Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merokok, Penyebab AC Mobil Cepat Rusak

Kita tahu banyak sekali kebiasaan pengendara di Indonesia terutama saat mereka mengemudi, terkadang bagi pria mengemudi sambil merokok itu adalah hal yang biasa dan wajar. Tetapi mereka mungkin tidak tahu bahaya dan kerugian yang ditimbulkan jika mengemudi sambil merokok.

Dulu saya sudah pernah membuat tulisan dengan judul dilarang merokok saat berkendara di sana saya sudah menjelaskan apa bahaya dan harapan saya bagi mereka yang suka merokok saat mengemudi.

Kali ini saya mau membahas sedikit tentang kerugian yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok saat mengemudi yaitu akan membuat AC mobil cepat rusak. Jika mau merokok saat mengemudi sebaiknya AC dimatikan dulu, setelah selesai merokok baru hidupkan AC.

AC bisa cepat rusak bukan karena asap rokok tetapi karena debu jalan masuk ke mobil, karena saat merokok jendela mobil pasti terbuka dan debu otomatis masuk ke saringam AC. Jika AC tetap menyala maka lama kelamaan filter AC yang ada di kabin akan cepat kotor.

Mobil tahun 2012 keatas pasti sudah dilengkapi dengan filter AC yang ditempatkan di dalam kabin. Saringan kotor bisa membuat AC mengalami masalah seperti tidak dingin dan lain-lain.

Untuk merawat AC sebaiknya saringan AC harus sering dibersihkan, minimal setiap enam bulan sekali atau setiap 10.000 km dan mobil yang jarang digunakan ada baiknya ketika memanaskan mesin mobil AC juga ikut dinyalakan selama 5 sampai 7 menit.

Sama halnya dengan ban jika jarang dipakai maka tekanan angin bisa berkurang, AC juga demikian pasti akan ada dampaknya jika jarang dipakai.

Nah itulah sedikit tips untuk menjaga keawetan AC mobil, semoga bermanfaat.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Merokok, Penyebab AC Mobil Cepat Rusak"