Pengertian Tri Mala dan Bagiannya

Advertisement
Advertisement
Om Swastyastu, setiap pelajaran agama selalu bertujuan untuk menjadikan umatnya menjadi lebih baik dalam segala hal. Kebaikan akan datang jika kita mampu berbuat baik dan mengendalikan atau meredam semua sifat buruk.

Dalam Agama Hindu kita kenal dengan namanya Tri Mala yang artinya tiga sifat kotor yang melekat pada jiwa manusia akibat pengaruh buruk dari nafsu yang tak terkendalikan dan sangat bertentangan dengan kesusilaan. 

Berikut adalah pembagian Tri mala serta artinya adalah sebagai berikut
1. Mithia Hrdaya artinya selalu berperasaan dan berpikiran buruk, buruk sangka kepada orang lain atau istilah kerennya Negative Thinking.
2. Mithia Wacana artinya berkata sombong, angkuh, tidak menepati janji, suka bohong.
3. Mithia Laksana artinya berbuat kurang ajar, tidak sopan, tidak punya etika hingga merugikan diri sendiri dan orang lain.

Selain tiga sifat buruk yang tersebut diatas ada tiga musuh yang menghambat perkembangan manusia dalam berjuang melaksanakan Tri Kaya Parisudha, yang dikenal dengan nama Tri Mala Paksa. Tri Mala Paksa meliputi :
1. Kasmala artinya perbuatan yang hina dan kotor.
2. Mada artinya perkataan, pembicaraan dusta dan kotor.
3. Moha artinya pikiran perasaan curang dan angkuh.

Nah itulah pengertian Tri Mala dan bagian-bagiannya, semoga bermanfaat. Om Santhi, Santhi, Santhi Om.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pengertian Tri Mala dan Bagiannya"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih