Beberapa Istilah yang ada pada Google Adsense

Advertisement
Advertisement
Sebagai penayang iklan pada blog yang dikelola sehingga bisa menghasilkan uang atau sering juga disebut sebagai Publisher terutama untuk Google Adsense (GA). Saya yang sudah hampir dua tahun sebagai Publisher dari GA ini kadang masih suka lupa dengan beberapa hal yang ada dalam Google Adsense ini. Mungkin kamu juga kasus yang sama dengan saya, karena tidak begitu fokus dalam mengelola Google Adsense ini sehingga tidak terlalu memperhatikan beberapa istilah yang ada pada GA tersebut. Tetapi bagi mereka yang benar-benar fokus pada Adsense ini, merek selalu memperhatikan kinerja unit iklan yang mereka pasang pada blog mereka.


Saat ini saya selalu melihat kinerja unit iklan yang ada pada blog dengan aplikasi Adsense untuk Android, dari sana banyak sekali informasi yang bisa dilihat. Namun sekali lagi tidak begitu memperhatikan, yang paling sering dilihat mungkin taksiran penghasilan saja, sebenarnya masih banyak informasi yang bisa dilihat dari aplikasi Adsense untuk Android tersebut. Nah berikut akan saya jelaskan beberapa istilah yang ada pada Google Adsense.

  1. Estimated Earning atau Taksiran penghasilan artinya pada bagian tersebut akan memperlihatkan berapa besar penghasilan GA kamu. Pada bagian ini juga akan memperlihatkan penghasilan kamu pada hari ini, hari kemarin, selama bulan berjalan, penghasilan bulan lalu dan penghasilan GA kamu sepanjang menjadi publisher. Pada bagian tersebut kamu juga melihat perbandingan penghasilan kamu apakah mengalami kenaikan atau penurunan yang ditunjukkan dengan nilai prosentase. Jika angka prosentase berwarna merah maka penghasilan turun dan jika angka prosentase warna hijau maka penghasilan naik dari periode sebelumnya.
  2. Page Views atau Tampilan Laman artinya bagian yang menunjukkan tampilan laman dari blog yang kamu monetisasi dengan memasang unit iklan dari GA. Pada bagian ini juga menampilkan perbandingan tampilan laman kamu apakah mengalami kenaikan atau penurunan yang ditunjukkan dengan nilai prosentase, jika angka prosentase berwarna merah maka tayangan turun dan jika angka prosentase warna hijau maka tampilan laman naik dari periode sebelumnya.
  3. Impressions atau Tayangan artinya bagian yang menunjukkan jumlah penayangan atau penampilan iklan berupa angka. Pada bagian ini juga menampilkan perbandingan tampilan iklan kamu apakah mengalami kenaikan atau penurunan yang ditunjukkan dengan nilai prosentase, jika angka prosentase berwarna merah maka tayangan iklan turun dan jika angka prosentase warna hijau maka tampilan iklan naik dari periode sebelumnya.
  4. Clicks atau Klik artinya berapa kali iklan yang ada pada blog kamu di klik oleh pengunjung blog, semakin banyak klik tentu senakin banyak pengasilan. Pada bagian ini menunjukkan keseluruhan klik, meski kamu memasang beberapa unit iklan pada blog kamu. Pada bagian ini juga menampilkan perbandingan jumlah klik iklan kamu apakah mengalami kenaikan atau penurunan yang ditunjukkan dengan nilai prosentase, jika angka prosentase berwarna merah maka jumlah klik iklan turun dan jika angka prosentase warna hijau maka jumlah klik iklan naik dari periode sebelumnya.
  5. Page Click Through Rate (CTR) Laman Rasio Klik Tayang (RKT) artinya adalah menghitung persentase kemungkinan iklan kita di klik dari jumlah halaman yang tampil. Rumusnya adalah jumlah Clicks dibagi Page Views (PV) di kali 100 (menunjukkan Prosentase) Contoh: PV 892, jumlah klik 10 kali, maka hasil CTR adalah sebagai berikut 10/892 x 100 = 1.12 %. 
  6. Impressions Click Through Rate (CTR) Tayangan Rasio Klik Tayang (RKT) artinya adalah menghitung persentase kemungkinan iklan kita di klik dari jumlah penayangan iklan yang tampil. Rumusnya adalah jumlah Clicks dibagi Impressions di kali 100 (menunjukkan Prosentase) Contoh: Impressions 3657, jumlah klik 10 kali, maka hasil CTR adalah sebagai berikut 10/3675 x 100 = 0.27 %. 
  7. Cost Per Click (CPC) atau Biaya per Klik (BPK) adalah bagian yang menunjukkan berapa besar pendapatan kita dalam sekali klik ketika ada visitor blog yang mengklik iklan. Jumlah CPC ini tidak pernah sama, akan selalu berubah-ubah dalam setiap waktu. Makanya ada jumlah penghasilan yang berbeda meskipun jumlah klik lebih banyak dari hari sebelumnya atau sebaliknya meski jumlah klik sedikit tapi penghasilan bisa lebih besar, nah itulah pengaruh dari CPC atau BPK ini.
  8. Page Revenue Per Mille (RPM) atau Pendapatan per seribu Tayangan Laman (RPM) berfungsi untuk mengetahui berapa penghasilan kita dalam 1.000 kali tampilan laman blog. Kita akan menerima pembayaran jika laman blog kita sudah tampil 1000 kali dan jumlah RPM atau RKT ini pun tidak pernah sama dalam setiap waktu. 
  9. Impressions Revenue Per Mille (RPM) atau Pendapatan per seribu Tayangan Iklan (RPM) fungsinya tidak jauh beda dengan Page RPM, bagian ini  untuk mengetahui berapa penghasilan kita dalam 1.000 kali tampilan iklan pada blog. Kita akan menerima pembayaran jika iklan kita pada blog sudah tayang 1000 kali dan jumlah RPM atau RKT ini pun tidak pernah sama dalam setiap waktu.
Nah itulah beberapa istilah yang ada pada aplikasi Google Adsense untuk Android, jika sudah mengetahui arti dan fungsi dari beberapa istilah dari GA baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, maka kamu bisa mengetahui atau menghitung berapa penghasilan kamu dalam sehari. Dari beberapa istilah di atas maka kamu juga bisa mengetahui beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besar atau kecilnya penghasilan GA kamu seperti besarnya CPC dan jumlah Clicks.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Beberapa Istilah yang ada pada Google Adsense"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih