Penyakit dan Kelainan Akibat Kecanduan Smartphone

Advertisement
Advertisement
Mungkin sejak beberapa tahun terakhir kita sudah dijamah oleh dunia teknologi yang canggih terutama untuk bidang telekomunikasi dimana kita disuguhi dengan teknologi smartphone yang begitu canggih dan dalam berbagai pilihan dengan harga yang terjangkau sampai harga yang paling mahal bisa kita dapatkan. Dengan adanya smartphone mungkin ada beberapa kalangan merasa terbantu dengan kehadiran perangkat pintar tersebut, misalnya bisa berkirim email melalui ponsel dari mana saja untuk keperluan pekerjaan maupun keperluan yang lain.

Penyakit dan Kelainan Akibat Kecanduan Smartphone

Namun dibalik kecanggihan tersebut, tersimpan beberapa sisi negatif yang membuat para penggunanya lupa akan fungsi sebenarnya dari smartphone tersebut, kadang mereka sampai kecanduan terhadap hal tertentu yang ada pada smartphone mereka terutama dengan sosial media. Berikut adalah beberapa penyakit dan kelainan akibat kecanduan smartphone yang berlebihan.

  1. Narsisme atau suka pamer, kadang sebelum melakukan sesuatu orang suka memfoto dulu apa yang akan mereka lakukan, misalnya saat mau makan atau saat memakai sepatu baru
  2. Kecanduan like, kadang selalu berharap mendapat like dari setiap apa yang diunggah ke media sosial seperti facebook dan jika hal tersebut tidak tercapai atau tidak sesuai ekspektasi maka semua itu bisa bikin frustasi.
  3. Wanita lebih cenderung suka selfie dan ini adalah fakta mereka kadang suka selfie dengan beberapa gaya yang menurutnya bagis dan cantik kemudian akan da caption "jelek" pada unggahan foto tersebut.
  4. Nomophobia atau No Mobile Phone Phobia artinya rasa cemas atau gelisah apabila terlepas dari gadget, tidak bisa fokus mengerjakan hal lain, karena selalu berfikir kalau ada notifikasi pada ponsel pintar mereka. 66 % dari orang yang kecanduan gadget mengalami nomophobia.
  5. Sulit berinteraksi dengan dunia  nyata karena selalu atau terlalu asik dengan dunia maya yang menurutnya lebih menyenangkan meskipun kadang penuh kepalsuan.
  6. Tidak peduli dengan sekitar, berpotensi membahayakan diri sendiri karena terlalu fokus pada ponsel mereka dan jarang melihat ke sekitar mereka.
  7. Suka melihat kehidupan orang lain dan membandingkan dengan kehidupan sendiri, tidak bisa menerima keadaan akan berpotensi menjadi korban bully dan depresi
  8. Mengalami gangguan pada saraf otot jari karena jari terlalu sering dipakai untuk mengetik pada layar ponsel.
  9. Pembungkukan dan sakit punggung, terlalu lama menunduk karena bermain gadget akan membuat sakit tulang dan otot leher.
  10. Main HP tidak jelas, sering menghabiskan waktu produktif padahal sudah tidak ada notifikasi tetapi masih saja melihat ponsel yang kadang hanya sekedar untuk tidak terlepas dari ponsel pintar tersebut.
  11. Tidak fokus pada satu hal sering lupa akan hal penting kadang mereka suka melihat layar ponsel tanpa tujuan, mereka suka membuka aplikasi berulang ulang tanpa tujuan yang jelas, sebentar buka FB, buka Twitter buka Path dan kembali ke FB begitu berulang-ulang tanpa tujuan yang jelas.
  12. Memalsukan kehidupan sosial, yang terlihat di sosial media tidak seperti kehidupan aslinya cenderung yang terlihat di dunia maya lebih indah dari kehidupan aslinya.
  13. Insomnia, cahaya dari layar ponsel mengganggu fungsi otak sehingga membuat kondisi selalu terjaga, default mode network otak aktif dalam keadaan setengah sadar.
Nah itulah beberapa penyakit dan kelakuan negatif akibat pengaruh dari kecanduan Smartphone yang berlebihan, apakah kamu pernah melakukan beberapa dari penyakit di atas? Mulai sekarang bijaklah memakai smartphone, gunakan untuk keperluan yang sebenarnya yaitu untuk media komunikasi yang nyata bukan yang maya yang bisa membunuh karakter sebenarnya manusia.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Penyakit dan Kelainan Akibat Kecanduan Smartphone"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih