Belum Kenal Pertalite? Ini Spesifikasinya

Advertisement
Advertisement

Beberapa hari lalu tepatnya hari Jumat tanggal 24 Juli 2015 PT. Pertamina (Persero) secara resmi memperkenalkan satu jenis BBM baru yang di beri nama Pertalite. Untuk saat ini Pertalite hanya tersedia di 101 SPBU yang ada di kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya sebagai bahan untuk uji pasar, bagaimana respon pasar terhadap Pertalite ini.

Ada pernyataan kalau Pertalite ini tidak cocok dengan kendaraan yang ada di Indonesia karena perbandingan kompresi yang tinggi. Sementara itu dari salah satu pabrikan yaitu Yamaha menyatakan sebaliknya, pihak YIMM secara resmi menyatakan kalau Pertalite ini cocok dan bisa dikonsumsi oleh semua jenis motor Yamaha yang ada di Indonesia.

Nah bagaimana sebenarnya Pertalite RON (kadar octan) 90 ini sebelum resmi dikeluarkan oleh Pihak Pertamina walaupun masih terbatas di kota besar saja. Sebelumya Pertalite ini sudah pernah uji lab oleh beberapa lembaga, seperti yang dikatakan oleh Wianda Pusponegoro, Wakil Presiden Komunikasi Korporasi Pertamina bahwa Pertalite sudah di uji oleh BPPT, LAPI-ITB dan Lemigas, dari hasil uji tersebut, Pertamina mengklaim kalau keseluruhan hasil tes cukup positif.

Spesifikasi dari Pertalite ini diklaim sudah lebih tinggi dari syarat yang ada. "Spesifikasi dari Pertalite RON 90 ini tidak ada kandungan mangan dan besi tidak ada kandungan timbal dan kandungan sulfur harus lebih rendah dari 500 ppm.  Pergalite kandungan sulfurnya janya 188 ini sangat rendah bila dibandingakan dengan syarat Ditjen Migas, artinya spesifikasi ini sudah over" kata Wianda di Jakarta.

Pertaliate juga memiliki stabilitas oksidasi yang lebih lama yaitu 489 menit, sehingga ini berpengaruh terhadap proses pembakaran yang lebih lama dan ini berpengaruh pada jarak tempuh kendaraan. Dengan kata lain, penggunaan Pertalite menjadikan konsumsi BBM lebih irit.

Pengujian dilakukan oleh LAPI-ITB dengan Toyota Avanza, dengan memakai Premium dapat menempuh jarak 13.7 kpl sedangakan dengan memakai Pertalite bisa menempuh jarak sampai 14,9 kpl.

Nah berikut ini adalah spesifikasi Pertalite dengan membandingkan dengan persyaratan Pemerintah

Karakteristik
Spesifikasi Pertalite: min 90
Spesifikasi Pemerintah : min 90

Kandungan timbal
Spesifikasi Pertalite: none
Spesifikasi Pemerintah : none

Kandungan mangan dan besi
Spesifikasi Pertalite: none
Spesifikasi Pemerintah : none

Kandungan sulfur
Spesifikasi Pertalite: 180 ppm
Spesifikasi Pemerintah : 500 ppm

Stabilitas oksidasi
Spesifikasi Pertalite: > 480 menit
Spesifikasi Pemerintah : min 360 menit

Warna dan tampilan visual
Spesifikasi Pertalite: hijau, jernih dan terang
Spesifikasi Pemerintah : hijau, jernih dan terang

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Belum Kenal Pertalite? Ini Spesifikasinya"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih