Tut Wuri Handayani Artinya?

Advertisement
Advertisement
Entah apa yang ada dipikiran salah satu personel JKT48 dengan akun twitter @Della_JKT48 dia membuat kicauan yang berbunyi "Dan aku juga mengenalkan budaya indonesia ke mereka .seperti,tut wuri handayani yg artinya  walaupun beda tetap satu."

Nah dari sana banyak netizen terutama yang punya akun twitter membully anggota JKT48 tersebut. Bahkan kata Tut Wuri Handayani menjadi trending topic di twitter dari kemarin sampai pagi ini. Mungkin dia lelah sehingga jadi bingung apa arti Tut Wuri Handayani dan apa arti Bhineka Tunggal Ika.

Nah apa sebenarnya Tut Wuri Handayani, apa artinya dan dari mana asalnya. Secara singkat Tut Wuri Handayani itu adalah bagian dari tiga prinsip atau sifat kepemimpinan yang harus dimiliki oleh pemimpin yang dulu diperkenalkan oleh Bapak Pendidikan Indonesia yakni Bapak Ki Hadjar Dewantara.

Tiga prinsip atau sifat pemimin itu dijelaskan sebagai berikut:

Ing Ngarso Sun Tulodo artinya Ing ngarso itu di depan/dimuka. Sun berasal dari kata Ingsun yang artinya saya (bukan Sun Go Kong). Tulodo berarti tauladan, jadi makna Ing Ngarso Sun Tulodo adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang-orang di sekitarnya. Atau pemimpin berada palinb depan untuk menggerakan anak buahnya.

Ing Madyo Mangun Karso, Ing Madyo artinya di tengah-tengah, Mangun berarti membangkitan atau menggugah dan Karso diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat. Jadi makna dari kata itu adalah seseorang di tengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat anak buah yang dipimpinnya.

Tut Wuri Handayani, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan handayani berati memberikan dorongan moral atau dorongan semangat. Jadi Tut Wuri Handayani artinya memberikan dorongan moral atau semangat kerja dari belakang. Atau bisa juga diartikan mebiarkan anak buah berkreatifitas sesuai keinginannya tetapi tetap dalam pengawasan pemimpin atau tetap berada di jalur yang benar.

Tut Wuri Handayani juga punya lambang yaitu seperti yang tergambar pada atribut anak sekolah zaman sekarang seperti pada topi atau dasi murid SD atau bisa juga dilihat pada Instansi atau Gedung Departemen Pendidikan Nasional.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Tut Wuri Handayani Artinya?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih