Mulai Bulan Juli 2015 Bisa Perpanjang SIM diluar Domisili?

Advertisement
Advertisement
Brosis, sepertinya ini kabar yang menggembirakan bagi kita semua, selama ini mungkin orang malas untuk mengurus perpanjangan SIM karena jauh. Sama halnya dulu ketika harus samsat kendaraan tahunan harus pulang kampung jauh, ketika ada samsat online maka semua menjadi lebih mudah, kecuali samsat yang lima tahun maka harus ke daerah asal.

Kali ini ada wacana dari Korlantas Mabes Polri bahwa akan ada sistem online untuk perpanjangan SIM mulaimper 1 Juni 2015 nanti, jadi kamu tak perlu susah payah pulang kampung hanya untuk perpanjang umur SIM. Nanti mulai tanggal 1 juli 2015 SIM online akan terintegrasi secara nasional di 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Mungkin caranya akan sangat mudah karena Satpas sudah terkoneksi secara online di 34 provinsi, perpanjangan SIM bisa dilakukan dikota mana saja karena database telah terintegrasi secara masional, data online ini juga bisa untuk mengindentifikasi pelanggaran yang pernah dilakukan. Data terintegrasi dengan kementrian dalam negeri dirjen kependudukan dan catatan sipil jadi tidak perlu isi banyak formulir (paperless). Sistem online juga berguna sebagai alat pengawasan sehingga bisa meminimalisasi penyelengan dana atau Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Nantinya saat akan memperpanjang SIM cukup dengan menyerahkan KTP saja dan SIM yang lama dan tingal foto saja maka SIM sudah bisa keluar.

Yups mungkin itu hanya sedikit gambaran dari wacana perpanjangan SIM secara online, kita masih menunggu perkembangan ke depan mungkin cara bayar seperti apa dan  cara mendaftar  apakah bisa online juga sehingga tidak perlu datang ke tempat perpanjangan SIM sebelum ada komfirmasi bahwa SIM sudah bisa di perpanjang. Nah mungkin hanya itu info kali ini dari motonotes semoga bermanfaat. Perpanjang SIM online, mau dong!!!
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Mulai Bulan Juli 2015 Bisa Perpanjang SIM diluar Domisili?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih