Jelang Musim Hujan, Cek Lima Komponen ini Pada Motor

Advertisement
Advertisement
Saat ini memang turunnya hujan belum begitu intens dan bahkan di beberapa wilayah hujan sama sekali belum turun, misalnya di daerah Denpasar, sampai saat masih belum ada turun hujan. Sebenarnya sudah banyak sekali orang yang berharap sudah turun hujan pada bulan November ini karena bulan ini harusnya sudah masuk musim hujan dan bukan musim kemarau lagi. Tapi meskipun demikian panas di kota Denpasar belum bisa tersingkirkan karena belum adanya hujan yang turun untuk membasahi tanah di kota Denpasar dan segala yang ada di muka bumi.

Jelang Musim Hujan, Cek Lima Komponen ini Pada Motor

Nah bagi kamu yang sehari-hari beraktivitas dengan mengendarai sepeda motor, saat hujan datang dengan intens maka ada beberapa komponen motor yang harus kamu perhatikan supaya kondisi motor tetap prima jika diajak menerjang jalanan yang basah dan berair saat musim hujan sudah benar-benar-benar datang.

Kemungkinan ada beberapa komponen motor kamu yang sudah tidak layak pakai lagi dan memerlukan perbaikan dan bahkan mungkin harus diganti karena pemakaian pada saat musim kemarau yang panjang. Selain dengan melakukan perawatan berkala seperti service berkala dan juga ganti oli secara berkala, sebaiknya jika harus mengganti komponen motor maka gunakanlah komponen yang asli yang direkomendasikan oleh pabrikan. Berikut adalah beberapa komponen yang harus diperhatikan supaya kondisi motor tetap prima saat dipakai pada musim hujan.

  1. Oil Seal atau Dust Seal, Seal pada kendaraan berperan penting agar debu atau air tidak masuk ke dalam komponen dan menimbulkan kerusakan pada motor. Jika dust seal yang terdapat pada roda sudah tidak layak pakai, maka dapat menyebabkan air masuk ke area bearing atau bantalan roda, jika hal itu terjadi maka dapat menimbulkan korosi yang bisa membuat bearing oblak atau berputar secara tidak normal.
  2. Ban, pastikan kondisi ban dalam kondisi baik, salah satu indikatornya adalah keausan permukaan ban. Jika sudah tipis, traksi terhadap permukaan jalan akan berkurang, sehingga dalam kondisi jalan basah dapat menyebabkan pengendalian motor menjadi sulit dan bisa menyebabkan pengendara jatuh. Saat melakukan pergantian ban, pastikan arah rotasi ban sudah benar.
  3. Cap Supressor/Tutup Busi, bagian ini berperan penting untuk mencegah motor mogok saat melintasi genangan air yang tinggi. Jika karet yang terdapat pada tutup busai sudah keras, sangat disarankan untuk segera diganti agar sistem pengapian pada motor dapat berfungsi dengan baik.
  4. Rem, Komponen sepeda motor paling vital ini jangan sampai terlewatkan untuk diperiksa. Tak sedikit pengendara sepeda motor tak bisa mengendalikan motornya saat melakukan proses pengereman karena rem tidak berfungsi dengan baik, segera lakukan perbaikan rem dan jika perlu melakukan pergantian kampas rem jika rem sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal ini penting karena saat kondisi hujan kita membutuhkan handling pengendaraan yang baik, jika kampas rem sudah tipis ketika akan mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan akan menjadi lebih sulit.
  5. Lampu, komponen lampu yang terdapat pada sepeda motor berfungsi sebagai indikator dan penunjuk arah saat motor dipakai seperti lampu utama, lampu sein dan lampu rem. Jika salah satu lampu tidak berfungsi maka akan sangat membahayakan pengendara tersebut maupun pengendara yang lainnya, apa lagi saat hujan, jarak padang pengendara akan berkurang.
Itulah lima komponen sepeda motor yang perlu diperhatikan ketika akan menjelang musim hujan datang, jangan sampai terlambat untuk mengetahuinya sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka dari itu segeralah periksa komponen kendaraan kamu supaya lebih siap untuk menerjang musim hujan yang mungkin akan segera tiba dan satu lagi, selalu siapkan jas hujan pada motor, supaya saat turun hujan dan naik motor kamu bisa terhindar dari guyuran hujan, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Jelang Musim Hujan, Cek Lima Komponen ini Pada Motor"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih