Pengertian Sad Paramita dan Bagiannya

Advertisement
Advertisement
Om Swastyastu, beberapa hari yang lalu saya sudah pernah membahas tentang Catur Paramita. Kali ini ada juga tambahan tentang Catur Paramitha tersebut, kali ini kita akan bahas tentang Sad Paramita secara singkat. Sad Paramita berasal dari dua kata yaitu Sad yang artinya enam dan Paramitha artinya siafat baik atau keutamaan. Jadi Sad Paramita artinya enam sikap baik untuk menuju keluhuran hidup. Berikut adalah bagian-bagian dan penjelasan dari Sad Paramita.

Dana Paramita artinya memberi dana atau sedekah baik berupa material atau non material untuk kebaikkan bagi mereka yang membutuhkan, misalnya untuk fakir miskin atau menyumbang untuk proyek rehab Pura.
Sila Paramita artinya berfikir, berkata dan bebuat yang baik, suci dan luhur untuk kebaikan diri sendiri dan juga tidak meugikan orang lain.
Ksanti Paramita artinya pikiran tenang atau damai, tahan terhadap penghinaan dan segala macam godaan. Selalu bersikap baik terhadap semua jenis perlakuan dari orang lain, misalnya tidak ikut memaki saat dimaki, tidak ikut memukul saat disakiti.
Wirya Paramita artinya keteguhan, tetap pendirian. Selalu setia dalam setiap pikiran, perkataan dan perbuatan tidak tergoyahkan dalam melakukan perbuatan baik, tidak suka mengeluh dan tidak tergoda oleh hal-hal buruk misalnya berjudi, mabuk-mabukkan dan lain-lain.
Dhyana Paramita artinya selalu tertuju pada Tuhan atas semua yang dipikirkan, dikatakan dan yang dilakukan. Kebenaran hanya ada pada Tuhan dan untuk mencapainya kita harus melaksnakan perintahNya dan menjauhi laranganNya.
Pradnya Paramita artinya Bijaksana dalam mempertimbangkan sesuatu, dengan sudah memiliki kelima sifat diatas maka akan dengan mudah untuk mempertimbangkan mana perbuatan baik dan mana perbuatan buruk untuk mencapai kebenaran sejati.

Nah itulah penjelasan dari Sad Paramita dan bagian-bagiannya, semoga bermanfaat. Om Santhi, Santhi, Santhi Om.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pengertian Sad Paramita dan Bagiannya"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih