Hari Baik Menurut Bali Untuk Membeli Kendaraan Bermotor.

Advertisement
Advertisement
Kita sebagai orang Bali yang hidup berdasarkan tradisi dan Agama Hindu yang sudah melekat sejak dahulu kala dan masih kita terapkan sampai sekarang di jaman yang sudah modern ini. Banyak sekali hal-hal yang kita lakukan masih berdasarkan warisan leluhur kita yang dianggap masih relevan dengan kehidupan kita sekarang ini.

Hari Baik atau Dewasa Ayu Menurut Bali Untuk Membeli Kendaraan Bermotor seperti Mobil atau Sepeda Motor

Salah satu yang mungkin masih banyak yang masih dipakai oleh Orang Bali adalah disaat mencari hari baik atau Dewasa Ayu untuk melakukan sesuatu atau bahkan membeli sesuatu. Saat orang Bali akan mencari Hari baik untuk melakukan sesuatu, biasanya orang Bali melihat Kalender Bali yang lengkap untuk melihat tanggal atau hari yang baik di sana.

Tetapi kadang zaman sudah berubah, biasanya pada Kalender Bali hanya memuat hari baik atau dewasa ayu hanya untuk kegiatan keagamaan dan kegiatan agraris seperti bertani, beternak melaut, membangun rumah atau tempat Suci, selain itu kalender Bali juga mencantumkan hari baik untuk bersenggama.

Nah bagaimana jika orang Bali mau mencari hari baik atau dewasa ayu untuk membeli barang elektronik atau kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor? Pada kalender Bali memang tidak dimuat hari baik untuk membeli barang elektronik atau kendaraan bermotor.

Dalam Lontar-lontar Wariga memang tidak ada menyebut hari baik untuk keperluan satu ini karena merupakan perkembangan mutakhir dalam kehidupan masyarakat Bali. Namun sesungguhnya hari baik membeli kendaraan bermotor itu bisa dilihat dari segi tujuannya, jika kendaraan bermotor dibeli untuk tujuan bisnis, dewasa ayu atau hari baik bisa digunakan dewasa ayu perdagangan.

Menurut penyusun kalender dari Buleleng, I Gde Marayana, tradisi Wariga sebenarnya sudah memberikan peluang untuk mengadopsi perkembangan mutakhir dalam kehidupan masyarakat Bali termasuk pembelian kendaraan bermotor ini. Menurut Marayana, dalam Wariga Bali ada hari Kajeng dadi atau Tulus yang dianggap baik dalam melakukan berbagai kegiatan.

Hanya saja menurut Marayana hari Dadi dan Tulus itu janagn sampai bertemu dengan Kala papasan atau Kala sudukan. Menurut Marayana Kala Papasan dan Kala Sudukan dimaknai sebagai hari yang tidak baik untuk Padewasan, karena itu dianggap memiliki pengaruh kurang baik untuk melakukan suatu kegiatan atau upacara agama di Bali.

Nah itulah cara menentukan hari baik atau dewasa ayu untuk membeli kendaraan bermotor, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Hari Baik Menurut Bali Untuk Membeli Kendaraan Bermotor."

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih