Sudah tahu apa itu Yellow Box Junction (YBJ)

Advertisement
Advertisement
Brosis, beberapa hari lalu saya sempat memperhatikan ada garis berbentuk kotak besar berwarna kuning di perempatan jalan, tepatnya di perempatan Sudirman Denpasar yang merupakan jalur padat di jam jam efekif. Yang menjadi pertanyaan saya adalah apa fungsi dari kotak besar dengan garis warna kuning itu?

Setelah saya mencari di akun twitter TMC Polda Metro akhirnya saya8 menemukan pencerahan apa nama kotak garis kuning tersebut dan apa fungsinya. Nama dari kotak garis kuning tersebut adalah Yellow Box Junction (YBJ). YBJ adalah markah jalan yang bertujuan mencegah kepadatan lalu lintas di jalur yang berakibat pada tersendatnya arus kendaraan di jalur tersebut, dengan YBJ diharapkan kepadatan di persimpangan tidak terkunci yang bisa menyebabkan macet.
Situasi arus lalin simpang sudirman Denpasar, kotak garis kuning di tengah itu adalah Yellow Box Junction

Fungsi dari YBJ ini seperti yang saya kutip dari halaman TMC Polda Metro adalah Yellow Box Junction sangat berguna di persimpangan-persimpangan jalan yang padat, jalan-jalan utama serta saat waktu puncak kepadatan lalu lintas.

Mengapa harus ada YBJ ini? Karena banyak pengguna kendaraan bermotor tetap menerobos lampu (traffic light) merah, saat antrean kendaraan di depannya belum terurai. Adanya YBJ ini walaupun lampu traffic light sudah hijau pengguna jalan yang belum masuk YBJ harus berhenti ketika masih ada kendaraan lain di dalam YBJ. Mereka baru bisa maju jika kendaraan di dalam YBJ sudah keluar, atau kendaraan dari arah lain baru boleh maju ketika YBJ sudah kosong atau tidak ada lagi kendaraan yang terjebak dalam markah YBJ tersebut.
Bagi pengendara yang tetap memaksa memasukkan kendaraannya ke dalam YBJ, padahal masih ada kendaraan lain di dalamnya, maka pengendara tersebut akan di tilang, ini sama saja dengan melanggar markah jalan.

Yellow Box Junction akan berfungsi maksimal jika ada kesadaran dari pengguna jalan. Sebab kesadaran warga juga kunci utama kelancaran lalu lintas. Jadi jika pengendara melihat jalur di depan tersendat, sebaiknya tidak memaksa masuk ke YBJ walaupun lampu masih hijau, sehingga ketika jalur lain hijau, tidak akan terjadi arus lalu lintas yang tersendat. Nah sekarang sudah jelas bukan fungsi dari markah Yellow Box Junction ini? Mari kita selalu tertib berlalu-lintas untuk kebaikan kita bersama. Nah mungkin hanya itu sedikit info dari motonotes, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Sudah tahu apa itu Yellow Box Junction (YBJ)"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih