Bergetar? Bersihkan CVT Vario Techno 125 PGMFI

Advertisement
Advertisement
Brosis, beberapa waktu lalu saya sempat posting tulisan dengan judul Kapan waktu yang tepat Ganti V-belt? Kali ini saya akan sedikit cerita kenapa CVT itu harus dibersihkan terutama untuk Vario Techno 125 FI. Hari ini saya servis vario saya karena keluhan getaran yang keras saat akselerasi, setelah ditanyakan ke bengkel resmi penyebabnya adalah CVT kotor nah langsung deh hari ini juga dibersihkan.

Sempat ngobrol sama montirnya saat buka CVT, saya tanya ke dia, apa penyebab CVT kotor? Dia pun menjawab karena gesekan kampas, seperti kampas rem lama-lama habis dan debunya numpuk di dalam. Satu lagi Vario Techno debu tidak bisa keluar karena tidak ada kipas yang menyedot debu itu keluar beda dengan Vario CW 110 yang debunya bisa keluar sendiri dari CVT. Maka dari itu CVT Vario Techno harus dibuka ketika akan dibersihkan, bersihkan CVT jika sudah menempuh jarak 8.000 km. Satu lagi tadi juga montirnya bilang kalau pada salah satu bagian ditambah karet katanya buat peredam getaran supaya tidak terlalu keras.

Kebetulan bengkel tidak terlalu ramai baru datang motor langsung dikerjakan dan tidak memakan waktu yang lama, setelah CVT dibuka dan beberapa komponen di buka dan dibersihkan termasuk juga v-belt yang masih terlihat bagus maka komponen tadi dipasang lagi dan ditutup sampai beres dan akhirnya servis pun selesai.

Setelah itu saya coba rasakan getarannya saat akselerasi dan ternyata getarannya sudah hilang dan terasa nyaman lagi untuk di bawa terutama saat kondisi macet yang harus jalan pelan diam dan jalan lagi. Baiklah mungkin hanya itu cerita motonotes kali ini tentang servis atau memersihkan CVT Vario Techno 125 PGM FI, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Bergetar? Bersihkan CVT Vario Techno 125 PGMFI"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih