Memaksimalkan Fungsi RHK

Advertisement
Advertisement
Brosis, saya yakin setiap pengendara di jalan raya seperti diperkotaan pasti sudah tahu apa itu RHK, RHK merupakan singkatan dari Ruang Henti Khusus seperti yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu dengan judul Ruang Henti Khusus Sepeda Motor silakan klik link tersebut untuk membacanya bagi yang belum tahu apa itu RHK. Kali ini saya mau bahas tentang kasus yang sering terjadi saat pengendara sepeda motor berhenti di RHK ketika lampu merah masih menyala.

RHK adalah ruang henti khusus untuk sepeda motor jadi kendaraan roda empat dilarang berhenti di RHK ini, tetapi ada saja pengemudi roda empat yang bandel dan berhenti di RHK saat lampu merah menyala entah karena mereka belum tahu apa fungsi RHK atau mereka sengaja melanggar.
Warna kuning adalah RHK
Kali ini saya mau memberikan sedikit kasus yang sering terjadi di RHK terutama diperempatan seperti yang terlihat pada contoh gambar ilustrasi di atas. Ada perempatan jalan dimana saat lampu merah menyala semua pengendara harus berhenti baik yang akan belok kiri lurus atau mau ke kanan terutama yang paling bawah. Ilustrasi gambar diatas adalah warna biru anggap sepeda motor. Ketika lampu merah menyala otomatis pengendara harus berhenti, sepeda motor pada RHK dan roda empat berhenti di belakang RHK Pada kasus ini yang akan belok ke kanan biasanya tidak mau ambil pusing mereka sering menutup akses menuju RHK. Seperti pada gambar di atas RHK masih kosong sementara akses menuju RHK tertutup oleh pengendara sepeda motor yang mau belok kanan.

Saya tidak mengerti dengan pola pikir pengendara seperti itu mengapa mereka menutup jalan menuju RHK padahal masih banyak RHK yang kosong, apa mungkin mereka belum paham apa itu fungsi RHK sehingga mereka cuek saat melihat RHK masih kosong. Jadi ketika akses menuju RHK tertutup di situ kadang saya merasa sedih.

Menurut saya mungkin perlu markah tambahan di bagian samping kanan RHK seperti Zebra cross tapi khusus jalur untuk menuju atau akses RHK artinya kendaraan sepeda motor dilarang berhenti di markah itu terutama kendaraan yang akan ke arah kanan atau dilarang berhenti di samping Zebra cross itu, jadi selalu ada celah untuk bisa mengakses RHK, silakan perhatikan gambar di atas. Menurut saya dengan seperti itu maka fungsi RHK akan maksimal kemungkinan tidak ada lagi RHK yang kosong karena akses ke sana tertutup oleh pengendara lain. Nah mungkin hanya itu saran dari Motonotes, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Memaksimalkan Fungsi RHK"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih