Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Advertisement
Advertisement
Kali ini saya akan mencoba memberikan cara terbaru untuk mengecek saldo dana BPJS Ketenagakerjaan, supaya bisa mengecek saldo BPJS, syaratnya hanya satu yaitu kamu sudah terdaftar sebagai peserta BPJS. Biasanya setiap tahun kita akan menerima laporan saldo BPJS ini dengan terperinci yang dikirim ke tempat kerja kita. Namun ada juga alasan untuk mengecek kembali saldo BPJS kita untuk sekedar tahu saja, berapa sie saldo BPJS saat ini?

Kamu yang masih berstatus karyawan tentu belum bisa mencairkan dana BPJS tersebut, kamu hanya bisa melihatnya saja, karena salah satu syarat untuk bisa mencairkan saldo JHT BPJS adalah kamu sudah tidak bekerja lagi satu bulan semenjak kamu resign atau PHK dari tempat kerja kamu sebelumnya.

Ada kalanya kamu ingin mengecek saldo JHT BPJS kamu sebelum laporan tiap tahun itu datang, nah sekarang kamu sudah bisa mengeceknya secara online via PC, Laptop, Tab dan juga smartphone kamu. Caranya sangat mudah, berikut akan saya jelaskan langkah-langkahnya.

Pertama jika kamu belum pernah registrasi di laman BPJS Ketenagakerjaan, maka kamu harus registrasi dulu, silakan Registrasi disini supaya lebih cepat. Setelah kamu klik registrasi itu, maka akan muncul di tab baru tampilan laman BPJS, seperti gambar di bawah, silakan lengkapi formulir elektronik berikut.


Silakan perhatikan tabel di bawah untuk mengisi formulir di atas.
1
Silakan isi dengan nomor KPJ kamu, jumlahnya 11 digit angka
2
Nama
Silakan isi dengan Nama lengkap kamu
3
Silakan isi dengan tanggal lahir kamu, dengan format DD-MM-YYYY. Contoh: 01-02-1933
4
No. E-KTP
Silakan isi dengan nomor E-KTP kamu, jumlahnya 16 digit angka.
5
Silakan ini nama lengkap Ibu kandung kamu.
6
No. Handphone
Silakan isi dengan nomor HP kamu yang masih aktif, untuk mengirim PIN atau kode verifikasi.
7
Alamat Email
Silakan isi dengan alamat email kamu yang masih aktif, untuk mengirim PIN atau kode verifikasi.
8
Kode Keamanan
silakan masukkan kode Captcha yang terlihat pada sistem.
9
Silakan centang bagian ya, Saya setuju, di bagian bawah untuk bisa melanjutkan proses registrasi.
10
Selanjutnya
Klik Submit Data.

Jika data-data yang kamu masukkan ke formulir online tersebut sudah benar dan sesuai dengan data yang tersimpan pada database BPJS maka kamu akan menerima email dan SMS yang berisi PIN untuk memverifikasi data-data kamu. Silakan masukkan PIN dari email untuk memverifikasi.

Ini adalah contoh email yang masuk yang berisi PIN verifikasi.

Silakan masukkan PIN verifikasi yang diterima via email di kolom di atas, kemudian silakan klik kirim.
Selain mendapat PIN via email, kita juga akan menerima PIN lewat SMS. PIN yang dikirim lewat SMS akan berbeda dengan yang diterima lewat email, karena fungsinya juga berbeda. PIN yang dikirim via email fungsinya adalah sebagai password saat kita sign in. Sementara PIN yang dikirim lewat SMS gunanya untuk aktivasi setelah kita sign in.

Setelah kita punya akun beserta PIN/Password-nya, kita sudah bisa cek saldo JHT kita via online. Caranya masuk ke website BPJS Ketenagakerjaan, kemudian log in dengan memasukkan user ID kita, user ID boleh nomor E-KTP atau dengan email yang kita gunakan untuk mendaftar, kemudian masukkan PIN/Password yang sudah dikirim lewat email. Kemudian klik 'Sign In'.

Setelah itu kamu akan diarahkan langsung menuju halaman yang bisa mengecek saldo JHT BPJS, silakan lihat gambar di bawah ini.
Jika ingin cek saldo, silakan pilih menu Cek Saldo JHT
Setelah kamu klik Cek Saldo JHT, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Jika kamu sudah Registrasi maka ketika akan mengecek saldo, nomor KPJ kamu sudah otomatis tersimpan, silakan klik Submit untuk mengecek saldo JHT BPJS kamu, maka akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini.
Tampilan sederhana dari laporan saldo BPJS kamu.
Nah sangat mudah bukan Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online, silakan mencoba mengecek saldo BPJS kamu, sendiri layaknya pegawai BPJS, karena sangat menyenangkan bisa mengecek saldo BPJS ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

2 Responses to "Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online"

  1. kok code verifikasi via sms gak dkirim jg .... itu gmna???

    ReplyDelete
  2. Apakah ada cara untuk merubah nomor hp, yang terdaftar di bpjstk mobile...?
    Karena nomor hp yang telah terdaftar di bpjstk mobile sebelum nya, saat ini sudah tidak aktif lg...
    Mohon pencerahan nya... Terimakasih

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih