Mari Kita Tertib Berlalu-lintas di Jalan

Advertisement
Advertisement
Brosis, setelah tadi pagi kita disuguhi tayangan yang  memukau yaitu gelaran Moto GP seri perdana yang berlangsung di sirkuit Losail Qatar dimana Velentino Rossi Pembalap Yamaha Movistar yang menepati podium pertama. Dan ada juga beberapa kejadian seperti Marquez yang awal balapan keluar lintasan dan juga Lorenzo yang busa helmnya melorot sehingga posisinya juga ikut meloror di saat lap lap akhir. Setelah ini kita tunggu lagi seri berikutnya dua minggu lagi di Austin USA.

Selagi menunggu seri kedua MotoGP ada baiknya kita belajar untuk tertib berlalu lintas di jalan raya sebagai pecinta roda dua dan mungkin selalu bepergian dengan motor roda dua baik untuk rutinitas maupun untuk keperluan  lain seperti rekreasi. 
Setiap pengendara ingin perjalanannya lancar dan selamat tanpa tujuan tanpa menemui hambatan yang berarti di jalan raya. Jika semua sudah berjalan lancar maka semua terasa menyenangkan dan pastinya tanpa keluhan yang harus keluar.

Bayangkan jika saat menempuh perjalanan terjadi sesuatu di jalan misalnya terjebak macet di jalan selama berjam-jam pasti akan banyak keluar keluhan akan situasi itu. Maka dari itu sebisa mungkin kita harus tertib dalam berlalu-lintas supaya semua bisa lancar. Ketika kita tidak tertib dan cenderung melanggar rambu-rambu yang ada maka tentu akan terjadi benturan dari pengendara lain. Misalnya menerobos lampu merah ini sangat berbahaya, berikut akan saya jelaskan beberapa hal yang pantang untuk dilakukan saat berkendara supaya meminimalisasi terjadinya kecelakaan.

  1. Cek dulu keadaan atau kondisi kendaraan sebelum di kendarai.
  2. Gunakan sarana keselamatan berkendara seperti helm dan bawa kelengkapan surat kendaraan dan SIM.
  3. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas yang ada.
  4. Jangan suka menerobos lampu merah.
  5. Janganlah berkendara sambil menelpon atau SMS.
  6. Jangan bawa motor naik ke trotoar, hargailah hak pejalan kaki meskipun saat itu di trotoar tidak ada pejalan kaki.
  7. Jika berkendara sedikit pelan maka gunakan lajur kiri.
  8. Jangan mengobrol di jalan dengan sesama pengendara.
  9. Jika ada RHK maka untuk mobil berhentilah di belakang RHK karena RHK khusus untuk motor roda dua.
  10. Jangan saling serobot, berikan kesempatan bagi pengendara lain, bertoleransilah saat berkendara.
  11. Jangan berkendara dengan zig zag karena itu berbahaya.
  12. Jika lampu akan menyala merah maka kurangi kecepatan untuk berhenti, biasanya kebanyakan pengendara tanjab gas supaya tidak kena lampu merah.
  13. Jika ada bunyi sirene itu artinya tanda darurat maka dari itu menepilah dan biarkan kendaraan itu lewat, biasanya ambulan atau pemadam kebakaran.
  14. Saat lampu merah menyala berhentilah di belakang zebra cross jangan berhenti di zebra cross hargai hak pejalan kaki.
  15. Jika bertemu dengan pesepeda maka utamakanlah mereka.
Nah mungkin hanya itu beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkendara di jalan raya mari belajar tertib berlalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena kecelakaan bisa terjadi ketika ada pelanggaran, maka dari itu kita harus tertib dalam berlalu lintas patuhilah rambu rambu yang ada, hal seperti ini harus di mulai dari diri sendiri jika semua sudah sadar maka akan sangat indah sekali lalu lintas ini dan pasti akan mengurangi kemacetan. Nah itu sedikit ajakan dari akriko, semoga bisa diterapkan oleh semua pengendara, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Mari Kita Tertib Berlalu-lintas di Jalan"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih