Seberapa Bahayakah Saat Berkendara Memakai Headset?

Advertisement
Advertisement
Brosis, mungkin kamu pernah mendengar berita kecelakaan roda dua di media dimana saat itu yang menjadi korban adalah pengendara roda dua dan parahnya lagi sampai merenggut nyawa. Seperti berita yang terkini adalah kecelakaan yang merenggut korban jiwa yaitu anggota dari CCI (CBR Club Indonesia) dimana salah satu anggotanya mengalami kecelakaan diperlintasan kereta api yang tanpa palang pintu pengaman, saat mau menyeberang korban tidak tahu ada kereta api yang akan melintas dan kemudian korban tertabrak kereta api yang sedang melintas itu. Menurut kabar katanya korban saat berkendara sedang memakai headset atau sambil mendengarkan lagu sehingga tidak mendengar ada suara kereta api yang akan melintas.

Dari kejadian di atas mungkin yang perlu dipertanyakan adalah kenapa perlintasan kereta api tidak ada palang pintu pengaman? Dan kenapa selalu headset yang menjadi kambing hitam atas kejadian tersebut? Mungkin kejadian di atas adalah salah satu contoh kecelakaan lalu-lintas karena pengendara memakai headset dan masih banyak kasus yang lain yang penyebabnya karena korban memakai headset saat berkendara. 

Dari kejadian tersebut maka saya mau membahas sedikit tentang bahaya atau tidaknya memakai headset berkendara roda dua di jalan raya. Sebelum itu kita cari tahu dulu kepentingan orang memakai headset saat berkendara roda dua, kemungkinan ada dua yaitu headset hanya di pakai saja tanpa mendengarkan lagu karena kepentingan untuk terima telepon saat berkendara, yang kedua adalah sengaja memakai headset dengan tujuan supaya bisa mendengar lagu saat berkendara. Nah dari kedua kemungkinan itu maka saya akan memberikan tips memakai headset saat berkendara roda dua di jalan raya.

Jika headset hanya di pakai saja tanpa mendengarkan lagu karena kepentingan untuk terima telepon saat berkendara, maka tentu telinga masih bisa mendengar suara yang ada diluar seperti suara mesin kendaraan di sekitar dan juga suara klakson kendaraan lain jika ada yang membunyikan klakson dan juga suara lainnya maka dari itu keadaan ini bisa di bilang aman atau tidak berbahaya. Ketika kamu menerima telpon saat berkendara maka lihat dulu situasi disekitarmu di depan dan lihat juga di belakang lewat spion, setelah situasi aman maka segeralah hidupin lampu sein kiri dan mulai menepi dengan pelahan-lahan nah setelah berhenti maka jawablah telpon yang masuk itu dan jika sudah selesai maka perjalanan bisa di lanjutkan dan jika kembali harus menerima telpon maka ulangi langkah tadi dan pastikan kamu berhenti di tempat yang aman dan jangan pernah berbicara di telpon sambil berkendara karena bisa membuyarkan konsentrasi saat berkendara.

Yang kedua adalah sengaja memakai headset dengan tujuan supaya bisa mendengar lagu saat berkendara, nah ini biasanya yang berbahaya apa lagi mendengarkan lagu dengan volume kencang maka otomatis suara di luar tidak akan terdengar seperti suara mesin kendaraan di sekitar dan juga suara klakson kendaraan lain jika ada yang membunyikan klakson dan juga suara lainnya. Nah jika kamu suka berkendara roda dua sambil mendengarkan musik maka aturlah volume lagu yang kamu dengar serendah mungkin supaya kamu masih bisa mendengar suara di luar seperti suara mesin kendaraan di sekitar dan juga suara klakson kendaraan lain jika ada yang membunyikan klakson dan juga suaran lainnya. Jika kamu sudah bisa mendengar suara di luar maka bahaya yang mengintai akan semakin kecil dan lebih waspada saat berkendara dalam situasi yang ramai.

Saya sendiri memang selalu memakai headset saat berkendara jarak jauh dengan tujuan untuk mendengarkan lagu dan menerima panggilan telpon masuk dan saya tahu mana telpon penting yang masuk dan yang tidak penting. Selama ini saya selalu menerapkan tips di atas dan sampai saat ini belum pernah mengalami kejadian yang membahayakan karena berkendara sambil memakai headset dan mendengarkan lagu dan semoga kedepannya tetap aman saat berkendara sambil memakai headset dan mendengarkan lagu. Nah sekarang tergantung dari kita masing-masing apakah berkendara mau aman atau tidak? Nah mungkin hanya itu tips kali ini dari Akriko semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Seberapa Bahayakah Saat Berkendara Memakai Headset?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih