Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Klaim BPJS Secara Online atau e-Klaim

Hari ini sempat cek ke halaman resmi BPJS Ketenagakerjaan untuk mencari syarat yang berlaku untuk bisa mencairkan saldo BPJS yang sudah berhenti bekerja karena resign. Dalam aturan baru yang dibuat oleh BPJS, saldo BPJS sudah bisa dicairkan jika kita sudah tidak bekerja lagi selama sebulan setelah kamu resign atau kena PHK, mulai 1 September 2015 yang lalu uang JHT (Jaminan Hari Tua) bisa diambil penuh alias seluruhnya seperti yang pernah saya tulis dengan judul PHK atau Resign Bisa Cairkan JHT.

Kebetulan sudah sebulan saya tidak bekerja lagi setelah resign dari tempat kerja sebelumnya, maka saya berniat untuk mencairkan dana atau saldo BPJS yang jumlahnya lumayan untuk beli Laptop. Nah dengan mengunjungi laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, saya melihat disana bisa mencairkan saldo JHT secara online atau disebut dengan e-Klaim. Nah bagaimana cara atau langkah-langkah untuk bisa mencairkan saldo JHT secara online atau e-klaim?

Baca juga: Cara Mencairkan dana BPJS secara Offline atau langsung ke kantor BPJS

Pertama kamu langsung masuk ke situs BPJS Ketenagakerjaan, atau langsung saja klik disini untuk langsung menuju formulir e-Klaim.


No. E-KTP Silakan isi dengan nomor E-KTP kamu, jumlahnya 16 digit angka.
Nama Lengkap Silakan isi dengan Nama lengkap kamu

Silakan isi dengan tanggal lahir kamu, dengan format DD-MM-YYYY. Contoh: 01-02-1933

No KPJ Aktif
Silakan isi dengan nomor KPJ kamu, jumlahnya 11 digit angka
Alasan Klaim Silakan pilih dari menu dropdown yang ada
No. Handphone Silakan isi dengan nomor HP kamu yang masih aktif, untuk mengirim PIN atau kode verifikasi.
Alamat Email Silakan isi dengan alamat email kamu yang masih aktif, untuk mengirim PIN atau kode verifikasi.

Jika data nomor satu sampai nomor tiga sudah benar, maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini, setelah itu lanjutkan mengisi kolom berikutnya, setelah selesai maka silakan klik Proses.

Setelah kamu klik Proses, maka kamu akan menerima PIN baik via email maupun via SMS, kali ini nomor PIN sama. PIN ini dipakai pada formulir berikutnya seperti gambar di bawah ini. Tapi sebelum itu kamu harus sudah siapkan beberapa data berikut ini sebagai syarat untuk bisa melakukan e-klaim terhadap saldo BPJS kamu:
  • Fotocopy Buku tabungan yang sudah dalam bentuk foto dengan format Jpg, jpeg, png,bmp atau pdf.
  • Fotocopy KTP yang sudah dalam bentuk foto dengan format Jpg, jpeg, png,bmp atau pdf dan memperlihatkan KTP Asli saat ke kantor BPJS.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) yang sudah dalam bentuk foto dengan format Jpg, jpeg, png,bmp atau pdf.
  • Kartu peserta BPJS asli yang sudah dalam bentuk foto dengan format Jpg, jpeg, png,bmp atau pdf.
  • Fotocopy Surat Berhenti bekerja yang sudah dilaporkan ke Disnaker yang sudah dalam bentuk foto dengan format Jpg, jpeg, png,bmp atau pdf.
Harap perhatikan juga ukuran file yang dibuat, ukuran file yang bisa diterima oleh server BPJS adalah minimal 100 kb, jika kurang dari itu maka file tidak bisa di unggah. Semua data itu untuk di unggah sebagai lampiran saat akan mencairkan saldo JHT via online atau e-Klaim.


Setelah itu silakan lihat formulir di atas, silakan lengkapi kolom yang masih kosong, karena ada kolom yang sudah otomatis terisi, silakan cek dulu supaya tidak ada yang salah supaya bisa diproses.
  1. Pilih cabang kantor BPJS tempat mencairkan dana atau saldo BPJS untuk di Bali kantornya ada dua yaitu di jalan Bay Pass Dharma Giri Buruan, Gianyar 80581 dan di Jalan Hayam Wuruk No. 143 Denpasar 80235.
  2. Silakan masukkan PIN yang dikirim via sms atau email.
  3. Silakan masukkan rekening Anda seperti nama pemilik rekening, nama Bank, dan nomor rekening.
  4. Silakan unggah file yang diperlukan seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika sudah berhasil menggunggah maka setiap kolom akan berisi tanda centang.
  5. Setelah selesai mengisi data dan unggah file yang diperlukan maka silakan pilih simpan.

Jika semua data dan file sudah berhasil diunggah amka akn muncul pemberitahuan seperti pada tulisan yang di dalam kotak merah.


Setelah data berhasil disimpan maka kamu akan menerima pemberitahuan via email yang isinya seperti contoh di bawah ini.

Pada email di atas secara jelas tertulis Data telah berhasil direkam dan sedang dalam proses persetujuan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang BALI DENPASAR. Mohon menunggu pemberitahuan selanjutnya, paling lama pukul 19.00 WIB hari kerja berikutnya. Itu artinya kita disuruh menunggu kelanjutannya dari proses ini selama kurang lebih 1 x 24 jam. Sampai disini dulu, jika sudah ada balasan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan, nanti akan saya lanjutkan lagi pada postingan berikutnya, Nah itulah cara klaim BPJS secara online atau e-klaim, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Mencairkan dana BPJS secara Offline atau langsung ke kantor BPJS

NOTE: SEBELUM BERTANYA PADA KOLOM KOMENTAR, SILAKAN BACA SAMPAI HABIS KOMENTAR YANG SUDAH MASUK DARI AWAL SAMPAI AKHIR DAN BANYAK YANG SUDAH SAYA JAWAB, SUPAYA TIDAK MENGULANG PERTANYAAN YANG SAMA, TERIMAKASIH
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

267 komentar untuk "Cara Klaim BPJS Secara Online atau e-Klaim"

  1. maaf gan itu cairnya berapa bulan setelah pangajuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan, saya datang langsung ke kantor BPJS terdekat dan langsung menyerahkan data-data asli yang diminta dan nanti setelah 4-5 hari baru di transfer ke rekening. Kalau sistem online kemarin saya tidak berhasil...

      Hapus
    2. Setelah dapat blasan rekam klaim trus gmna lgi ya?
      Udah dua hari mnunggu blum ada blsan lg dri pihak bpjs.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Lella Abyyla apakah sudah ada balasan lagi belum...??soalnya saya juga udah 2hari ini belum ada balasan lagi padahal data telah terekam....

      Hapus
  2. gan, ane jg blm ada pemberitahuan persetuan uda 3 hari via online, kok bisa cepat k kantonya langsung, bukannya ada masa tunggu antrian, di bekasi kota malah masa tunggunya ada yang 8 bulan, bru bisa di urusin,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri mencarikan dana BPJS secara offline karena e-klaim tidka berhasil hanay perlu waktu beberapa jam saja dan jika danan yang idcarikan lebih dari 2 juta maka akan ditransfer ke rekening,, jika kurang dari 2 juta maka akan dibayar tunia pada hari itu juga, ini penalamana saya mencarikan dana BPJS di kantor yang di Denpasar bali.

      Hapus
    2. min, saya uga berdomisili di denpasar. saya sudah lakukan e klaim lewat website. Namun setelah menunggu lebih dari 1x24 jam belum juga ada balasan. Saya sempat ke BPJS tenaga kerja di HAYAM WURUK namun saya kurang satu lagi persyaratan, yaitu Surat Keterangan Pengunduran diri dari perusahaan ke dinas tenaga kerjaa dengan tembusan ke BPJS CABANG. Saya belum mengerti dengan syarat yang satu ini. Apakah cukup surat keterangan kerja? Kalau boleh dibantu saya ingin lihat contoh surat yang dari DISNAKER. Terima kasih.

      Hapus
    3. utk surat keterangan dr disnaker bs minta ke perusahaan tempat terakhir bekerja pak, saya jg gagal via online krn hrs melampirkan surat keterangan dr disnaker dan surat keterangan berhenti kerja tdk bs saya input, akhirnya saya datangi lsg ke kantor jamsosteknya.

      Hapus
    4. Tapi saya baca di FAQ web bpjs tk, disitu tertulis yang wajib pke surat pengunduran diri yang dilaporkan ke disnaker adalah yang mengundurkan diri terhitung mulai 1 September 2015 dan seterusnya. Sedangkan saya sejak 1 Januari 2015, apakah masih tetap pakai?

      Hapus
  3. agan cabangana bisa 4-5 doank?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jika persayran sudah beres, nanti dana akan ditransfer dalam waktu 3-4 hari untuk sesama rekening BNI dan lebih dari 4 hari jika memakai rekening selain BNI, punya saya lima hari baru ditransfer.

      Hapus
  4. Maaf mau nanya, itu paklarin yang dari perusahaan harus di laporkan ke disnaker oleh perusahaan atau diri sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu perusahaan yang melaporkan, kita tinggal terima beres.

      Hapus
  5. gan kalo data yg di eklaim bukan fotokopi gpp ? atau harus fotokopi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotocopy dulu baru discan atau difoto juga bisa,kemudian edit buat warna hitam putih biar kayak difotocopy gitu

      Hapus
    2. saya kirim scan yang asli,, 10 menit kemudian ada email masuk data saya berhasil d proses..

      Hapus
  6. mau tanya atuh, kalo sudah berhasil data disimpan, dan tunggu email balesan dari bpjs itu biasanya berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika data sudah berhasil disimpan maka balasan email dari BPJS akan segera diterima, namun untuk email balasan apakan eklaim berhasil atau tidak, bisa memakan waktu 2-3 hari atau bisa lebih dan bahkan tidak ada balasan.

      Hapus
    2. Gan klo 2-3 hri ga ada balasan aja gmn...??

      Hapus
  7. Maaf mw tanya kalo mw cairin langsung ke cabangnya caranya gimana/persyaratannya apa aja yg diminta??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya sama seperti cara mencairkan dengan e-klaim, untuk caranya saya kurang tahu karena kemungkinan setiap kantor itu beda, saya pengalamannya di BPJS Denpasar, kalau mau baca silakan klik disini, terimakasih http://www.akriko.com/2015/12/cara-klaim-dana-bpjs-tk-secara-offline.html

      Hapus
  8. mau tau gan/sis , saya sudah daftar bpjs e-klaim dan data nya sudah berhasil di kirim.setelah itu apa kita perlu ke kantor bpjs untuk mengambil antrian atau kita hanya menunggu di transfer
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus datang ke kantor BPJS untuk memperlihatkan semua data yang asli, seperti kartu anggota BPJS, KTP, Kartu Keluarga dan lain-lain, nanti saat di Kantor BPJS tidak perlu verifikasi karena sudah melalui e-klaim, jadi tinggal ke teller saja dan memperlihatkan data asli, kurang lebih seperti itu.

      Hapus
    2. SAya sdh dapat email balesan.terus disuruh datang ke kantor bpjs tk tgl 2.lha nanti saya disana lgsg ke teller apa musti ngantri dulu...

      Hapus
  9. Hai, boleh dibantu ketika saya mengklik proses pada e-klaim tertulis klaim ini harus dilakukan oleh tenaga kerja NA.. Maksudnya apa yaa? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. NA itu maksudnya adalah Non Aktif, artinya hanya karyawan yang sudah tidak bekerja yang bisa melakukan klaim. Syaratnya adalah 1 bulan sejak resign atau PHK dari perusahaan tempat kerja yang terakhir. Untuk bisa mendapatkan status NA maka pihak perusahaan yang harus melaporkan karyawan yang berhenti ke DISNAKER, terimakasih

      Hapus
    2. maaf min sama nih, saya pas daftar eklaim harus NA. sedangkan habis kontrak tanggal 4 april. kenapa ya smpai sekarang status nya masih aktif dan blm bsa eklaim. kira" kapn min bisa non aktif nya?

      Hapus
  10. Maaf saya mau tanya,saya kan punya kartu jht lebih dari satu,foto kartu jht+paklaring yg diupload ny harus 3" nya atau satu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok bisa punya kartu lebih dari satu? uploadnya satu saja, yang terakhir dipakai itu aja upload.

      Hapus
  11. ko no pin yg di kirim lewat sms nya gak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan nomor HP yang masukkan sudah benar dan mungkin gangguan jaringan sehingga PIN terkirim agak lambat.

      Hapus
    2. Sama aku juga gk da pin masuk, baik dari sms maupun email, apa karena hari sabtu ya...

      Hapus
  12. mas kok ga ada form selanjutnya ya????untuk pengisian pin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan mengisi form awal dengan benar dan sudah klik proses untuk bisa mengisi form berikutnya dan melanjutkan langkah berikutnya

      Hapus
    2. Iya nih saya jg gak muncul form berikutnya, setelah isi data ektp yg sudah valid malah muncul info "Silahkan Hubungi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan" knp ya?

      Hapus
    3. sama nih aku juga padahal udah nomor yang berbeda... waktu itu pernah coba hari senin , nomor pin langsung masuk..mungkin sekarang karena hari sabtu ya?

      Hapus
  13. kk mau nanya, kok ga bisa upload foto ya?? udah diulang juga tetep ga bisa, itu knpa ya k?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap perhatikan ukuran file foto yang akan di upload, itu minimal ukurannya adalah 100 KB kalau ukurannya di bawah itu, maka file tidak bisa di upload atau diunggah ke server BPJS TK secara online.

      Hapus
    2. Kak maaf mau tanya...

      Saya udah pengajuan lewat eklaim dan sudah berhasil disimpan dan di rekam pihak bpjs serta mendapatkan balasan ke email ssya...tpi setelah itu udah seminggu saya nunggu tidak ada kelanjutan lagi.

      Saya harus gimana kak???

      Hapus
  14. Gan mau nanya , saya punya kartu jht 3 itu dari 3 perusahaan . Kalo saya upload yg terakhir apa yang lainnya ikut cair dananya ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan juga nomor keanggotaannya pada setiap kartu, kalau sama cukup unggah satu saja, kalau nomor keanggotaannya berbeda maka silakan unggah semuanya atau e-klaim lakukan sebanyak tiga kali, sepertinya begitu.

      Hapus
  15. Mau tanya saya udh kirim eklaim dan sdh ada balasan suruh tunggu smpai hari berikutnya ttp blm ada blsn smpe skrg apakah hari minggu atw tanggal merah berpengaruh?soalnya sy kirim data hr sabtu..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi karena tanggal merah, tapi tunggu saja, biasanya pasti ada balasan email apakah e-klaim berhasil atau tidak, itu butuh waktu 2-3 hari bahkan bisa lebih.

      Hapus
    2. Sama saya juga kmrn dftr hari sbtu dan ktanya data telah d rekam...tapi smpe skr blm ada blsan lagi...maaf sist diana septi kmrn udah ada blsn lagi blm..??klo udh ada blsn brp hari tuch dr data tlh terekam...???

      Hapus
  16. Salam

    Mau tanya Jika kita sudah mendaftarkan di e kalim dan sudah berhasil dan masa aktifnya selama 7 hari , setelah lewat 7hari apakah sudah batal ? dan kalau misalkan berhasil daftar di e kalim untuk ke kantor bpjs nya kita mengurus apa lagi yaa ?

    mohon bantuannya


    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke kantor BPJS untuk memperlihatkan semua data yang asli dan kartu peserta BPJS akan di tarik oleh pihak BPJS

      Hapus
    2. gan mau tanya, kalau saya udah lewat dr 7 hari waktu yg di tetapkan oleh eklaimnya... terus saya pengen klaim lg tp ke beda daerah bisa gk?
      terimakasih

      Hapus
  17. Saya sudh mndpt balasan eklaim ttp dijelaskan di email nya belum memenuhi persyaratan krn blm melampirkan surat penglmn krj pdhl pd saat pengisian itu cuma ada kolom buat surat berhenti kerja yang dr depnaker jd surat pengalamannya tdk sy lamprkan ttp skrg diminta itu bagaimana melampirkannya klo tdk ada kolom bwt upload surat pengalaman kerja krn hanya ada kolom buat upload surat dr depnaker?mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti surat yang dilaporkan ke Disnaker dengan Paklaring dari perusahaan

      Hapus
    2. gan mau nanya,,, saya kan karyawan kontrak dan kontraknya habis, trs gak ada surat pengalaman kerja,, gimana tuh,,,???

      Hapus
  18. saya sudah pernah daftar tapi saat upload berkas tidak terselesaikan lalu saat hari berikutnya aaya tidak bisa buka akun lama atau buat akun baru lagi. solusi nya bagaimana ya? mohon penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk upload foto pastikan format jpg...dan dibawah 1mb...biasanya kendalanya di format file nya aja deh..

      Hapus
  19. Gan mau nanya aq udh isi formulir e klaim tapi balasan nya malah belum memenuhi persyaratan karena blum melampirkan surat keterangan kerja maksud nya surat keterangan kerja apa yah kan aku udh kena phk mohon bantuan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu paklaring, atau surat berhenti kerja dari perusahaan, mau PHK atau resign tetap harus ada surat keterangan berhenti kerja dari perushaan.

      Hapus
  20. Mau nanya gan, saya tidak punya surat pengalaman kerja terakhir karena saya bekerja hanya 3 bulan di PT terakhir, jdi dri PT nya cuma di kasih surat keterangan, apakah bisa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf gan, saya kurang tahu masalah itu

      Hapus
  21. terimakasih....sangat membantu

    BalasHapus
  22. Terima kasih info nya mba karin...karna di kotaku utk ambil kartu antrian bpjs harus dari jam 1 malam...setelah gunain eklaim jam 8 pagi upload data...jam 12 siang udah ada respon...prosesnya pun cepat...dan berasa tamu VIP...gak nyesal deh pakai eklaim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, senang rasanya bisa membantu... :)

      Hapus
  23. maaf gan sy sudah login ke BPJS on line,,tp kolom Form e-klaim nya tidak muncul form nya ,,.g mana itu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu sistem e-klaim lagi error sehingg tidak bisa muncul

      Hapus
  24. maaf saya tidak bisa menggunakan e-klaim... tidak ada tampilan tab untuk mengundung file... tampilan nya malah
    Klaim ini harus dilakukan oleh Tenaga Kerja NA. mksd nya apa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. NA itu artinya Non Aktif, status NA jika sudah resign dan sudah dilaporkan ke Disnaker oleh HRD perusahaan.

      Hapus
    2. mhon maaf melanjutkan pertanyaan di atas..saya punya 2 krtu bpjs..yg ke1 (2009) daftar di e-claim dan sukses.nmun kartu ke2 (18-02-2016)muncul notifikasi "harus dilakukan olh tenaga NA". Jadi bgaimana untuk kartu ke 2 saya..apakah sttusnya msih aktif?..sdngkn saya sudah resign dri prsahaan.lalu brp lama pencairan bsa dilakukan stlh dari tanggal resign kerja.trims

      Hapus
    3. Seharusnya jika sudah resign lebih dari satu bulan sudah bisa klaim dana BPJS, masalah kartu kedua statusnya belum NA, silakan tanyakanke perusahaan terakir kerja, apakah sudah dilaporkan ke Disnaker oleh HRD supaya bestatus NA.

      Hapus
  25. saya di daerah bandar lampung,

    BalasHapus
  26. mohon maaf admin kalau buku rekning yg dicopy itu yg terakhir kerja bukan? gimna klau rekeningnya sudah tidak aktif soalnya udah 3 tahun lebih, mohon pencerahannya terims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buku rekening tabungan itu yang mana saja boleh yang penting rekening masih aktif dan bisa menerima kiriman uang. terimakasih

      Hapus
  27. Maaf mas disitu kan tertera nya e-ktp tapi saya blm punya e-ktp, apa bisa ya mas menggunakan ktp biasa?? Mohon bantuan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya kurang tahu, coba saja masukkan nomor induk ktp biasa, karena NIK ktp biasa sama dengam e-KTP, siapa tahu bisa.

      Hapus
  28. di kolom,nomor peserta,alasan klam,hanpone,dan email kok gk bisa di isi....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukkan NIK e KTP dengan benar, apakah ststusnya sudah NA (Non Aktif)?

      Hapus
    2. Biasanya browsernya tu yg bermasalah, coba pakai browser lain

      Hapus
  29. Gan.. mau nanya..
    apakah surat paklaring sama dengan surat pengunduran diri yang sudah sudah ditembuskan ke disnaker..?
    Truss kalau sama aja apakah paklaring yg didapat dr perusahaan sudah ditembukan ke disnaker..?
    mohon bantuan dan pecerahannya.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paklaring itu kan surat keterangan kerja dari perusahaan, kalau masalah yang ditembuskan ke Disnaker itu suratnya beda lagi itu fungsinya untuk menonaktifkan karyawan yang sudah resign, itu perusahaan yang mengurus jika kamu mau klaim BPJS pakai Paklaring itu saja.

      Hapus
    2. Jadi yang di lampirkan hanya paklaring saja kan yang dari perusahaan gan, bukan surat yang dari disnaker?

      Hapus
    3. Jadi yang di lampirkan hanya paklaring saja kan yang dari perusahaan gan, bukan surat yang dari disnaker?

      Hapus
    4. Per 1 september 2015 harus ada surat dari disnaker,, kalo gak ada surat dari disnaker bakalan di tolak oleh pegawai bpjs,, baru aja saya coba hari ini tgl 29.3.2016

      Hapus
  30. maaf gan saya udah dpt blsan email kedua, tapi isi emailnya belum memenuhi persayaratan karena dimohon melampirkan berkas asli, maksudnya gmna ya gan apa yg di scan n yg diupload berkas aslinya bukan copy, mhon bntuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya kurang tahu masalah itu, mungkin saja ada kesalahan unggah file

      Hapus
  31. mau nanya gan, saya udah mengirim data ke eklaim setelah 1 hari dapet balasan kaya gini,
    "Belum memenuhi persyaratan, karena Data yang saudara lampirkan berbeda dengan database kami, mohon mengajukan permintaan koreksi ke HRD perusahaan, untuk melakukan perbaikan ke KANTOR CABANG BEKASI CIKARANG contoh ibu kandung->suminah dll , setelah di lakukan perbaikan silahkan mengajukan E-klaim kembali ke Cabang Bekasi Cikarang",
    itu salah dimananya ya ?, mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa jadi waktu mendaftar dahulu datanya ada yang salah dengan data yang di unggah saat mau klaim, itukan sudah disuruh menghubungi HRD perusahaan terakhir kerja untuk melakukan perbaikan data.

      Hapus
    2. kemarin yang di unggah data asli lalu di foto, tapi eklaim mintanya data fotocopy , apa itu berpengaruh juga ya ?

      Hapus
    3. Kirim saja yang fotocopy, syaratnya kan bilang fotocopy bukan yang asli, nanti kalau sudah berhasil e-klaim nanti saatdi kantor BPJS baru perlihatkan data yang asli.

      Hapus
  32. mau nanya nih klo e klaim nya udah berhasil di rekam pemberitahuan selanjutnya lama ga ya? atau cukup seperti itu trus langsung dtg saja ke kantor bpjs nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu balasan dari pihak BPJS apakah e-klaim berhasil atau gagal, jika berhasil nanti baru datang ke kantor BPJS terdekat untuk memperlihatkan data-data yang asli seperti KK, KTP, Kartu peserta, Paklaring dan lain-lain.

      Hapus
    2. biasanya balasan nya berapa hari yah?

      Hapus
  33. mau tanya kalo kontrak kerja habis terus pilih jenis klaim di kolom eklaim apa ya ? PHK / mengundurkan diri ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya itu pilih PHK karena pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan secara sepihak.

      Hapus
  34. gandul tolong di bantu... sy sdh resign 3bln yll.. paklkiring jg sdh di stempel basah sm disnaker Jakarta Selatan.. tp kok status msh aktif jg ya... bisa ga klo mengajukan manual... kr sdh lapor k hrd kantor.. kt nya tunggu aja.. tp sampe sekarang msh bblm jg... smtr kita butuh modal bt usaha.. trimakasih

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Hay ....q mau berbagi pengalaman nih..alhamdulilah klo q brhasil pengajuan lwt e klaim.. tgl 26 februari 2016 hr jumat jam 11 q dftr lwt e klaim dn jam 11.15 mnit q langsung dpt email dr bpjs bhwa data q berhasil di rekam oleh bpjs dn dsruh nunggu email persetujuan bpjs cabang serang paling lama 19.00 hari kerja berikut nya.. karena hari sabtu dan minggu bpjs libur..q blum dpt email lagi dari bpjs..ehh pas hari senin pagi jam 08.00 tgl 29 februari 2016 q dpt email lg dr bpjs klo data q sudah memenuhi persyaratan..wah q seneng banget trus q langsung ke bpjs membawa prinan f5 formulir yg di email oleh bpjs tdi dan membawa fto copy sma dokumen yh asli..stlh smpai bpjs q cuma nunjukin formulir ke satpam dan q di beri antrian khusus buat yg e claim..cuma 15 meniit slesai di proses. Alhamdulilah saldo nya lumayan sekali hihihi.kta petugas bpjs uang ku cair dalam waktu 1 sampai 2 mnggu..skrng q cuma nungguin uang transferan ajh.. yah semoga 1 minggu uang ku masuk aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin saya bantu doa mba...

      Hapus
    2. siang mba novi saya wulan mau sharing..tgl 18 april saya daftar e klaim dan berhasil direkam dan saya disuruh nunggu blsan persetujuan jam 19.00 tapi hampir seminggu ini gk ada blsan terus ya..kira2 kenapa ya

      Hapus
  37. sis buku tabungan itu buku tabungan pribadi atau buku tabungan gaji/payroll dari perusahaan dulu

    BalasHapus
  38. Mau tanya ni, klo baru 1 tahun bisa gak ya mas untuk coba klaim, soalnya saya dapat info dari teman saya yang sudah mencairkan lewat offline, dia baru 2tahun kerja tapi bisa , apa bnr ? gak harus nunggu 5 tahun ??

    BalasHapus
  39. Novi..kalo masalah buku tabungan..kamu cari tau dlu bank apa yg bekerja sma dengan kantor jamsostek ditmpt kamu..klo di kota serang bank yg bekerja sama hanya bri..q awal nya gak punya tabungan bri jdi q buat dlu deh..cuma 1 hari ko buat nya..setlah slesai bru q nyoba e claim..alhamdulilah ya allah hr ini q seneng bgt. Bpjs di kota serang pencairan sangat memuas kan..petugas bilang uang akan cair dalam waktu 1 sampai 2 minggu..tp kenyataan nya uang ku cair hari ini jam 5.30..q dpt sms dr bri bank bankin kalo saldo ku brtambah..hr ini memang bnr bnr rezeki buat sya..td siang dpt panggilan krja di pt leunchong sore ini uang cair..alhamdulilah

    BalasHapus
  40. Bisa aj sih pke buku tabungan pribadi kamu..tp kalo seandainya buku tabungan km beda sama bank yg bekerja denGn bpjs di tmpt km..biasanya uang masuk ke buku tabungan km biasa nya lama loh

    BalasHapus
  41. Gan waktu bln februari pd tgal 9 saya berhasil mencairkan dana bpjs karawang dan dr awal eklam smpe cair itu prosesnya cm 5 hri lah kurng lebih (3hri nggu blsan 2hr d trnsfr)..
    Trus sy mencoba lg pd tgl 27 februari mencairkn pny suami sya
    Eklaim berhasil d rekam trus smpe skrng udh ada 1 mggu blm ada blsn..
    Itu gmn ya,, apa krna smua beralih k eklaim jd lama?
    Smpe skrng sya blm tau apakh gagal atau gk..
    Gk kaya wktu pertma x sya peroses..
    Mksih

    BalasHapus
  42. saya buka pas d bpjs e-klaim ko gak muncul yaa foam buat ngisi data2 dan upload fotonya
    mohon bantuannya terima kasih

    BalasHapus
  43. Gan waktu bln februari pd tgal 9 saya berhasil mencairkan dana bpjs karawang dan dr awal eklam smpe cair itu prosesnya cm 5 hri lah kurng lebih (3hri nggu blsan 2hr d trnsfr)..
    Trus sy mencoba lg pd tgl 27 februari mencairkn pny suami sya
    Eklaim berhasil d rekam trus smpe skrng udh ada 1 mggu blm ada blsn..
    Itu gmn ya,, apa krna smua beralih k eklaim jd lama?
    Smpe skrng sya blm tau apakh gagal atau gk..
    Gk kaya wktu pertma x sya peroses..
    Mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh nanya klo upload buat paklaringnya di upload di mana soalnya gk ada buat upload paklaring yang ada dari disnaker tolong infonya

      Hapus
  44. Oia sedikit tmbahan kmaren sy login pke gmail yg sama cm beda no kpj ny aja gmna ya ngaruh gk tuh

    BalasHapus
  45. Saya coba jawab yah lel..klo tlah brhasil di rekam km blum dpt email lg dr bpjs..tlvn aj kantor bpjs nya. Di tanya aj..e claim suami km dtrima atau gak..bir jelas. kalo masalah email boleh pakai email yg sma atau tidak..km tnya aj org bpjs nya ...biar lebih jelas..

    BalasHapus
  46. saya mau nanya, saya kan udah proses data e klaim saya tapi saat saya cek email balasan dari JHT ternyata tanggal lahir saya, itu gimana ya. masalah tidak? kalopun masalah penyelesaiannya dan baiknya bagaimana ? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas di email disuruh datang ke bpjs nya ga?sama kaya saya kalo ada data yg miss..coba dtng ke kntor cabang trdekat biar dkasih solusinya..biasa nya dikasih formulir duplikat data peserta..smangat

      Hapus
  47. Ka, saya kan ngajuin eklaim akhir bulan fbruari, nah udah berhasil d.rekam tgl nunggu blsan slanjutnya . tp ko sampe skg blm ada email jg yaa . kalo misalnya ngurus.a lngsung ke.kantornya bs ngga ?

    BalasHapus
  48. Mau nanya ka, ko saya tidak bisa memilih alasan pada kolom alasan klaim. itu kenapa ya?

    BalasHapus
  49. mau tanya kak,bpjs saya katanya masih aktip sedangkan perusahaan yg dlu saya bekerja sudah tutup/bangkrut ?maksud dari bpjs aktip itu apa kak ?kog ga bsa di cairiin ?

    BalasHapus
  50. e-klaim hanya untuk klaim yang 100% ya gan?? kalo mau klaim 10% atau 30% bisa e-klaim juga ngaak?? satu lagi gan, yang dimaksud dokumen perumahan pd persyaratan itu apa ya contohnya, terimakasih

    BalasHapus
  51. buat upload paklaringnya dimana ya soalnya gk ada buat upload paklaring yang ada upload disnaker tolong infonya

    BalasHapus
  52. Gan mau nanya nih tadi saya sudah berhasil menggunakan eklaim tapi pas saya tunggu email saya ga masuk dari bpjs. Dan saya periksa lg teryata saya salah tulis email saya. Apakah itu bisa di revisi? Klo bisa bgaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di ulang lagi mas daftar eklaimnya..pake no hp & email yg aktif..krna pemberitahuan sukses atw tdk lewat email..daftar eklaim bisa direvisi ganti data stlah bpjs ada balasan klaim anda ..pngalaman saya ganti kntor cabang a ke b.

      Hapus
  53. Apakah jamsostek sama bpjs ketenagakerjaan sama

    BalasHapus
  54. gan saya mau tanya kenapa yah saya gak bisa ke tahap selanjutnya padahal fata yang di isi juga udah bener ..
    jadi ketika di klik proses selalu balik lagi ke awal ..
    dari kemarin saya coba gitu terus gan..
    mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaringan error...emang gitu...mirip pengalaman ane...berkali2 tuh. ada 2 kemungkinan, bisa jadi internet mu yang lemot. dan bisa juga jaringan bpjs nya hectic banget..coba aja trus....smangat mas bro

      Hapus
  55. E-KTP saya masih berlaku..16 digit & sesuai dengan di KTP, tapi kenapa yang muncul "Data E-KTP anda tidak sama dengan data yang ada di BPJS Ketenagakerjaan. Silahkan anda mendatangi cabang terdekat untuk melakukan klaim.'..mhon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya coba bantu jawab...kasusnya sama dgn saya..awalnya saya pnya ktp domisili A dan di daftarkan jamsostek/bpjs dan kemudian saya pindah ke domisili B dgn mmiliki KTP baru..pas saya klaim data tidak sama dgn kartu peserta bpjs..saya brfikir krna yg trdftar adlh ktp lama..coba cek dokumen kembali ktp/KK dengan paklaring apakah ada yg beda nama atw no id atau sama sprti saya prnah pindah domisili..klo iya silahkan anda datang ke kntor bpjs trdekat..anda akan dibantu untuk mengatasinya..berupa print account.

      Hapus
  56. gan saya data saya sudah berhasil di save dan ada email balasan yang menyatakan ada kekurangan data referensi kerja yang mau saya tanyakan :
    => referensi kerja itu mksdnya verkelering / surat pengalaman kerja? padahal sudah saya upload dlm bentuk .RAR berbarengan dengan surat dari depnaker ttrus klo ga bisa dlm bentuk .rar saya upload di kolom yang mana
    => jika sudah ada pemebritahuan seperti itu saya harus ngulang dari awal atau melampirkan kekurangan nya aja
    mohon pencerahannya gan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parklaring saja yang diunggah dengan format png, jpg

      Hapus
    2. kalo bentuk rar itu dicompress...Jpeg aja mas sofyan..kalo emang rar datanya (diunzip rar dulu fotonya dikomputer masnya..biasanya tar jadi jpeg. atau png. (klik kanan unzip rar..simpan difolder terserah masnya)RAR jelas tidak bisa...mesti jpeg mas..

      Hapus
  57. gan saya mau naya, saya sudah mengajukan klaim via ekalim bpjs, dan semua saya lakukan sesuai step agan diatas, tapi sampai dengan saat ini saya belum menerima balasan baik itu ke email saya atau pun telepon.ketika saya mau mencoba kembali klaim via eklaim disitu tertulis peserta sudah melakukan klaim, namun dilihat dari status klaim belum ada proses klaim,sebagai catatan saya sudah menunggu hingga 6 bulan setelah pengajuan claim via e klaim, apa ada yang punya kasus kayak saya?? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik datang langsung ke kantor BPJS terdekat, tanyakan kepada bagian customer service tentang masalah ini, saya dulu pernah tidak menerima balasan, kurang lebih seminggu saya tanya ke kantor BPJS, di sana dijelaskan dengan lengkap.

      Hapus
  58. Di kolom alasan e klaim kok gbisa di klik yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ada kalimat atau pemberitahuan lain selain alasan klaim tidak bisa di klik? misalnya Tenaga kerja NA atau yang lain?

      Hapus
    2. Punya saya juga alasan klaimnya tidak bisa, drop downnya tdk berfungsi, itu kenapa yah sis ???? tidak ada catatan NA atau apapun, hanya ada data E-ktp valid, silahkan lanjutkan pengisian data anda. itu doang sis, hanya alasan klaim aja yg tdk berfungsi, yg lainnya bisa .. kenapa ya sis mohon bantuannya. terima kasih

      Hapus
    3. sama seperti saya juuga nih kasusnya, saya sudah beberapa kali coba, ga bisa trus yang kolom alasannya. itu kenapa ya?

      Hapus
  59. Klo namanya beda 1 huruf doang apa bisa cair

    BalasHapus
  60. mohon bantu ya,mau tanya Sy sudah mengisi semuanya tapi ada bacaan data gagal disimpan.dan berulang kali begitu Maksudnya gimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin file yang diunggah masih ada yang salah, perhatikan ukuran file yang diunggah dan kolom lainnya apakah sudah sesuai dengan data yang diminta.

      Hapus
  61. sister, mau nanya tentang e-klaim tenaga kerja, kenapa yah dibagian pilihan ALASAN KLAIM tidak bisa d klik?? kasih tau informasinyalh k. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ada kalimat atau pemberitahuan lain selain alasan klaim tidak bisa di klik? misalnya Tenaga kerja NA atau yang lain?

      Hapus
  62. Mohon infonya kode verifikasi dari bpjs berapa lama ya dikirimnya saya udah daftar e ktp valid tapi sms pemberitahuannnya belum masuk juga udah 1 jam lebih...

    BalasHapus
  63. mas, saya mau tanya, kantor lama saya bilang, kalau sudah sebulan berhenti status sudah nonaktif, namun sy tetap belum bisa e-klaim.
    kalau saya satang langsung ke kntr BPJS dan hanya ada surat keterangan berhenti kerja apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menjadi status non aktif (NA) itu HRD perusahaan tempat kerja dulu harus melaporkan ke Disnaker supaya statusnya bisa dirubah menjadi NA.

      Hapus
  64. gan mau tannya kalo udah berhasil eklaim dan sudah disuruh datang kekantor bpjs, tetapi saya tdk ada waktu, dan batas waktu 7 hari yg ditentukan sudah lewat apakah masih bisa datang kesana langsung atau statusnya batal? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah lewat 7 hari itu artinya kan sudah kadaluwarsa, coba saja tanya dulu ke bagian informasi BPJS terdekat

      Hapus
  65. Saya sudah mengisi form dan scaning persyaratan.tapi ketika mau klik simpan,data saya tidak bisa disimpan.itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja ada satu kolom yang masih kosong atau ukuran file terlalu kecil, minimal ukuran file yang diunggah itu 100 kb

      Hapus
    2. Sudah bisa,saya tinggal menunggu email dari bpjstk.terima kasih

      Hapus
  66. Punyaku udah sebulan lebih status nya masih Aktif aja di bpjsnya, udah lapor ke hrd tempat lama katanya udah di non aktifkan..tp aku cek ke Bpjs masih aktif .
    Apakah sistem penonaktifannya lambat atau gmn.
    aku denger ada yg ampe berbulan2 masih aktif aja walaupun udah dilaporin sama Hrd tmpat lama.
    pake E-Klaim udah sy coba masih Status NA, syarat2 udah komplit..plit...
    galau banget pdahal udah butuh banget..
    JHT oh JHT, smoga kau cepat NA.
    sory Curhat.
    makasih min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pengalaman saya sih untuk status NA itu tidak perlu waktu yang lama, kurang dari satu bulan, sekarang apakah kamu sudah punya surat dari HRD bahwa kamu sudah dilaporkan ke Disnaker? Harusnya sih sudah...!

      Hapus
    2. iya nih min,kalo surat dr disnaker udah ada,sdh dilaporin ke bpjs dr perusahaan saya per 15 februari 2016. kalo dihitung sampai sekarang harusnya udah sebulan lebih yaaa..
      tapi siang td dpt info dari customer service bpjs, kalo penonaktifan bpjs itu tidak bisa automatis,dari perusahaan lama harus kirim formulir namanya formulir 1b buat penonaktifan secara manual.
      coba besok saya crosscheck ke kantor lama .
      thanks min.

      Hapus
  67. Kalau misal kartu jamsostek hilang bisa pakai surat kehilangan dari polres setempat? kebetulan saya masih ingat data2 seperti nomor peserta karena masih pegang slip jamsosteknya

    BalasHapus
  68. Saya merasakan kesulitan untuk pengambilan dana 10% dari BPJS, Secara online sudah dicoba tidak bisa dan selalu ada tulisan "Silahkan hubungi Kantor Cabang BPJS ketenagakerjaan" setelah saya datangi kantor BPJS tersebut ternyata harus secara Online. Harus bagaimana ya biar bisa Cair yang 10% ???

    BalasHapus
  69. saya sudah daftar ,,, dan klaim nya berhasil,, tapi belum dapat confirmasi dari pihak bpjs ke email saya ,, kira kira berapa jam setelah pendaftaran ???????????????????????????????????????????????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya alami, email konfirmasi datang hari itu juga . bebrapa kali saya kirim sata pagi2 dan dapat balasan ada yang jam 3 siang, ada juga yang jam 8 malam.

      Hapus
  70. mas saya mo nanya, kemarin sdh daftar eklaim, sdh di rekam, setelah 3 hr ada balasan ternyata ada kesalahan tanggal lahir, dtng kekantor bpjs untuk minta folmulir koreksi, nah yg jadi pertanyaan klo dikirim via online gmn?...tanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya kalo bisa kesalahan data2 seperti anda alami lebih baik datang lansgsung ke kantor jamsostek.

      Hapus
  71. Kaa mau nanya tdi pagi sya sudah isi data d eklaim , tapii pas upload salah file masalah nya udh tersimpan dan d ajukan ke kantor bpjs . Saya harus bagaimana yaa , apa harua ulang dri awal lgi isi data eklaim

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sdh pernah mengalaminya, balasan email nantinya akan meminta untuk perbaikan data kiriman. dan anda boleh mengirim ulang stelah ada email balasan tersebut.
      saran saya lebih berhati2 dalam memasukan lampiran kiriman data,daripada membuang2 waktu dan perlu diketahui untuk kolom paklaring/tembusan disnaker jika resign setelah september 2015. file paklaring dan tembusan disnaker harus dijadikan satu file agar tidak terjadi lagi data kurang.

      Hapus
  72. Gan, jika uang JHT sudah di klaim dan sudah cair, apakah kartu BPJS ketenagakerjaan masih bisa saya pakai ?
    masih aktif atau sudah mati kartu tersebut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu jawab sesuai dengan yg saya tahu,

      Kartu bpjs tk yg asli diambil oleh pihak bpjs tk saat pencairan kan gan?
      Artinya, bpjs itu tidak bisa dipakai lagi krn sudah tidak aktif alias mati.
      Syarat ekalim kan 1 bulan setelah resaind dari perusahaan lama gan.

      Hapus
  73. Admin,,

    Saya mau tanya,

    Saya sudah daftar eklaim,upload berhasil dan udah dapat email yg sma dengan diatas, yaitu disuruh tunggu pukul 19;00.
    Nah keesokan harinya saya dapat pin kode konfirmasi lagi, itu maksudnya buat apa ya min?
    Kan data saya sudah berhasil direkam.

    Nah, apakah saat ini, saya boleh langsung saja ke kantor cabang bpjs tk yg dipilih waktu eklaim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya tahu kita bisa datang ke kantor jamsostek jika balasan emailnya berisi tentang :
      - data telah memenuhi persyaratan.
      - dan disitu tertera ada waktu tujuh hari waktu yang diberikan untuk verifikasi data lg ke kantor jamsotek

      jika cuma pin saya rasa itu cuma email balasan pin yang telat, kalo ga salah kan ada dua mode pengiriman pin dari jamsostek .satu lewat sms HP dan satu lewat email anda.waktu itu anda isi pin darimana?yg dr hp atau email.

      Hapus
    2. itu artinya anda harus segera datang ke kantor bpjsnya untuk ambil nomor antriannya dan akan cair pada hari itu juga, itu yang saya tau jiak melihat orang2 yg telah berhasil mengambil HAK nya. agan beruntung sudah dapat email balasan, nahhhh kalo saya jangankan email balasan, email report REKAM KLAIM JAMINANnya juga pada saat saya selesai daftar ga ada, mau upload ulang ga bisa. benar2 luarbiasa kejadian seperti ini.

      Hapus
  74. alhamdulillah punyaku udah berhaasil non aktif,kemarin udah aku proses lewat eklaim, begitu dapet konfirmasi kalo telah memenuhi persyaratan langsung aku kekantor jamsostek.Proses antrian jalur eklaim tidak terlalu padat dibandingkan mode manual ,hanya menunggu 5 menit udah dipanggil CS trus proses verivikasi dan ok tinggal tunggu transferan..thanks min atas infonya.

    BalasHapus
  75. mau tanya kalo mau ke kantor jamsostek ga bawa kk yg aslinya bisa ngga ya kalo di ganti sama akte asli ?

    BalasHapus
  76. Gan saya mau nanya ni,saya sudah mengisi formulir di e-klaim dan sudah dapat blsn melalui email klw pengajuan saya sudah d rekam untuk d proses dan d srh menunggu bksn lg tp sampai skrg blm ad blsn lanjutn lg.dan saya mau mengajukan klaim lg tp saya lupa pin yg di kirim ke no hp saya.untuk mndaptkan pinnya lg gemana y?.terima ksh

    BalasHapus
  77. Gan klo ke kantor bpjs perlu bawa buku tabungan gak ya.tapi saya ingat nrm rekening saya

    BalasHapus
  78. Min mau nanya, ane nyoba e-klaim nih, alhasil ane dapet balasan yang isinya ; belum memenuhi persyaratan, karena mohon menggunakan email sesuai identitas. Itu artinya gmn sih
    Mohon pencerahanya.

    BalasHapus
  79. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  80. Gan ane mau tanya nih...
    Ane jga ikut proses pencairan Bpjs lewat e klaim..
    Smua syarat udh ane krim ke eklaim..
    Trus stelah 2 hari ane krmin data nya ke e klaim,,
    Ane dapet balesan....ane d sruh dateng ke kantor cbang Bpjs trdekat membawa persyrtan asli + foto copy...dan jga email terakhir di prin...

    Nah yg ane bingung email terkhir yg d prin tuh yg mna..?

    Yg tau corat coret ya...
    Mkasih...

    BalasHapus
  81. mau tanya dong.
    saya daftar e-klaim, terus gagal.
    tapi tiba tiba dapat balasan di email klo rekam klaim jaminan berhasil.
    nah bisa gak di cancel ?
    soalnya mau diurusin manual aja lewat bank langsunng.

    BalasHapus
  82. Pak maaf mau nanya klo buku tabungan misalnya ga ada gimana? Soalnya saya punya payroll doang gada tabungannya.

    BalasHapus
  83. Mas saya mau nanya...
    Saya kan sudah klaim bpjstk melalui e-klaim, sudah d rekam tapi belum di proses sama kantor cabangnya...
    Bisa g saya mau mencairkan melalui ofline ke kantor cabang yg berbeda dengan cabang yang saya sudah daftarkan melalui online....

    BalasHapus
  84. gan mau tanya, kalau perusahaan sudah tutup tidak perlu ada surat ke disnaker kan klo tenaga kerja tersebut mengundurkan diri

    BalasHapus
  85. Min, istri ane dh berhasil claim nya, tinggal bawa berkas asli nya ke kantor bpjs dalam waktu 7 hari setelah terima email,, masalah nya istri ane sekarang lagi sakit kena DBD, kira2 bisa di wakil kan gak? Atau claim ulang?? Bisa gak min?? Trimakasih sebelum nya..

    BalasHapus
  86. PILIHAN KLAIMnya tidak ada JHT.. adanya PHK, pengunduran diri, dll..tp tidak ada yg JHT..bagaimna ya??

    BalasHapus
  87. saya daftar e klaim tdk berhasil terus,,ada konfirmasi harus dilakukan tenaga kerja NA,apa ya maksudnya?

    BalasHapus
  88. Min nomer konfirmasi pin nya ga sama mulu knp ya, emg si sebelum nya ane udah pernah tp gagal pas ane coba lagi pin konfirmasi nya salah mulu tdk sama mohon pencerahannya

    BalasHapus
  89. Min aq mo nanya aq kn punya kartu 2 trus udah aq daftarin smua melalui eklaim........jamsostek yg pertma phk 2011 lw kartu yg ke 2 phk 02 maret 2016 tp yg sukses kartu yg pertma lw yg ke2 yum ada blesan dri bpjs setlah aq dpt direkam.....

    BalasHapus
  90. Gan blz dunk kalau kartu jmsostek y 2 formulir eklaim y semsti y brapa

    BalasHapus
  91. Gan blz dunk kalau kartu jmsostek y 2 formulir eklaim y semsti y brapa

    BalasHapus
  92. Misi gan.. Ane mau nanya,td siang ane daftar pncairan eklaim sampe selesai dan dapat email ke 2.. Tapi kok isi nya file pdf yg isinya info saldo terakhir.. Dan tidak ada instruksi untuk datang ke kantor bpjs ataupun jangka waktu.. Nah itu gmn gan.. Mohon bantuanya.. Trimd

    BalasHapus
  93. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  95. gan, data sudah berhasil disimpan dan suruh cek email untuk pemberitahuan selanjutnya, tp kok ga ada email apaapa yah gan? knp tuh gan?

    BalasHapus
  96. Gan, kenapa saya buka di chrome ataupun mozila fire fok untuk pilihan "Alasan Klaim" kok ngga bisa di klik ya? alias ngga bisa ngisi pilihannya, jadinya ngga bisa masuk ke tahap pengisian ke 2 nya tuh. (10-5-2016)

    BalasHapus
  97. saya sudah daftar eklaim dan sudah upload berkas yang diperlukan, tetapi saya belum menerima pemberitahuan email dari instansi terkait mengenai email REKAM KLAIM JAMINANnya. Langkah selanjutnya saya harus bagaimana? apakah data saya sudah masuk belum?

    BalasHapus
  98. Terima kasih atas infonya, kalau saya waktu memasukkan data tidak berhasil, selalu muncul "isi kode konfirmasi yang dikirim melalui sms". Padahal saya sudah memasukkan kode yang disms ke no.saya. Dan data yang saya upload juga tidak berhasil. Itu kenapa ya? mohon informasinya bagi yang tahu. Terima kasih

    BalasHapus
  99. Gan barusan saya dr bpjs dan ditolak dg alasan status blm NA,padahal saya sudah resign per 31 maret 2016 kemaren dan sudah dapat surat yg dr disnaker..saya cb call company katanya sudah di close ke BPJS tp kok didata bpjs status msh blm NA,kira2 berapa lama ya untuk bs status NA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @irul ; sama mas..saya resain per 12 maret..tp status masih NA, kata bpjs harus ada surat dari Hrd ke pihak bpjs nya yg menyatakan kalau sudah di ajukan penonaktifan karyawan.. coba tanya Hrd mas, tanggal brapa pengajuan dr Hrd ke Bpjs nya... minta bukti nya

      Hapus
    2. Barusan saya hubungi hrd nya dan minta di followUp,bilangnya mau dicheck dan saya diminta tunggu selama 1 minggu..kira2 berapa lama ya penonAktivan dr pihak bpjs??

      Hapus
  100. Assalamualaikum saya ketika hari sabtu sudah mengajukan e-klaim dan dapat balasan rekam klaim yg kata y tunggu sampai besok hari kerja maks jam 7 malem dapat balasan tapi sampai hari ini kok blom dapat email juga yakkk...?

    Apa harus menunggu lebih dari 5 harri...?

    BalasHapus
  101. iya ribet sdh ajukan E.klaim dpt blsn data berhasil direkam namun blm dpt blsan utk datang saya ajukan lg sampai sekarang blm ada blsn lg.ngantri di Kediri kalo tdk datang jam 3 pagi gak dpt antrian ribet

    BalasHapus
  102. Barusan nama sayaa udah Non aktif..barusan upload data dan nunggu email dr bpjs.. moga aja berhasil.. kata temen saya biasa nya kalo cabang t4 kita klaim sama dengan Hrd perusahaan lebih cepet

    BalasHapus
  103. Saya sudah upload berkas2 . Setelah menunggu sekian lama karna begitu susahnya upload dokumuen2 pendukung nya akhir nya saya klik save akhir nya bisa. Ada perinth suruh nunggu balasan email untuk proses selanjutnya. Sampe skrg ga dapet2 email balesan apa2.. gimana dah tuh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uda nunggu brapa lama? Sy online tgl 20 mei, di suruh tunggu 1 x 24 jam..tp ampe hari ini blum ada balesan email

      Hapus
  104. mau nanya kalo udah daftar lewat eklaim bpjs udah berhasil terus dr pihak bpjs nya suruh kesana 1 bulan kemudian untuk melengkapi persyaratan itu harus bagaimana , ngisi formulir lagi atau bgaimana . sedangkan dr pihak bpjs nya suruh bawa buku tabungan , paklaring , ktp , kartu keluarga dan materai . itu ajayang dibawa apa ada formulir lagi yang kudu diprint

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lama banget ya 1 bulan.. emang posisi dimana? Sy masih nunggu balesan dr bpjs.. tp kata temen yg uda ngurus..cuma bawa berkas asli yg di minta, jgn lupa di fotokopi masing2 3 lembar klo nggak salah.. ngga ada form kok yg harus di bawa

      Hapus
  105. saya sudah 9 hari belum ada balasan persetujuan dari jamsostek, terhitung dari e-klaim yang sudah terekam via email, mesti gmn min? terima kasih

    BalasHapus
  106. saya sudah dapat balasan e-klaim dr bjps,kebetulan saya via online ..dan menunggu 1×24 jam,(jam kerja)paling lambat pukul 19.00..tapi sampai sekarang sudah 2 minggu saya belum mendapat balasan juga,apa saya harus langsung ke kantor bpjs nya,saya dr cabang bpjs Depok ..makasih.

    BalasHapus
  107. knapa yah udah isi yg pertama ko g ada isian lanjutannya????
    setelah isi dan klik proses malah balik lg terus...

    BalasHapus
  108. selalu keluar "harus dilakukan oleh tenaga kerja NA"
    maksudnya apaan yah?

    BalasHapus
  109. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  110. Min. Sy sdh berhasil e-klaim tp dpt balasanya blm memenuhi syarat..di suruh dtng ke kantor BPJS dgn membawa berkas asli dan fotocopy tuk d verifikasi lg.. knp bs bgt min? Pdhl semua syarat sudah sy penuhi?

    BalasHapus
  111. Mbak mau nanya sya udh dpet blesan email eklaim tp udh lbh dr 7 hari.kira2 masih bsa gak ya saya ajuin soalnya sya mau klaim ulang tdk bsa.terima kasih

    BalasHapus
  112. Hi..saya share pengalaman e klaim..
    Tgl 20 Mei saya daftar online, berhasil di rekam dan menunggu balasan email dr bpjs 1 x 24 jam.. tp tgl 23 mei, email dr bpjs blm saya terima. Penasaran saya telp kantor bpjs (kantor cabang Kalideres) dan jawaban mereka data saya gagal karena file yg saya masukan cuma hitam putih, harus bewarna, dan menurut mereka balasan email sudah dikirimkan pd hri yg sama, padahal sy sudah cek semua email tidak ada.. Akhir nya tgl 24 Mei saya daftar ulang online, dan tgl 25 sudah ada balasan kalau data sy sudah memenuhi persyaratan dan disuruh datang ke kantor bpjs max 7 hr dgn membawa surat domisili (KK dan Ktp saya dr Daerah) .
    Tgl 26 Mei saya datang ke kantor Bpjs dan setelah di cek komp.. ternyata data kartu jamsostek saya ada 2 perusahaan, dan mereka meminta vaklaring dr perusahaan lama, karena dulu sy tidak pernah minta surat vaklaring akhir nya sy pulang dan ke kntor lama utk minta vaklaring.. tgl 27 Mei saya datang lagi untk melengkapi, akhir nya Puji Tuhan setelah perjuangan mondar mandir kedoya - tangerang-sudirman -tangerang slma 2 hari berturut turut, data saya diterima, dan di suruh menunggu max 14 hari, karena sudah akhir bulan.
    Yang ingin saya share.. data2 yg pemting yg harus di bawa
    1. KARTU KELUARGA ASLI DAN FCOPY
    2. KTP ASLI DAN FC
    3. SURAT DOMISILI dr Rt/Rw (APABILA KTP/KK DAERAH DAN MENGURUS NYA DI JAKARTA)
    4. VAKLARING DR MULAI PERUSAHAAN YG TERDAFTAR DI KARTU JAMSOSTEK/BPJS
    5. SURAT KETERANGAN DR HRD PERUSAHAN TERAKHIR KE BPJS YG MENYATAKAN KALAU ANDA SUDAH TDK BEKERJA LAGI.
    6. BUKU TABUNGAN YG MASIH AKTIF

    NOTE ; APABAILA TDK ADA VAKLARING DR PERUSAHAAN LAMA, BPJS BIASANYA NGELUARIN SURAT PERNYATAAN YG HARUS DI CAP/STEMPEL HRD ..DAN KALAU EMANG GA BISA, BAWA AJA SURAT KONTRAK ASLI YG DI TTD

    Semoga bermanfaat

    BalasHapus

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih