Facebook Akan Ada Tombol Dislike?

Advertisement
Advertisement
Baru-baru ini pihak facebook melalui CEOnya yaitu Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa beberapa waktu kedepan akan membuat tombol dislike pada aplikasi facebook sebagai pengimbang dari ikon Like yang seolah sudah ciri khas dari jejaring sosial facebook tersebut. Belakangan mucul pemahaman bahwa tombol dislike itu akan berupa jempol yang mengayun ke bawah atau kebalikan dari tombol like.

Nyatanya masih banyak yang keliru memahami apa itu tombol dislike yang akan dibuat oleh facebook. Sang pendiri facebook mengatakan "Kami tidak ingin membuat tombol dislike yang malah membuat facebook menjadi forum dimana pengguna seakan bisa memberi suara setuju atau tidak setuju dari sebuah publikasi orang lain, itu bukan komunitas yang ingin kami ciptakan.

Selama ini facebook sebagai jejaring sosial terbesar yang memiliki pengguna paling banyak. Sebelumnya juga sudah pernah muncul tentang rencana facebook untuk membuat tombol dislike ini tetapi sampai saat ini tak kunjung terealisasi.

Ada prediksi kalau pihak pfacebool akan membuat tambahan tombol untuk ekspresi pembaca dengan menambahkan ikon yang katanya mirip dengan milik Path. Ikon itu terdiri dari lima karakter yaitu heart atau like untuk menyukai, smile atau senang untuk reaksi positif, winking smile atau gelak tawa terhadap hal yang lucu, surprised atau rasa terkejut dan frown untuk menunjukan rasa simpati atau empati. Lima ikon tersebut dikatakan sudah bisa mewakili seluruh emosi pengguna.

Apa yang ditakutkan Mark Zukerberg bisa saja menjadi kenyataan, dengan adanya tombol dislike ini akan menjadikan facebook jejaring sosial yang kurang komukatif dan interaktif dimana bisa jadi akan terjadi interaksi hanya dengan dua tombol Like dan Dislike saja.
Kapan tombol dislike ini akan bekerja pada sebuah postingan? Misalnya pada postingan yang berbau pornografi, kekerasan atau hal-hal yang tidak seharusnya muncul di facebook. Hal ini akan lebih menyerupai dengan fitur laporkan kiriman ini, dimana nanti akan ada pilihan dan pertanyaan mengapa anda tidak menyukai kiriman ini? dan di bawahnya ada beberapa pilihan untuk dilaporkan.

Selain itu tombol Dislike ini tidak akan cocok dengan postingan yang bernuansa duka lara, karena kiriman seperti ini lebih pada perasaan sedih jadi kalau kita meberi tombol Dislike tentu tidak akan sesuai karena mereka sedang berkabung dan kalau memberi like itu lebih pada perasaan simpati atau empati.

Menurut saya tombol Dislike ini musti dirancang seatraktif mungkin supaya tidak menimbulkan salah pengertian diantara yang punya kiriman dengan pembaca. Lebih baik optimalkan komentar dengan emoticon yang selama ini sudah ada atau buatlah tombol Dislike yang namanya bukan Dislike atau logonya jangan jempol terbalik.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Facebook Akan Ada Tombol Dislike?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih