24 Jam Tanpa Roda Dua Saat Nyepi

Advertisement
Advertisement

Hari ini Sabtu tanggal 21 Maret 2015 merupakan hari Raya bagi Umat Hindu dimana hari ini adalah Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1937. Hari raya Nyepi yang jatuh pada sasih kesanga merupakan hari raya tahunan atau merupakan tahun barunya umat Hindu biasanya identik dengan ogoh-ogoh yang diarak pada saat sehari sebelum Nyepi yaitu pada saat pengerupukan.

Hari Raya Nyepi merupakan hari raya dimana setiap umat Hindu tidak boleh melakukan kegiatan, mereka diwajibkan melaksanakan catur brata penyepian yang terdiri dari empat pantangan yang pertama adalah Amati Gni artinya tidak boleh meyalakan api, Amati Karya artinya tidak bekerja atau tidak melakukan kegiatan yang bisa menggangu Nyepi, Amati Lelungaan artinya tidak bepergian selama nyepi artinya selama nyepi orang diwajibkan tinggal dirumah saja dan yang terakhir adalah Amati lelanguan artinya tidak mendengarkan hiburan yang bisa mengganggu hikmatnya hari raya Nyepi.

Biasanya saat Nyepi begini jalanan kosong tanpa ada kendaraan yang lewat baik roda empat maupun roda dua jadi motor punya waktu istirahat full selama 24 jam. Saya sendiri memilih untuk diam dirumah saja mudah-mudahan Nyepi kali ini bisa puasa lagi seperti Nyepi tahun lalu.

Sebenarnya banyak keuntungan dari hari raya Nyepi, kita bisa hemat listrik karena malam hari kita tidak boleh menyalalakan lampu dan sarana hiburan seperti tv, radio dan lain-lain. Selain listrik kita juga bisa hemat BBM karena selama 24 jam kita tidak menghidupkan motor,  bayangkan saja jika rata rata penggunaan BBM per hari adalah satu liter maka jika dikali jumlah sepeda motor yang ada di Bali sekitar sekian unit maka dalam satu hari kita bisa hemat BBM sebanyak sekian liter. Selain itu saat Nyepi bisa mengurangi polusi udara dimana saat Nyepi tidak ada emisi gas buang dari kendaraan bermotor.

Baiklah mungkin hanya itu sedikit cerita tentang hari raya Nyepi dan tidak lupa Motonotes ucapkan selamat hari raya Nyepi tahun baru  Caka 1937 bagi umat Hindu, terima kasih.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "24 Jam Tanpa Roda Dua Saat Nyepi"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih