Cara Benar Mencuci Pakaian

Advertisement
Advertisement
Saya yakin semua orang sudah tahu apa itu mencuci pakaian sepertinya tidak perlu saya jelaskan dengan panjang lebar. Secara umum mencuci itu adalah kegiatan yang mengubah sesuatu yang kotor menjadi bersih supaya terlihat layak dan siap untuk dipakai kembali.

Nah dari judul diatas maka sekarang ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya mencuci pakaian selama puluhan tahun karena sejak SD sampai sekarang saya mencuci pakaian sendiri dengan tangan bukan dengan mesin cuci karena saya tidak punya mesin cuci.

Sering saya mendengar keluhan dari teman karena baju yang dimiliki warnanya mudah pudar atau luntur dan tidak tahan lama terutama pada bagian kerah. Nah bagaimana cara mencuci pakaian yang benar supaya baju warnanya bisa awet dan tahan lama.

Sebelumnya kamu juga harus tahu bahwa bahan yang dipakai juga bisa mempengaruhi umur baju selain itu yang paling penting adalah cara mencuci harus benar dan juga cara menjemur pakaian harus benar sehingga baju bisa awet dan tahan lama, nah berikut tips cara mencuci, seperti yang sering saya lakukan secara manual atau mencuci dengan tangan.
  • Sebaiknya mencuci pada saat pagi hari, supaya pakaian yang sudah dicuci langsung mendapat sinar matahari saat di jemur, hal ini untuk menghindari bau apek.
  • Selanjutnya pisahkan jenis pakaian yang akan di cuci, silakan pisahkan dari segi bahan, dari segi warna dan dari segi tingkat kekotoran.
  • Setelah itu rendam pakaian dengan dengan deterjen, sesuaikan takaran deterjen dengan banyak air dan jumlah pakaian yang akan di rendam, silakan rendam kurang lebih selama 30 menit.
  • Setelah itu kucek pakaian dengan tangan, jika terlalu kotor maka bantulah dengan sikat untuk membersihkan.
  • Setelah selesai mengucek dan menyikat maka silakan bilas cucian sampai sisa busa deterjen habis dan airnya pun agak kering.
  • Setelah semua selesai di bilas dan tambahkan pewangi jika perlu.
Nah proses pencucian dan pembilasan sudah selesai maka sekarang adalah proses penjemuran pakaian, bagaimana cara menjemur pakaian yang  benar, ikuti langkah berikut.
  • Sebelum itu balikan dulu semua pakaian yang akan di jemur, supaya bagian dalam yang kena sinar matahari karena sinar matahari bisa membuat pudar atau luntur warna pakaian, jadi tujuan membalikkan pakaian ini adalah untuk mengindari bagian luar warnanya cepat luntur. Ini adalah bagain yang terpenting saat menjemur pakaian.
  • Untuk baju yang ada kerahnya maka saat menjemur kerahnya juga dilipat keluar layaknya baju seperti dipakai, karena bagian itu merupakan bagian dalam kerah sehingga saat dijemur bagian itulah yang kena sinar jadi bagian luar bisa aman. Biasanya pada baju bagian kerah ini yang paling sering terlihat lebih cepat luntur dibandingkan bagian yang lain karena kesalahan saat menjemur.
  • Setelah itu atur jarak per pakaian saat di jemur, jangan terlalu rapat jangan juga terlalu renggang supaya sinar matahari dan udara masuk dengan merata.
  • Hindari menjemur pakaian langsung kena matahari bagi pakaian yang menggunakan jenis kain tertentu.
  • Setelah kering silakan angkat jemuran untuk menghindari kena kotoran lagi  kemudian taruh di tempat yang bersih.
Setelah itu maka lanjutkan dengan proses penyetrikaan supaya pakaian siap untuk di pakai. Nah itulah sedikit tips cara mencuci dan menjemur pakaian dengan benar, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Benar Mencuci Pakaian"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih