Sedikit tips untuk yang mengelola toko online

Advertisement
Advertisement
Brosis, saya yakin semua ingin sukses terutama untuk karir dan usaha sehingga dapat tercapai apa yang diinginkan oleh dirimu sendiri dan juga harapan setiap orang tua untuk bisa melihat anaknya suskses. Ada yang sukses meniti karir disebuah perusahaan dari staff hingga bisa menjadi manager. Selain meniti karir bisa juga dengan mebuka usaha sendiri meskipun masih kecil, karena sebuah perusahaan  akan terlihat sukses jika bisa berkembang dari kecil menjadi besar.

Kali ini saya akan sedikit memberikan masukkan bagi yang punya usaha jualan online terutama bagi yang pemula. Seperti teman saya yang punya usaha clothing awalnya cuma berjualam secara offline atau membuka distro sendiri dan juga dengan sistem konsinyasi di distro lain. Mungkin saat ini toko offlinenya sudah berkembang dan merk dari clothingnya juga sudah lumayan terkenal di kalangan remaja.

Merasa sudah terkenal dan mungkin ingin merambah pasar lebih luas bukan hanya pasar lokal tetapi juga bisa merambah calon pembeli dari seluruh Indonesia maka teman saya memutuskan untuk membuka toko online untuk menjual produk clothingnya itu. Sampai saat ini saya tidak tahu perkembangan toko onlinenya itu apakah sudah berjalan dengan baik dan banyak pembeli. Kebetulan hari ini saya melihat isi twitnya seperti pada gambar berikut.

Jika kamu punya toko online apa yang kamu lakukan dengan calon pembeli seperti yang ada pada postingan twitter di atas? Yups mungkin jawaban dari penjual sudah benar dengan memberitahukan pada calon pembeli kalau website masih dalam proses perbaikan atau penyempurnaan, tetapi apakah berhenti sampai di situ saja? Tentu tidak, menurut saya jika ada calon pembeli sampai mention di twitter atas kedala mereka saat mau berbelanja, saya rasa itu pembeli yang potensial apa lagi sudah sampai tahap order. Jika saya yang berjualan, jika ada calon pembeli menemui kendala seperti itu mugkin saya akan membalasnya dengan cara sebagai berikut.

Saya akan menjawab twitt itu dengan "maaf bos toko lagi perbaikan, saya sarankan order manual saja dulu, silakan klik disini atau bisa sms ke nomor ini" itu jawaban saya, jadi ketika calon pembeli bingung mungkin akan merasa terbantu jika sudah ada cara lain untuk membeli barang yang ada di toko online kita yang diinginkan pembeli. Klik disini adalah sebuah link untuk membuka halaman yang berisi informasi seperti cara order secara manual, berisi informasi rekening Bank penjual, berisi informasi cara pembayaran dan cara konfirmasi pembayaran, berisi informasi bagaimana nanti barang itu akan dikirim ke pembeli. Jadi jika sudah begitu maka kemungkinan calon pembeli untuk membatalkan pesanannya akan berkurang dan mungkin melanjutkan ordernya dengan cara manual. Nah mungkin hanya itu sedikit tips mengelola toko online, semoga bermanfaat.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Sedikit tips untuk yang mengelola toko online"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih