Teliti Dulu Sebelum Membaca Berita

Advertisement
Advertisement
Saat ini di dunia internet banyak sekali yang bisa dicari, salah satunya adalah informasi atau berita, dimana sudah banyak bahkan sudah semua media nasional punya portal online untuk memudahkan kita untuk mengakses berita secara cepat.

Namun belakangan ini ada beberapa pihak memanfaatkan internet ini dengan maksud tidak baik entah apa tujuannya yang pasti mereka pasti mencari keuntungan pribadi dari ulahnya itu dengan menipu pembaca berita.

Hari ini saya sempat membaca berita di facebook, berita yang saya baca adalah berita bersponsor dan atas nama portal berita yang sudah terkenal yaitu Tribune News. Judul beritanya cukup nyeleneh yaitu tentang Pramugari yang diperkosa oleh Pilot. Dari judul berita itu saya berfikir, kayaknya kalau media nasional tidak mungkin akan membuat judul berita yang vulgar seperti itu.

Dengan rasa penasaran akhirnya saya mencoba menelusuri berita tersebut, yang pertama saya lakukan adalah mengecek akun facebook yang memposting berita tersebut. Terang saja setelah saya cek halaman facebook Tribun News itu ternyata halaman facebook palsu tetapi likernya sudah banyak hampir 19.000 pengguna facebook.

Setelah itu saya coba membuka link berita itu dan ternyata setelah saya klik bukan alamat atau url Tribun News yang muncul tetapi alamat lain, tampilan webnya pun jauh berbeda dengan web milik Tribun News, tampilannya malah lebih mirip ke situs berita Detik.

Nah dari sana saya bisa pastikan kalau berita itu adalah berita palsu atau Hoax, yang bisa menyesatkan pembaca jika pembaca tidak teliti salam melihat sebuah akun facebook. Kira-kira apa tujuan dari berita tersebut?

Seperti yang saya katakan di atas mungkin tujuannya mencari keuntungan untuk diri sendiri, atau juga mungkin hanya sekedar iseng untuk membuat berita fenomenal supaya banyak di klik oleh orang atau pengguna facebook.

Inilah masalah, kenapa berita seperti itu muncul di facebook dan konten itu bersponsor, artinya orang yang membuat berita palsu itu membayar ke facebook supaya iklannya bisa muncul di beranda pengguna facebook. Sekali iklan saja dengan membayar Rp 72.000,- iklan itu bisa menjangkau pemirsa atau pembaca sekitar 1000-4000 pemirsa, belum lagi kalau berita itu menjadi viral di facebook maka akan lebih banyak lagi pemirsa atau pembaca yang tertipu.

Pihak facebook mungkin tidak memilah berita atau konten yang akan diiklankan di facebook jadi iklan bersponsor apa saja bisa muncul di facebook. Sekarang kita harus lebih pintar sebagai netizen untuk menyikapi jenis berita tertentu dari mana asal berita itu, siapa yang menyebarkan atau mengiklankan dan apakah berita itu benar atau hoax, silakan simpulkan sendiri, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Teliti Dulu Sebelum Membaca Berita"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih