Ini Alasan Kenapa Siang Hari Motor Harus Nyalakan Lampu!

Advertisement
Advertisement
Sejak diterbitkan aturan pada pada tahun 2009 dalam bentuk Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 107 yang mengharuskan pengendara sepeda motor menghidupkan lampu di siang hari. Pada awal diterbitkannya peraturan ini sempat menuai pro dan kontra dimana paling banyak yang mengeluhkan masalah aki, dimana kalau terus menyalakan lampu bohlam depan maka akan membuat aki berumur pendek.

Menyalakan lampu utama di siang hari atau biasa dikenal dengan istilah daytime running light (DRL) bisa mengurangi potensi kecelakaan. Selama ini kasus kecelakaan yang terjadi paling banyak melibatkan kendaraan roda dua jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya dan juga karena faktor manusia itu sendiri.
Foto: Kumpulanmisteri.com

Dilansir dari Okezone, Menurut Ditlantas Polda Metro Jaya, dia menyebutkan penggunaan DRL mampu mengurangi risiko kecelakaan hingga 20 persen, bahkan di Surabaya penggunaan DRL mampu menekan kecelakaan hingga 50 persen, angka penurunan yang cukup signifikan

Mengapa DRL atau Menyalakan lampu di siang hari itu penting, logikanya sangat simpel, hasil survei mengungkapkan ketika kita berkendara dari arah yang berlawanan jika ada sinar yang datang, maka pupil mata akan tertarik (mengikuti atau tertuju ke arah cahaya itu). Efeknya, si pengemudi menjadi lebih peduli dan perhatian. Sama halnya dengan cahaya lampu kendaraan yang datang dari arah belakang, secara sadar atau tidak sadar bila ada cahaya datang maka pengemudi akan melirik ke spion untuk memastikan cahaya apa itu, coba kalau tidak menyalakan lampu pasti sopir tidak mengetahui ada kendaraan di belakangnya.

Nah sangat masuk akal bukan Mengapa DRL atau Menyalakan lampu di siang hari itu penting? nah bagi kamu para biker yang belum sadar akan pentingnya menyalakan lampu motor di siang hari saat berkendara, maka mulai sekarang cobalah terapkan sistem keamanan yang murah meriah ini demi keselamatan kita semua, mungkin hanya itu sedikit info dari Akriko, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Siang Hari Motor Harus Nyalakan Lampu!"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih