Puasa 24 Jam Nyepi Caka 1937 Sukses

Advertisement
Advertisement
Brosis, Nyepi tahun Saka 1937 sudah berlalu kemudian sehari setelah Nyepi adalah Ngembak Gni biasanya di hari ngembak Gni segala aktivitas atau rutinitas sudah bisa di mulai lagi. Bagi yang melaksanakan Catur Brata penyepian seperti puasa 24 jam, maka hari ini mereka juga akan berbuka puasa. Saya sendiri juga puasa penuh selama 24 jam, kebiasaan puasa ini mulai bisa saya laksanakan sejak Nyepi tahun Saka 1935 artinya sampai saat ini sudah tiga kali melakukan puasa penuh saat Hari Raya Nyepi.

Puasa menurut Hindu adalah tidak sekedar menahan haus dan lapar, tidak untuk merasakan bagaimana menjadi orang miskin yang serba kekurangan dan tidak untuk mengurangi dosa atau menghapus dosa, Puasa menurut Hindu adalah untuk mengendalikan nafsu Indria, mengendalikan keinginan yang selama ini kita bisa penuhi pada hari-hari biasa. Tahun kemarin saat Nyepi tahun Caka 1935 saya sudah pernah juga bercerita tentang Pengalaman Puasa saat Nyepi kali ini juga saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman Nyepi tahun ini yaitu Caka 1937, mungkin ceritanya tidak jauh berbeda dengan cerita tahun lalu.

Nyepi kali ini saya juga bisa menjalankan Catur Brata penyepian yang terdiri dari amati gni artinya tidak menyalakan api atau penerangan, amati karya artinya tidak melakukan pekerjaan, amati lelungaan artinya tidak bepergian dan amati lelanguan artinya tidak mencari hiburan. Dari keempat Catur Brata Penyepian itu saya sudah bisa melakukannya hanya tiga, yaitu Amati Gni, amati Karya dan amati lelungaan, kenapa cuma tiga? karena amati lelanguan itu saya masih sulit untuk mengendalikannya dimana jaman internet seperti ini saya susah untuk tidak browsing walau hanya untuk melihat sosial media atau membaca berita.

Meskipun demikian acara puasa penuh tidak ada gangguan, bahkan untuk tahun ini terasa lebih mudah karena cuma melawan nafsu untuk tidak makan dan tidak minum. Seperti biasa kalau Nyepi tidak pernah kemana-mana hanya diam di rumah saja (memang seharusnya begitu) tidak ada kegiatan apapun kecuali main internet tadi. Amati Gni hampir 100% karena saya sama sekali tidak menyalakan api kadang hal ini paling sering dulu dilanggar karena dulu masih merokok, tetapi sejak tahun 2012 lalu saya sudah berhenti merokok jadi tidak ada lagi nafsu untuk merokok. Nah mungkin hanya ini sedikit cerita saat puasa pada hari Nyepi, semoga tahun depan masih bisa melaksanakan catur brata penyepian ini.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Puasa 24 Jam Nyepi Caka 1937 Sukses"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih