Inilah Bedanya Bos dan Pemimpin

Advertisement
Advertisement
Dalam dunia kerja ketika kamu masih sebagai karyawan biasa yang level-nya masih sebagai staff yang masih memiliki atasan, tentu harus bisa memposisikan diri sebagai staff. Dalam hal ini kita hanya mengerjakan tugas dan kewajiban kita sebagai karyawan yang sudah diberikan oleh perusahaan sesuai dengan job description.

Kita sebagai staff tentu memiliki atasan yang menjadi panutan kita dalam bekerja di kantor. Banyak tipe atasan yang bisa kita jumpai dalam sebuah perusahaan. Dalam satu perusahaan mungkin kamu sudah bisa menilai bagaimana atasan di divisi ini dan bagaimana atasan di divisi itu nah dengan demikian kamu bisa menyimpulkan atasan seperti apa yang diinginkan oleh anak buahnya supaya anak buah bisa bekerja dengan nyaman dan bisa memaksimalkan kemampuannya dan bisa mencapai target yang dibebankan oleh perusahaan.

Inilah Bedanya Bos dan Pemimpin dan sudah pasti kebanyakan orang memilih Pemimpin bukan Bos

Kadang dalam perusahaan bisa jadi Owner langsung jadi pimpinan dan Bos kadang ada juga teman dekat Bos yang menjadi atasan. Dalam dunia kerja seperti itu kadang lebih banyak yang diktator tanpa ada aturan yang jelas. Dalam dunia kerja ada dua jenis atasan yang bisa disebut Bos atau Pemimpin nah berikut adalah beberapa perbedaan antara atasan yang berjiwa Bos dengan atasan yang berjiwa Pemimpin.

Untuk mencapai target
  • Seorang Bos hanya akan mendorong para karyawan untuk mencapai target tersebut tanpa mau tahu bagaimana karyawan bekerja yang penting adalah hasil akhir.
  • Seorang Pemimpin yang baik, ia akan memberi semangat dan menanamkan dorongan untuk selalu bekerja keras kepada bawahannya dan memperhatikan bagaimana karyawannya bekerja, jika ada kendala maka akan sebisanya mungkin memberikan solusi.
Dalam hal SDM yang merupakan aset penting sebuah perusahaan.

  • Seorang Bos hanya dapat memerintah saja tanpa membantu karyawan untuk meningkatkan kualitasnya dan cenderung tidak peduli dengan keadaan bawahannya dan bahkan mengkerdilkan bawahannya.
  • Seorang Pemimpin akan membantu karyawan untuk mengembangkan kualitas mereka dan tidak membuangnya setelah sukses dan selalu memberikan masukkan untuk sebuah kesuksesan untuk mencapai karir yang lebih, baik ditempat kerja sekarang maupun di tempat lain.

Dalam pekerjaan.

  • Seorang Bos selalu mengandalkan kekuasaannya yang seperti otoriter tanpa bisa ditentang.
  • Seorang Pemimpin cenderung mengandalkan kerjasama dan selalu memberikan kesempatan bagi bawahannya untuk berkreasi.
  • Kehadiran seorang Bos ditempat kerja akan membuat karyawan merasa jemu dan tidak lepas dalam bekerja dan selalu merasa dalam tekanan saat bekerja.
  • Seorang Pemimpin yang mampu mengayomi para karyawannya kehadirannya membuat pekerjaan terasa menyenangkan dan bisa bekerja dengan baik dan dalam situasi yang kondusif.

Pemikiran dalam menghadapi masalah.

  • Seorang Bos menganggap sebuah masalah sebagai musibah yang dapat membuat perusahaannya hancur. Ia bahkan tidak mempercayai karyawannya mampu menyumbangkan solusi untuk sebuah masalah yang sedang dihadapi.
  • Sedangkan seorang Pemimpin cenderung menghadapi masalahnya dengan tenang karena masalah yang datang akan ia jadikan kesempatan untuk membuktikan bahwa perusahaannya mampu mengatasi masalah dengan bersatu padunya para karyawan dan dirinya sebagai satu team yang solid sehingga dengan demikian setiap karyawan tahu masalah apa yang sedang dihadapi dan bagaimana menyelesaikan sebuah masalah dengan meminimalkan kerugian atas musibah tersebut.
Dalam pergaulan di lingkungan kantor
  • Seorang Bos hanya akan bergaul dengan orang yang se-level dengannya dan jarang akan mau berbaur dengan bawahannya sehingga kadang komunikasi kurang antara Bos dengan bawahan dalam hal diluar pekerjaan.
  • Seorang Pemimpin tentu akan bisa mengatur waktu kapan harus bersama orang yang se-level dan kapan harus berbaur dengan bawahannya sehingga bisa terjalin komunikasi dan keakraban antara atasan dan bawahan.
Secara umum dari sedikit perbedaan antara Bos dan Pemimpin sudah tentu seorang karyawan akan memilih atasan yang berjiwa pemimpin bukan yang berjiwa Bos. Sudah jelas sekali terlihat bagaimana atasan yang berjiwa Bos dan bagaimana atasan yang berjiwa Pemimpin. Nah bagaimana dengan keadaanmu yang sekarang apakah di tempat kamu bekerja sekarang atasan kamu seorang yang berjiwa Bos atau berjiwa Pemimpin? Baca juga: Empat jurus agar Atasan Anda terkesan
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Inilah Bedanya Bos dan Pemimpin"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih