Pulang Konvoi untuk Hindari Begal

Advertisement
Advertisement
Brosis, maraknya aksi begal di jalanan beberapa bulan terakhir di luar sana yang sudah memakan korban materi dan bahkan korban jiwa, sehingga beberapa biker berfikir jika harus keluar malam sendirian naik motor apa lagi di daerah sepi tentu ketakutan akan aksi begal akan semakin menjadi jadi. Kalau memang tidak ada kepentingan keluar malam sendirian mendingan tidak keluar naik motor, nah bagaimana jika rutinitas yang mengharuskan kita keluar malam hari karena kebetulan dapat jam kerja sore dan pulangnya harus malam hari apakah terus mau merasa ketakutan karena takut di begal?

Salah satu solusi tercetus dari para biker dimana ada sebuah gerakan dari, untuk dan oleh biker ini berkembang di lini massa twitter, nama gerakannya adalah #PulangKonvoi dengan akun twitter @PulangKonvoi yang mengajak para netizen atau biker pengguna sepeda motor yang sering pulang malam untuk saling memberi informasi tujuan pulang agar bisa pulang bareng secara konvoi dengan mention @PulangKonvoi di twitter.

Cara ikutnya sangat mudah netizen atau biker harus punya akun twitter dan mengikuti akun @PulangKonvoi ini supaya mudah di awasi. Buat kamu yang mau pulang bersama, kamu tinggal nge-twit  ke akun twitter @PulangKonvoi dengan menuliskan tempat bertemu, waktu ketemuan dan tujuan konvoi dan di isi tagar #PulangKonvoi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini dan contohnya seperti gambar di atas.


Untuk lebih bisa memantau maka setelah berhasil menemukan teman untuk pulang bersama maka sebelum berangkat pulang mereka diwajibkan untuk foto bersama dahulu dengan teman pulang bareng, ini bertujuan untuk mengetahui dengan siapa mereka pulang dan ke mana tujuannya. Setelah mereka sampai di rumah masing masing para peserta juga di wajibkan untuk melapor dengan cara mention akun @pulangkonvoi kalau mereka sudah sampai di rumah dengan selamat.

Nah bagaimana dengan di Bali, sepertinya biker juga khawatir dengan aksi begal ini yang katanya sudah pernah ada yang di begal di Bali. Seperti yang pernah saya tulis dengan judul "apakah benar begal beraksi di Bali?" dari sana banyak sekali orang yang mencari kebenaran akan berita Begal ini, saya sendiri juga tidak tahu kebenaran berita yang beredar tersebut, kecuali kejadian yang di Karangasem sudah masuk di media lokal sehingga sudah bisa di jamin kebenaran beritanya. Nah untuk kedepannya bagaimana menghindari pembegalan ini, mungkin bisa meniru cara di atas? dan untuk bisa lebih nyaman pihak terkait seperti Kepolisian juga harus ikut andil dalam mendukung gerakan ini untuk mencegah lebih dini aksi begal ini. Nah mungkin hanya itu sedikit cerita kali ini dari Akriko, semoga bermanfaat.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pulang Konvoi untuk Hindari Begal"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih