah di Buelelng itu Hoax alias tidak benar yang ada di Buleleng itu pantai Lovina yang paling terkenal dengan Lumba-lumbanya.

Mumpung bicara masalah batu yang mirip bentuk gajah ini, tanpa disadari dalam kehidupan kita sehari-hari sebenarnya akrab dengan yang namanya fenomena 'Pareidolia'. Pareidolia adalah suatu fenomena psikologis dimana otak mempersepsikan apa yang sedang kita saksikan dengan apa yang pernah kita lihat atau alami sebelumnya. Ketika kita melihat sesuatu yang masih terlihat samar atau belum pasti kesimpulan kita sering kali berkutat pada sesuatu yang pernah kita lihat atau alami sebelumnya, misalnya seperti kemunculan piring terbang, penampakan hantu, dan sebagainya.

Selain yang disebutkan batu di atas, ternyata masih banyak bentuk batu seperti gajah di atas. Formasi bebatuan alam raksasa yang mirip dengan gajah sehingga, bila dilihat dari kejauhan seolah melihat gajah raksasa. Padahal itu bukanlah gajah nyata. Berikut beberapa foto yang saya dapat dari internet bentuk batu yang mirip dengan gajah raksasa.

Elephant Rock di Islandia 

Elephant Rock di Dekat Madain Shaleh, Saudi Arabia


Elephant Rock di Prince Edward Island


Elephant Rock di Castelsardo, Sardinia, Italia


Elephant rock dekat Prilep, Republic Macedonia


Elephant Rock di Hartlepool Headland, Inggris


Elephant Rock di Youf-Ehakit Area, Sahara, Algeria


Elephant Rock di Hutan Batu Shilin China


Elephant Rock dekat Monumen Point, Utah, Amerika


Elephant Rock di Brandberg Mountain, Namibia


Elephant Rock di Cederberg, Namibia


Nah itulah beberapa batu raksasa yang mirip dengan bentuk gajah, semoga bermanfaat, sekali lagi saya tekankan bahwa postingan yang ada di facebook yang mengatakan di Buleleng ada pantai gajah itu bohong atau Hoax, terima kasih.


Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Buleleng Punya Pantai Namanya Pantai Gajah?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih