Nama Resmi 12 Stadion Piala Dunia Rusia 2018

Advertisement
Advertisement
12 Stadion Piala Dunia Rusia 2018
Luzhniki Stadium di kota Moskwa
Perhelatan akbar ajang Piala Dunia masih 3 tahun lagi dimana yang menjadi tuan rumah adalah Rusia. Namun meski masih lama akan digelarnya Piala Dunia, pihak FIFA sudah mengumumkan secara resmi nama-nama Stadion yang akan dipakai saat perhelatan Piala Dunia 2018 nanti di Rusia.

Terdapat setidaknya 12 Stadion yang siap meramaikan penyelenggaraan Piala DUnia Rusia 2018 yang tersebar di 11 kota seantero Rusia. Mulai dari yang paling barat yaitu di Kaliningrad sampai paling timur yaitu di Ekaterinburg dan Sochi yang terletak paling selatan. Sementara Moskwa menyediakan dua venue sekaligus untuk menyukseskan pesta Sepakbola terakbar di planet ini.

Berikut adalah nama-nama Stadion tersebut.
  1. Ekaterinburg Arena di kota Ekaterinburg adalah kota paling timur yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 nanti. Sejak dibangun pada akhir tahun 1950-an sila, stadion ini sudah menjadi pusat perkembangan olahraga kawasan timur Rusia. Empat pertandingan fase grup akan digelar di sini.
  2. Fisht Stadium di Sochi kawasan selatan Rusia, nama Fisht sesuai dengan nama Gunung di pegunungan Kaukasus. Secara harfiah kata "Fisht" dalam bahasa Adygeya berarti "puncak putih atau abu-abu". Stadion ini akan menggelar 4 laga fase grup, satu laga 16 besar dan 1 babak perempat final.
  3. Kazan Arena di Kazan yang merupakan markas dari klub Rubin Kazan sejak tahun 2013 dan pernah menyelenggrakan Universiade 2013 serta dipercaya menjadi tempat kejuaraan Akuatik Dunia 2015. Empat laga grup, satu laga babak 16 besar dan satu laga 8 besar digelar di sini.
  4. Kaliningrad Stadium di Kaliningrad yang dibangun khusus untuk menggelar Piala Dunia 2018 dan setelah itu akan menjadi markas klub FC Baltika Kaliningrad. Empat pertandingan grup akan digelar di stadion yang menyerupai Alianz Arena di Jerman.
  5. Luzhniki Stadium di kota Moskwa, namanya diambil dari distrik setempat, stadion yang menjadi markas dari Timnas Rusia dan tidak digunakan oleh klub, pernah menggelar final Liga Champions pada tahun 2008 antara Manchester United vs Chelsea. Stadion ini akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Piala Dunia 2018 dan juga dipakai tiga pertandingan fase grup lain, masing-masing satu laga 16 besar dan semi final serta final.
  6. Spartak Satadium di Moskwa merupakan bekas bandara Tushino dan menjadi markas salah satu klub top Rusia, Spartak Moskwa. Empat laga grup dan satu pertandingan babak 16 besar akan dipentaskan di sini.
  7. Mordovia Arena di Sarank, nama stadion ini diambil dari nama suku terbesar di Rusia sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat Mordovia. Stadion yang khusus dibangun untuk menggelar Piala Dunia 2018 akan ada 4 pertandingan grup di sini.
  8. Nizhny Novgorod Arena di Nizhny Novgorod akan menggelar empat laga grup, satu babak 16 besar dan satu babak perepat final. Stadion ini pernah direnovasi pemerintah Rusia pada tahun 2008  dan sebelumnya dipakai untuk ajang pertandingan Basket.
  9. Rostov Arena di Rostov-on-Don, merupakan salah satu stadion baru dibangun sejak tahun 2011 lalu khusus untuk Piala Dunia 2018, stadion ini akan menggelar 4 laga grup dan satu babak 16 besar.
  10. Samara Arena di Samara, di stadion ini akan digelar enam pertandingan yaitu empat laga grup, satu babak 16 besar dan satu babak perempat final, stadion yang baru dibangun ini, setelah Piala Dunia 2018 akan menjadi markas dari klub FC Krylia Sovetov.
  11. Saint Petersburg Arena di Saint Petersburg yang merupakan kota terbesar kedua di Rusia. Stadion ini akan menjadi tuan rumah Piala Konfederasi 2017, satu laga grup Rusia ditambah tiga pertandingan fase grup lainnya. Sebuah laga babak 16 besar, perempat final dan perebutan tempat ketiga akan digelar di sini.
  12. Volgograd Arena di Volgograd merupakan markas dari FC Rotor Volgograd ini akan menggelar empat pertandingan fase grup. Pembangunan ulang dilakukan pada stadion multifungsi ini untuk menyambut Piala Dunia 2018.
Enam diantaranya adalah stadion baru, termasuk Saint Petersburg. Stadion di kota terbesar kedua di Rusia itu rencananya akan dibuka tahun depan sekaligus menjadi hunian baru dari FC Zenit Petersburg.

Pemberian nama yang mengandung muatan lokal, misalnya stadion Fisht di Sochi yang diambil dari nama gunung di kawasan Kaukasus. Begitu juga dengan nama stadion di Sarank sebagai bentuk dari penghargaan terhadap budaya setempat.

Piala Dunia 2018 akan dibuka dan ditutup di Stadion Luzhniki stadion yang sama yang pernah menggelar final Liga Champions pada tahun 2008 antara Manchester United dan Chelsea. Sebagai pemanasan, setahun sebelum turnamen digelar Piala Konfederasi yang akan dimainkan di empat kota

Nah sementara itulah 12 nama stadion yang siap untuk menggelar perhelatan akbar Piala Dunia Rusia 2018.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Nama Resmi 12 Stadion Piala Dunia Rusia 2018"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih