Cara Daftar BPJS atas Nama Pribadi Secara Online

Advertisement
Advertisement
Selama ini mungkin orang pada bingung tentang cara pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan. Selama ini biasanya yang mendaftarkan adalah pihak perusahaan, kita hanya disuruh mengisi data atau formulir yang diberikan oleh perusahaan tanpa memperhatikan apa saja yang sudah diisi waktu itu.

Selain didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan oleh perusahaan dan atas nama perusahaan, saat ini orang pribadi juga bisa mendaftar menjadi anggota peserta BPJS Ketenagakerjaan. Cara pendaftarannya juga sangat mudah kamu bisa mendaftar secara online dengan mengunjungi halaman atau situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan.

Beberapa hari lalu ada teman bertanya tentang bagaimana cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan ini secara pribadi, apa saja syaratnya dan berapa biaya pendaftaran untuk menjadi anggota peserta BPJS Ketenagakerjaan ini. Akhirnya saya suruh untuk mengunjungi situs resmi milik BPJS Ketenagakerjaan, di sana ada pilihan mendaftar atas nama perusahaan atau atas nama pribadi.

Berikut akan saya jelaskan cara mendaftar untuk menjadi anggota peserta BPJS Ketenagakerjaan atas nama pribadi secara online.

Pertama kamu cari dulu situs resmi BPJS TK, atau langsung saja klik disini maka kamu akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.


Dari tampilan formulir di atas maka bisa kita ketahui apa saja syarat mendaftar BPJS TK, yang pertama dan paling penting adalah nomor e-KTP, nama lengkap, tanggal lahir dan nomor ponsel yang masih aktif. Yang ada tanda bintang itu artinya wajib diisi atau tidak boleh kosong. Jika sudah selesai mengisi form ini maka silakan klik Daftar, setelah itu akan muncul seperti gambar di bawah ini.


Silakan lengkapi lagi formulir di atas dengan mengisi data sesuai dengan apa yang diminta. Sekali lagi yang ada tanda bintang itu artinya wajib diisi, tidak boleh kosong. Setelah berhasil mengisi data tersebut dengan benar maka silakan klik Daftar, kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini.


Jika menurut kamu data yang kamu isi tadi sudah benar maka silakan pilih atau klik Yes untuk melanjutkan. Setelah kamu klik Yes maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.


Jika data yang kamu masukkan sudah benar, jika tadi kamu sudah pilih Yes, maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas, itu artinya kamu sudah berhasil terdaftar sebagai calon peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya silakan pilih atau klik Login untuk melanjutkan, kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini.


Untuk Log in silakan masukkan nomor KTP elektronik kamu dan Password yang tadi dibuat. Jika sudah selesai silakan pilih Login karena tadi kamu sudah berhasil mendaftar. Setelah itu maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.


Silakan pilih Ubah Data Peserta jika ada data yang mau dirubah, misalnya mengubah alamat dan lain sebagainya. Silakan pilih Informasi untuk membaca beberapa penjelasan tentang program BPJS TK ini. Silakan pilih Pembayaran untuk melihat simulasi perhitungan pembayaran yang akan dibayar setiap tanggal satu setiap bulannya. Jika kamu pilih Pembayaran maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.


Silakan isi jumlah gaji kamu, misalnya cukup masukkan angka saja tanpa tanda baca, misalnya contoh di atas 1.800.000 jadi kamu cukup ketik 1800000 saja. Setelah itu perhatikan kolom Produk yang dipilih, untuk JKM dan JKK sudah otomatis tercentang, sedangkan untuk JHT itu bisa kamu pilih atau tidak. Setelah itu lihat kolom periode, nah disana ada pilihan angka 1, 3, 6 dan 12 semakin besar angka yang kamu pilih maka iuran perbulannya akan semakin besar.

Nah itulah cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan atas Nama Pribadi Secara Online,sangat mudah bukan? jika ada pertanyaan bisa langsung posting di kolom komentar atau bisa langsung menghubungi layanan BPJS di nomor call center 1500910 atau melalui Facebook dan Twitter, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Daftar BPJS atas Nama Pribadi Secara Online"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih