Bungkus Rokok di Negeri Gajah Putih Thailand

Advertisement
Advertisement
Brosis, pagi ini saya melihat postingan foto teman yang sedang liburan di Thailand, dia mengunggah dua foto di facebook yaitu tentang bungkus rokok yang mereknya Marlboro di sana saya lihat kalau bungkus rokoknya juga berisi gambar seram yaitu penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok, mulai dari penyakit paru-paru sampai ada mayat yang dimasukkan ke tempat penyimpanan mayat. Gambar yang dipasang pun hampir memenuhi semua bungkus rokok atau sekitar 80% dari luas bungkus rokok, yang tersisa hanyalah bagian bawah saja yang berisi merek dari rokok itu dan itu pun tulisannya kecil.
Contoh bungkus rokok di Thailand

Contoh bungkus rokok di Thailand

Berbeda dengan di Indonesia, bungkus rokok gambar seramnya lebih kecil dari yang ada di Thailand, gambar seram hanya menutup sebagian kecil dari bungkus rokok tersebut. Gambar seram hanya diletakkan pada bagian untuk buka dan tutup kulit rokok itu artinya gambar seram tersebut hanya menutup bungkus rokok tersebut kurang lebih 25% dari total luas bungkus rokok. Kalau dari segi jenis gambar tentu hampir sama yaitu gambar penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok.

Saya sempat mengomentari foto yang di unggah tersebut, saya bertanya berapa harga sebungkus rokok itu, dia pun menjawab 100 lebih baht (Baht Mata uang Thailand), dengan demikian harga rokok di Thailand jauh lebih mahal dari pada di Indonesia. Misalkan harga rokok Marlboro di Indonesia adalah kurang lebih Rp 18.000 per bungkus maka jika saya hitung harga rokok di Thailand dengan nilai tukar 1 THB adalah Rp 398,- maka dari info teman saya itu kita hitung harga rokok di sana adalah 100 THB kali Rp 398 sama dengan Rp 39.800 nah kira kira  itulah harga sebungkus rokok di Thailand, selisihnya dengan harga di Indonesia sekitar Rp 11.800 per bungkus.

Bagaimana kalau harga rokok di Indonesia juga semahal itu apakah bisa mengurangi jumlah perokok aktif yang ada saat ini atau menghentikan pertumbuhan perokok pemula terutama dari kalangan remaja yang tiap tahun terus bertambah? nah mungkin hanya itu sedikit cerita tentang perbedaan rokok yang ada di Thailand dengan di Indonesia, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Bungkus Rokok di Negeri Gajah Putih Thailand"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih